Cara Mudah dan Lengkap Membuat Iklan di Facebook Ads

  • Home
  • Artikel
  • Cara Mudah dan Lengkap Membuat Iklan di Facebook Ads
Cara Mudah dan Lengkap Membuat Iklan di Facebook Ads

Membuat iklan di Facebook Ads apakah cukup efektif untuk mempromosikan bisnis? Facebook sendiri merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Sehingga Facebook bisa menjadi salah satu peluang untuk sarana mempromosikan bisnis. Facebook membuat layanan untuk membantu para pebisnis mempromosikan produknya.

Layanan tersebut adalah Facebook Ads. Nah, pada ulasan berikut ini akan membahas berbagai hal terkait membuat iklan di Facebook Ads. Yuk, pelajari ulasan berikut ini agar semakin paham.

Mengenal Apa Itu Facebook Ads

Facebook Ads merupakan salah satu produk layanan dari Facebook yang berguna untuk mempromosikan bisnis. Yang mana jangkauannya adalah para audiens dari pengguna Facebook.

Tidak hanya sebatas itu saja, namun pengguna Facebook Ads juga bisa melakukan peningkatan. Agar bisa lebih berinteraksi dengan calon pelanggan. Meski demikian perlu pengguna ketahui, bahwa layanan tersebut berbayar sebagaimana ketentuannya.

Keuntungan Menggunakan Layanan Facebook Ads

Ada beberapa keuntungan membuat iklan di Facebook Ads yang bisa pengguna dapatkan. Terutama untuk tujuan promosi suatu bisnis pengguna. Berikut ulasannya.

1. Bisa Menyesuaikan Biaya Iklan

Membuat iklan di Facebook Ads tentunya pengguna tahu bahwa tidak gratis. Namun tenang saja, untuk biaya iklan tetap bisa pebisnis atur sesuai dengan kebutuhan dan dana yang ada.

Menggunakan layanan iklan digital termasuk lebih terjangkau daripada menggunakan iklan konvensional. Dan di zaman teknologi seperti ini, iklan digital akan lebih efektif menjangkau banyak target market.

2. Bisa Menargetkan Pasar Lebih Efektif

Dengan membuat iklan di Facebook Ads, maka pengguna bisa menyesuaikan target pasar yang mereka sasar. Mulai dari segi usia, lokasi, gender, ketertarikan, dan lainnya. Sehingga iklan akan menjadi lebih efektif karena penargetan yang spesifik.

3. Dapat Menjangkau Target Secara Luas

Ada lebih dari 2 miliar pengguna Facebook yang aktif menggunakan platform media sosial tersebut. Sehingga platform ini merupakan sarana yang cocok dan tepat untuk mempromosikan bisnis ke banyak orang.

Dengan melakukan promosi bisnis secara digital, maka pengguna Facebook Ads akan berpeluang menjangkau pasar global. Tidak hanya dari negaranya sendiri namun juga sampai ke luar negeri.

4. Menganalisa Secara Lanjut

Data dari melakukan iklan di Facebook bisa pengguna dapatkan. Dan data tersebut memang penting untuk melakukan evaluasi kinerja. Data yang Facebook Ads berikan seperti impresi, CTR, jangkauan, dan lain sebagainya.

Sehingga pengguna bisa mengukur terkait dengan keberhasilan iklan yang telah mereka lakukan. Serta bisa menentukan cara untuk melakukan kampanye iklan yang efektif.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Melihat data pengguna Facebook yang melihat news feed mereka selama berkali-kali dalam sehari adalah kesempatan. Ini akan menjadi peluang target Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Bahkan ketika target pasar Anda tidak tertarik di awal, maka menggunakan iklan tersebut bisa membangun kepercayaan. Serta membuat iklan di Facebook Ads tampil lebih lama akan menjadi sesuatu tersendiri.

Langkah Membuat Iklan di Facebook Ads

Ada beberapa langkah-langkah dalam membuat iklan di Facebook Ads yang bisa pebisnis lakukan. Beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Pembuatan Halaman Facebook

Langkah pertama adalah membuat halaman Facebook. Jika sudah maka lakukan login ke halaman tersebut kemudian pilih menu halaman dan bikinlah halaman baru.

Pastikan memilih jenis halaman yang sesuai dengan bisnis Anda. Lengkapi berbagai informasi yang Facebook minta. Jika sudah maka selanjutnya bisa membuat Facebook Ads.

2. Melakukan Login ke Facebook Ads Manager

Selanjutnya adalah masuk ke halaman Facebook Ads Manager kemudian lakukan login dengan akun Facebook Anda. Tentunya menggunakan akun Facebook yang akan pengguna pakai untuk membuat pengelolaan iklan.

3. Buat Iklan dan Tentukan Kampanyenya

Dalam beriklan di Facebook ada 3 alur dasar untuk mempraktikkannya. Yaitu campaign, ad set, dan ad. Kampanye (campaign) pengguna nilai lebih efektif dan spesifik untuk menentukan target pasar.

Pengguna juga bisa memilih lalu lintas kunjungan agar bisa menentukan orang-orang untuk mengunjungi website Anda. untuk melakukan kampanye maka silakan klik pada tab kampanye dan klik +buat.

Maka akan muncul tampilan halaman dan pilih tujuan iklan yang ingin Anda capai. Silakan memilih sesuai dengan kebutuhan. Tidak lupa juga untuk menentukan set iklan. Seperti anggaran dan jadwal iklan, audiens, dan sebagainya.

4. Lakukan Pembayaran

Terakhir adalah melakukan pembayaran iklan di Facebook. Caranya dengan memasukkan data kartu kredit dan selanjutnya bisa mengikuti langkah-langkah yang tersedia dan proses selesai. Mudah bukan?

Supaya Iklan di Facebook Ads Bisa Lebih Efektif dan Efisien

Ada beberapa cara yang bisa orang lakukan untuk membuat kampanye iklan di Facebook Ads bisa menjadi efektif. Maka sangat penting seseorang memperhatikan beberapa hal berikut terlebih dahulu.

Apa saja yang bisa orang lakukan untuk membuat iklan Facebook Ads menjadi lebih efisien dan efektif? Berikut ulasannya.

1. Menetapkan Tujuan Terlebih Dahulu

Dalam menetapkan iklan maka tentukan tujuannya agar bisa membuat iklan menjadi lebih efektif. Maka bisa dengan memilih menu kelola iklan dan klik buat iklan dari halaman Facebook.

Selanjutnya pengguna akan mendapatkan arahan untuk membuat berbagai iklan sesuai dengan tujuannya. Misalnya adalah seperti berikut ini.

  1. Mempromosikan kiriman dan halaman;
  2. Mengarahkan orang ke situs website;
  3. Meningkatkan konversi pada situs website;
  4. Bisa memasang aplikasi dan melakukan interaksi dalam aplikasi;
  5. Mengajak banyak orang untuk mengklaim tawaran;
  6. Serta memperoleh video.

Apapun itu, pastikan untuk memasukkan informasi tambahan terkait dengan apa yang hendak pengguna promosikan. Misalnya menyertakan URL situs website, halaman Facebook, dan keterlibatan lainnya.

2. Melakukan Rancangan Iklan

Selanjutnya setelah menetapkan tujuan iklan, maka pengguna bisa mulai merancang iklan. Perhitungan pertama adalah terkait dengan gambar yang hendak Anda gunakan.

Facebook mendukung untuk melakukan pengujian sebanyak 6 gambar. Hal ini Facebook lakukan untuk menjadi hal yang paling efektif agar bisa melakukan promosi iklan dengan baik.

Beberapa waktu lalu, Facebook Ads menggunakan gambar kecil namun sekarang tidak lagi. Format iklan pada newsfeed menggunakan gambar besar dan relevan. Jadi pastikan untuk menguploadnya dengan resolusi yang cukup baik.

Cara untuk menambahkan gambar pada iklan bisa mengupload dari perangkat, perpustakaan gambar, atau mencari di database Shutterstock.

3. Pastikan Menggunakan Kalimat yang Tepat

Hal selanjutnya yakni dengan menyusun kalimat yang pas untuk konten iklan. Konten tersebut berdasarkan jenis iklan. Pengguna perlu untuk memperhatikan bagian utamanya.

Yaitu judul, teks, serta link (khusus untuk iklan pada news feed). Pastikan judul hanya mempunyai 25 karakter saja. Kemudian teksnya menggunakan 90 karakter. Untuk iklan news feed link pada bagian deskripsi memiliki 90 karakter.

Kapasitas yang sekian perlu pengguna isi dengan tulisan yang tentunya informatif dan menarik. Bagaimana mengolah kata menjadi hal yang bagus untuk menarik minat para target market.

4. Berbagai Penempatan Iklan

Facebook menempatkan berbagai penempatan iklan pada berbagai tempat. Yakni news feed, mobile, serta pada kolom sebelah kanan. Penempatan iklan pada newsfeed banyak pengguna anggap sebagai hal yang paling strategis.

Meski begitu, tetap perlu untuk mengetahui berbagai penempatan iklan baik atau tidak. Nah, sebelumnya bisa dengan menguji terlebih dahulu. Satu hal penting jangan lupa untuk melakukan penempatan iklan yang mendukung versi mobile.

Itulah beberapa informasi terkait dengan membuat iklan di Facebook Ads. Semoga informasi tersebut bisa membantu untuk mempromosikan bisnis melalui Facebook Ads.

admin

Penulis di Satelitweb.com

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]