10 Cara Menjadi Youtuber Sukses Terlengkap dari Nol

  • Home
  • Artikel
  • 10 Cara Menjadi Youtuber Sukses Terlengkap dari Nol
cara menjadi youtuber sukses

Ada banyak sekali cara menjadi Youtuber sukses yang berangkat dari 0. Setelah membaca tulisan ini, Anda akan mengetahui bagaimana caranya, dan yang lebih penting adalah komitmen dari diri sendiri harus kuat. Selebihnya ikuti beberapa tips dan trik yang Satelitweb dederkan di bawah ini.

Menjadi Youtuber sukses tentunya adalah impian bagi para kreator Youtube, karena Youtuber sukses, bisa menghasilkan jutaan hingga miliaran hanya dari membuat konten Youtube.

Sudah ada banyak sekali Youtuber sukses yang berhasil menghasilkan banyak uang dari kontennya. Seperti Baim Wong, Raditya Dika, Jess No Limit, Raffi Ahmad, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Para youtuber sukses itu, seolah-olah paham betul bagaimana cara membuat akun Youtubenya mendapatkan banyak subscriber. Padahal memang semua harus dengan persiapan yang matang, dan semua orang juga bisa jika mereka mau.

Nah, pada artikel berikut akan kami ulas dengan lengkap terkait cara menjadi youtuber sukses.

Bagaimana Youtube Bisa Menghasilkan Uang untuk Para Kreatornya?

Sebagian mungkin akan bingung, bagaimana proses para youtuber bisa dapat uang. Nah, uang tersebut asalnya dari mana? Dan kadang ada yang penghasilannya bisa mencapai miliaran perbulan.

Jadi, ada banyak cara terkait bagaimana Youtuber bisa mendapatkan uang. Yakni menggunakan beberapa fitur Youtube yang bisa bikin cuan, berikut ulasannya.

1. Melalui Pendapatan Iklan

Jadi ketika menonton video di Youtube, pastinya pernah menemui video yang tiba-tiba terjeda karena iklan. Dan iklannya bisa dari suatu produk barang, layanan jasa, dan sebagainya.

Dengan menonton iklan tersebut maka kreator akan mendapatkan penghasilan. Jadi penghasilan si kreator akan terhitung pada iklan display, overlay serta video yang audiens tonton. Ditambah lagi, penghasilan dari endrorse iklan produk atau jasa di luar Adsense Youtube.

2. Langganan Channel

Channel bisa kreator buat agar orang menikmatinya bisa dengan berlangganan alias berbayar. Misalnya setiap sebulan sekali dengan berbagai imbalan yang sesuai. Jadi kreator dapat menawarkan berbagai keuntungan khusus untuk para pelanggan channelnya.

3. Galeri Merchandise

Selanjutnya kreator juga bisa melakukan jual beli merchandise terkait dengan channelnya. Tentunya jika sudah memiliki banyak penggemar maka hal ini sangat mungkin bisa laku keras.

Cara melakukan penjualan merchandise di Youtube bisa dengan menampilkan link halaman pada tontonan Anda. Link tersebut bisa menyajikan berbagai macam galeri merchandise.

4. Pendapatan dari Youtube Premium

Kreator bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube Premium saat pelanggannya menonton konten Anda.

Tips Cara Menjadi Youtuber Sukses

Untuk membuat channel Youtube milik Anda bisa menghasilkan uang, maka kreator harus melakukan kerja keras. Pasalnya butuh konsistensi dan kegigihan niat untuk bisa menjadi youtuber sukses dan menghasilkan.

1. Menentukan Goal yang Ingin Anda Raih

Cara menjadi youtuber sukses yang pertama adalah dengan menentukan goals apa yang nantinya ingin Anda raih. Ada 3 hal penting yang harus ada untuk menjadikan seorang youtuber bisa berhasil.

Yakni jumlah audiens atau pelanggan, tentunya hal ini berdasarkan konten yang menarik untuk orang tonton. Kemudian keterlibatan kreator dengan audiensnya, sehingga mendapat like, komen, dan share dalam jumlah banyak.

Dan yang terakhir adalah dari monetisasi, yang mana kreator bisa mendapatkan uang dari Youtube. Pastikan untuk fokus meraih tujuan tersebut, dan hilangkan hal-hal yang mengganggunya.

2. Tentukan Topik Sesuai dengan Passion dan Kemampuan

Saat menentukan niche dari konten Youtube Anda pastikan memilih topik atau tema yang sesuai. Maksudnya sesuai adalah pada kemampuan dan passion Anda. Sehingga nantinya dalam menjalani akan lebih mudah.

Misalnya kreator adalah orang yang memiliki hobi memasak dan hal-hal yang berkaitan dengan kuliner. Namun membuat tema kontennya tentang mendaki gunung, hal tersebut akan membuat kreator akan kesulitan di tengah jalan.

Jadi usahakan yang sesuai dengan passion dan kemampuan saja di awal. Selain itu, jika masih pemula pastikan untuk membuat niche yang senada. Jadi, hindari untuk membuat konten berbeda, misal sekarang buat konten masak, besok buat konten isinya kartun anak, cara ini akan terlihat tidak konsisten.

Ada berbagai niche yang bisa kreator gunakan. Seperti game, hewan, travelling, kuliner, teknologi, tutorial, dan banyak lagi. Gunakan niche untuk membuat ide konten yang menarik.

Satelitweb misalnya, memilih mengupas masalah web hosting, nama domain, dan teknologi informasi secara umum untuk mendukung situs Satelitweb

3. Cari Ide Konten dan Rancang dengan Menarik

Setelah menemukan niche yang sesuai maka Anda bisa mencari berbagai referensi untuk membuat konten. Misalnya melihat dari konten orang lain yang kemudian dimodifikasi atau lainnya.

Pastikan ide konten yang kreator buat menarik, sehingga nantinya banyak audiens yang menonton. Selain itu, juga bisa sekalian merancang ke arah proses pembuatan videonya.

4. Persiapkan Berbagai Perlengkapan yang Anda Butuhkan

Cara menjadi youtuber sukses selanjutnya adalah menyiapkan berbagai perlengkapan untuk membuat video. Misal seperti kamera, tripod, atau barang lainnya seperti kebutuhan pembuatan konten.

Misal konten tentang tutorial memasak, maka pasti memerlukan berbagai perlengkapan untuk memasak. Atau bahan-bahan masakan yang nantinya berguna untuk menjadikannya suatu konten.

Pastikan untuk menyiapkan segalanya secara lengkap. Agar tidak repot ketika proses pembuatan video berlangsung.

5. Lakukan Pembuatan Video

Selanjutnya proses pembuatan video. Jangan lupa memperhatikan durasinya, agar bisa menghasilkan waktu yang pas nanti. Rata-rata durasi video di Youtube adalah sekitar 5-10 menitan.

Namun tetap saja, semua tergantung dengan konten masing-masing. Pastikan tidak membuat audiens merasa bosan karena terlalu lama menonton video.

6. Buat Channel Youtube dan Bangun untuk Berkembang

Agar bisa mengupload video tentunya perlu untuk membuat channel Youtube terlebih dahulu. Gunanya untuk memberikan identitas pada konten. Jadi, dari channel itulah orang akan melakukan subscribe/like/komen.

Pembuatan channel ini bisa Anda lakukan di awal bisa juga melakukannya setelah hendak mengupload video pertama. Gunakan nama channel yang unik dan menarik, atau bisa juga yang menjelaskan bahwa itu Anda.

7. Jangan Lupa untuk Melakukan Editing Video Sebelum Mengunggahnya

Jangan sebatas mengunggah video mentahan tanpa editing sama sekali. Pasti akan kalah dengan video lainnya dan tentu kurang menarik. Jika tidak bisa melakukan editing video, bisa mencari jasa editing video agar hasilnya bisa maksimal.

8. Bangun Keterlibatan Anda dengan Penonton

Promosikan setiap video yang Anda unggah, melalui berbagai sosial media. Misal di Instagram atau di WhatsApp. Jika memiliki banyak subscriber pastikan juga membangun keterlibatan Anda dengan mereka.

Sehingga nantinya ada respons, dan para subscriber bisa tetap bertahan menjadi penonton setia. Jadi, konten-konten Anda bisa menghasilkan banyak cuan nantinya.

9. Gunakan SEO

Ternyata kini SEO tidak sebatas untuk artikel di internet saja agar menaikkan trafik website. Namun Youtube juga memerlukan SEO untuk bisa membuat konten-konten milik kreator bisa bersaing secara adil.

Untuk tahu bagaimana caranya maka bisa dengan mencari tahu berbagai informasinya di internet. Banyak situs-situs menyediakan informasi yang membahas SEO Youtube.

10. Lakukan Evaluasi dan Analisis

Jangan lupa untuk tetap melakukan berbagai evaluasi dan analisis secara berkala. Hal ini untuk membantu melihat perkembangan apakah sudah sesuai dengan goals atau belum.

Tips dan cara menjadi youtuber sukses ini merupakan fase penting yang perlu orang lakukan. Jika belum bisa mencapai goals maka lakukan berbagai perbaikan-perbaikan. Jadi bisa mengarah ke yang lebih bagus nantinya.

Itulah beberapa tips cara menjadi youtuber sukses dan menghasilkan. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi konten kreator Youtube, segera mulai dari sekarang. Pasalnya semakin lama, persyaratan untuk bisa termonetisasi semakin rumit.

Juga Anda harus memahami bahwa menjadi sukses di Youtube tidaklah semudah kata orang atau kelihatannya, dibutuhkan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan uang yang tidak sedikit. Tidak ada cara instan menuju kesuksesan, di bidang apa saja.

Jangan cepat menyerah apabila hasilnya di awal tidak seperti sesuai yang diharapkan. Kuncinya adalah konsistensi dan terus evaluasi.

Terima kasih.

admin

Penulis di Satelitweb.com

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]