Panduan Tutorial Terlengkap Cara Membuat Iklan Google

  • Home
  • Artikel
  • Panduan Tutorial Terlengkap Cara Membuat Iklan Google
cara pasang iklan di Google

Cara membuat iklan Google adalah solusi efektif yang bisa bantu untuk meningkatkan penjualan bisnis online. Untuk itu perlu sekali memahami dan mempelajari cara membuat iklan Google.

Google sendiri merupakan salah satu search engine terpopuler dan terbesar di dunia. Hampir keseluruhan pengguna internet di Indonesia menggunakan Google sebagai mesin pencarian.

Jangkauan pasar Google yang luas menjadikannya sebagai salah satu media untuk melakukan iklan bisnis efektif. Platform yang orang gunakan untuk beriklan di Google adalah Google AdWords atau sekarang dikenal dengan Google Ads.

Apakah Google Ads itu?

Google Ads merupakan fitur dari Google yang bisa untuk menampilkan iklan dari pencarian dengan berbayar. Jadi, dengan menggunakan Google Ads orang bisa mengiklankan bisnisnya agar bisa menjangkau banyak orang yang disasar.

Sistem kerjanya yakni muncul melalui hasil pencarian kata kunci pada search engine Google. Namun, untuk bisa mengiklankan tentu harus menyediakan dana untuk membayarnya.

Keuntungan Memakai Google Ads

Ada beberapa keuntungan yang bisa orang dapatkan dengan memakai Google Ads, berikut ulasannya.

1. Google Penguasa Pasar Search Engine

Keuntungan memahami cara membuat iklan Google adalah karena search engine tersebut menguasai pasar seluruh dunia. Tak terkecuali negara Indonesia, mayoritas pengguna internetnya memakai Google.

Bahkan pesaingnya, Yahoo dan Bing, hanya mendapatkan sedikit sekali tempat di hati masyarakat Indonesia. Itulah kenapa beriklan di Google akan ada kemungkinan terlihat oleh jauh lebih banyak orang.

2. Pemasaran Ulang

Keuntungan lainnya menggunakan layanan Google Ads adalah tidak hanya sebatas layanan iklan hasil pencarian saja. Melainkan Google akan membantu untuk mengiklankan bisnis pada situs web serta aplikasi mitra Google.

Jadi, orang yang sudah membuka iklan maka Google akan menampilkan iklan tersebut pada web/aplikasi yang orang buka. Proses ini merupakan pemasaran ulang, berguna untuk membuat niat pembeli tetap mantap memilih produk iklan.

3. Target Audiens Lebih Spesifik

cara beriklan di Google Ads

Untuk target audiens pada Google Ads akan lebih mudah untuk pengguna sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya hanya membutuhkan target market untuk konsumen di suatu provinsi tertentu. Maka Google Ads bisa melakukannya, untuk menjangkau audiens lebih spesifik.

Selain itu, iklan juga bisa pengguna atur untuk tampil pada perangkat yang seperti apa. Apakah melalui desktop, smartphone, atau yang lainnya. Waktu kemunculan iklan juga bisa pengguna atur sesuai dengan kebutuhan.

4. Biaya Terjangkau

Cara membuat iklan Google melalui fitur Google Ads tidak mahal biayanya. Pengguna bisa mengatur estimasi biaya beriklan dengan kantongnya. Bahkan bisa mengatur ke estimasi biaya paling minim sekalipun.

Umumnya untuk target market di seluruh Indonesia, biayanya sekitar 300 ribu rupiah untuk setiap bulannya. Namun, biaya tersebut bisa lebih sedikit karena itu hanya perkiraan saja.

Sistem pada Google Ads menggunakan pay per klik. Sehingga pengguna hanya akan membayar jika audiens atau target membuka iklan Anda.

Panduan Cara Membuat Iklan Google untuk Pemula

Ada beberapa langkah terkait dengan cara membuat iklan Google untuk pemula. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Bikin Akun Google Ads Terlebih Dahulu

Langkah yang pertama adalah dengan memiliki akun pada Google Ads. Caranya dengan membuka situs Google Ads pada pencarian. Selanjutnya bisa mengikuti langkah pembuatan akun. Pengguna juga bisa login pada akun Google miliknya.

Selanjutnya nanti pengguna akan terarahkan ke halaman untuk memilih iklan pada Google Ads. Nantinya Google akan mengarahkan pengguna untuk membuat iklan smart campaign. Jadi, Google secara otomatis akan mengaturnya dengan bantuan mesin learning.

Namun, jika memang ingin melakukan kontrol penuh terhadap iklan, pengguna bisa pindah ke expert mode.

2. Memastikan Tujuan Iklan

Pastikan untuk menentukan tujuan dari iklan atau goals yang ingin pengguna dapat dari iklan di Google. Ada beberapa pilihan tujuan iklan pada Google, yakni sebagai berikut.

  1. Sales, untuk melakukan penjualan suatu produk baik secara online maupun offline;
  2. Leads, mengarahkan konsumen untuk melakukan sesuatu karena tujuannya untuk mendapatkan konversi dan leads;
  3. Traffic pada website, maksudnya untuk meningkatkan trafik website sebanyak-banyaknya;
  4. Produk dan brand, membuat pelanggan untuk mengenali suatu produk atau brand;
  5. Brand awareness, maksudnya untuk membangun audiens secara luas;
  6. App promotion, sebagai bagian untuk mempromosikan suatu aplikasi agar pelanggan melakukan install terhadap aplikasi tersebut;
  7. Promosi dan meningkatkan kunjungan ke toko fisik.

3. Memilih Jenis Tampilan Iklan

Ada banyak jenis tampilan iklan yang bisa pengguna pilih. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Search campaign;
  2. Display campaign;
  3. Shopping campaign;
  4. Video campaign;
  5. App campaign;
  6. Smart campaign;
  7. Local campaign.

4. Lengkap Pengaturan Dasar Iklan

Pada tahapan ini pemula perlu untuk melengkapi berbagai pengaturan dasar campaign yang hendak mereka buat. Seperti nama iklan, jenis iklan, pilihan jaringan penampil iklan, dan sebagainya.

5. Menentukan Durasi Iklan

Cara membuat iklan Google selanjutnya adalah dengan memilih jenis iklan serta melengkapi pengaturan dasarnya. Tentukan durasi iklan dengan klik pengaturan dan pilih Show More Settings.

Pengguna bisa memilih berapa lama iklan bisa tayang pada Google. Pastikan untuk menentukan tanggal mulai dan tanggal penyelesaian iklan. Selain itu pengguna juga bisa melakukan pengaturan URL campaign, jadwal penayangan dan lainnya.

6. Pilih Jangkauan Lokasi Serta Bahasanya

Langkah selanjutnya adalah menentukan jangkauan lokasi serta bahasa untuk menayangkan iklan. Apabila memang perlu maka jangkauan lokasi bisa pengguna sempitkan. Misalnya untuk suatu wilayah tertentu.

Contoh sederhananya adalah bisnis fotografi yang hanya melayani wilayah Jabodetabek saja. Selain itu masih belum menjangkau, maka nantinya bisa mengatur pada langkah ini. Yakni mengatur jangkauan lokasi serta bahasa jika berbeda.

7. Menentukan Target Audiens

Salah satu fungsi mengatur jangkauan lokasi juga sebagai arahan untuk membuat target audiens lebih spesifik. Tentukan target market dengan detail demografi, usia dan sebagainya.

8. Aturlah Anggaran Harian Iklan

Jadi, agar lebih tertata terkait dengan dana dan menghindari pembengkakan, maka bisa melakukan pengaturan. Yakni dengan mengatur anggaran per harinya. Berapa anggaran yang pengguna keluarkan untuk Google per harinya?

Google punya fitur batas terkait dengan dana iklan yang bisa secara otomatis. Misalnya pengguna mengatur dengan memasukkan 100 ribu rupiah/harinya. Maka nanti Google akan menghabiskan dalam jumlah tersebut.

9. Menentukan Bidding untuk Iklan

Bidding merupakan suatu biaya yang keluar untuk tujuan iklan atau lebih tepatnya harga sekali klik. Jadi pengguna bisa mengatur ke sistem sekali klik untuk mengatur konversi.

10. Lakukan Pengaturan Keyword untuk Iklan

Selanjutnya bisa dengan melakukan pengaturan pada keyword. Pengguna bisa menggunakan ad groups untuk pengaturan keyword. Nantinya bisa memasukkan berbagai keyword yang relevan dengan iklan.

11. Membuat Iklan

Selanjutnya maka bisa ke tahap pembuatan iklan. Cara membuat iklan Google Ads caranya adalah dengan membuat bentuk tampilan iklan. Terkait dengan paid search, Google bisa membatasi karakter teks. Agar bisa memuat berbagai isi teks iklan pada laman pencarian.

Pakailah kalimat yang simpel dan informatif dalam memancing audiens supaya melakukan klik pada iklan. Selanjutnya bisa menyimpan pengaturan dan mengklik save and continue.

Setelah selesai melakukan pengaturan iklan, nanti akan terarah ke halaman review. Jadi di halaman ini akan terlihat tampilan detail iklan yang akan terpasang beserta anggarannya. Jika perlu melakukan perbaikan masih bisa pada tahap ini. Lakukan sebelum Anda publish.

13. Melengkapi Detail Pembayaran

Pada tahapan terakhir adalah dengan melengkapi detail pembayaran untuk melakukan penayangan iklan pada Google. Isi berbagai data yang memang perlu. Proses pembayarannya bisa orang lakukan secara manual atau otomatis.

Untuk opsi otomatis maka perlu memiliki kartu kredit. Sedangkan untuk menjual maka bisa dengan melakukan transfer dari ATM, mobile banking, atau GoPay. Jika semua sudah klik centang tanda persetujuan dan klik submit.

Demikianlah beberapa informasi penting terkait dengan cara membuat iklan Google bagi pemula, semoga informasi di atas bisa membantu dan selamat mencoba.

Apabila Anda tidak ingin membuang-buang waktu, tenaga, uang untuk mencoba-coba trial and error beriklan di Google Ads yang belum tentu berhasil, maka Satelitweb menyediakan jasa digital marketing profesional di sini, Anda cukup fokus ke bisnis Anda, biarkan tugas pemasaran Google diserahkan kepada Satelitweb.

Terima kasih.

admin

Penulis di Satelitweb.com

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]