15 Tool SEO WAJIB untuk Pebisnis Online

tool seo semrush

Search Engine Optimasi atau SEO merupakan deretan langkah dan proses untuk menjadikan website berada di halaman pertama mesin pencari, sebut saja google misalnya. Melalui keyword tertentu, website akan muncul di halaman pertama, lalu:
Bagaimana jika satu keyword dimuat oleh banyak website?
Website seperti apakah yang akan muncul paling atas?

Maka website dengan optimasi SEO yang baik yang akan berada paling atas dalam mesin pencarian.
Sebagian dari kita mungkin memiliki intuisi SEO yang tajam untuk mengetahui apa yang sebenarnya orang cari di dunia online. Namun, intuisi tersebut juga akan melewati pahitnya trial and eror. Pada kenyataannya orang yang memiliki intuisi tinggipun juga menggunakan tool untuk meminimalisir kerugian dalam trial and eror mereka dalam menguasai SEO.

Setiap bulan dan tahunnya, selalu ada tool baru. Namun untuk beberapa tahun kedepan, kami yakin tool SEO yang ada saat ini, masih sangat efektif untuk digunakan. Setidaknya ada 15 tool yang wajib Anda pahami.
15 tool ini akan mempermudah Anda untuk bisa bersaing dalam bisnis online. Wajib Anda miliki dan pahami cara penggunaaannya. Karena SEO bukan hanya tentang bagaimana Anda memenangkan keyword di halaman pertama, melainkan bermanfaat atau tidak konten yang Anda berikan atau relevan apa tidak tulisan Anda dengan permasalahan yang dialami oleh visitor website Anda. Berikut Tool SEO yang wajib digunakan oleh Pebisnis Online :

Google Tools

Google juga menyediakan tool SEO untuk mengembangkan SEO website Anda. Bahkan wajib Anda gunakan sebagai pebisnis online. Yang paling dasar adalah Google Search Console.

1. Google Search Console

Sebagian besar Aktifitas SEO dasar berawal dari tool SEO ini. agar website Anda terindex di google. Setelah website dibuat, dengan tool ini website harus didaftarkan di mesin pencarian.

tool seo google search console

Google Search Console membantu Anda untuk memantau dan memastikan bahwa google telah menemukan dan meng-crawl website Anda. Jika ada halaman yang tidak terindeks, Anda bisa mengajukan pengindeksan ulang, ini berlaku untuk halaman baru atau yang baru diperbaharui. Tool ini juga akan menampilkan jumlah traffic dan kata kunci apa yang membuat website Anda muncul di mesin pencarian, link tautan ke website Anda, serta pemeriksaan tampilan seluler.

2. Google Analytic

Selain untuk melihat jumlah visitor, pageview, hingga browser apa yang mereka gunakan, Google analytic merupakan tool SEO favorit para pebisnis Online untuk mengecek Bounce Rate sebuah website. Bounce rate (rasio pantulan) merupakan persentase visitor yang hanya mengunjungi satu halaman, lalu kemudian meninggalkannya begitu cepat bahkan tanpa melakukan apapun seperti menekan tombol readmore, pembelian, menu-menu yang lain dan sebagainya.

Bounce Rate atau rasio pantulan dihitung menggunakan pembagian single page visit (kunjungan satu halaman) terhadap total trafik yang masuk. Sebagai contoh, Jika website Anda minggu ini mendapatkan kunjungan sebanyak 1000 visitor, lalu 500 di antaranya ternyata merupakan single page visit. Maka, persentase bounce rate website Anda adalah 50%. Akan menjadi masalah bilamana persentase bounce rate website Anda tinggi. Anda harus memperbaiki beberapa halaman yang mungkin memuat keyword namun tidak relevan dengan isi, ini mengecewakan visitor, dan merugikan Anda untuk jangka panjang. Hati-hati!

3. Mobile Friendly Test

tool seo pebisnis online mobile friendly test

Ini juga milik google. Penting untuk digunakan mengingat saat ini kebanyakan visitor mengakses website melalui hanphone. Tampilan layar computer (desktop) berbeda dengan tampilan di handphone (mobile). Tool ini mengetes apakah tampilan website Anda terlihat nyaman di mata pengunjung bila menggunakan versi mobile .

4. Pagespeed Insight

tes speed website tool seo pebisnis online

Selain tidak relevannya keyword dengan isi konten. Pengunjung bisa saja pergi meninggalkan website Anda begitu cepat dikarenakan loading website Anda begitu lama. Biasanya karena terlalu banyak elemen yang memberatkan. Anda harus mencoba Pagespeed Insight untuk memeriksa apakah kecepatan website Anda normal atau tidak dalam koneksi internet yang standar.

Keyword research tools

Secara sederhana, Keyword adalah kata kunci atau judul yang Anda gunakan untuk menarik visitor agar sampai pada website Anda. Kita boleh saja membuat kata kunci sendiri semau kita, namun bila susunan kata atau frase tidak sesuai dengan data yang terekam di mesin penelusuran, tentu berakibat buruk terhadap jumlah kunjungan ke website Anda. Anda harus memastikan apakah keyword yang Anda gunakan benar-benar keyword yang pernah diketik atau dicari orang. Anda bisa gunakan Google Keyword Planer dan Ubersuggest.

5. Google Keyword Planer

Sebuah tools yang akan membantu untuk menemukan kata atau frase yang berhubungan dengan produk dan layanan dalam bisnis Anda. Kata atau frase ini disebut dengan keyword atau kata kunci. Dari Kata kunci inilah yang akan membuat calon pelanggan Anda sampai pada situs Anda.

tool seo keyword planer

Tools ini juga akan memberikan gambaran seberapa banyak kata kunci tersebut diketik oleh visitor dalam satu bulan, dan apa saja yang relevan dengan apa yang mereka cari. Ini akan menjadi landasan konten website atau teks iklan (google ads) Anda sebagai pebisnis online. Selain itu, diinformasikan juga harga tiap klik keyword, dan estimasi jumlah biaya yang bisa Anda keluarkan untuk iklan dalam periode tertentu.

6. Uber Suggest

ubersuggest keyword tool seo

Ubersuggest merupakan Tool SEO pencari keyword alternatif yang bisa Anda gunakan. Dengan tampilan sederhana, membantu Anda menemukan keyword turunan beserta harga perklik bila Anda menggunakan keyword turunan tersebut dalam iklan google ads Anda. Keyword turunan merupakan keyword yang masih berhubungan dengan keyword utama, hanya ada penambahan kata atau frase. Namun terkadang tak terpikirkan sebelumnya. Konten Anda penting untuk menyisipkan keyword turunan. Lihat contoh pada keyword Jasa Digital Marketing. Ubersuggest menampilkan keyword turunan yang sangat relevan dan juga banyak dalam jumlah pencarian.

7. LSI graph

tool seo untuk LSI

Terkadang,-sekali dua kali, website bisa muncul justru tidak berdasarkan keyword utama, melainkan karena keyword yang bersifat semantik. Sekarang sudah tidak mengherankan karena, mesin pencarian Google kini menjangkau frase frase yang memiliki makna hampir sama dengan keyword yang dibidik oleh pembuat konten. Oleh karenanya dalam penulisan konten, sangat perlu diselipkan frase yang semakna dengan target keyword. LSI graph membantu Anda untuk mencarinya.

Tool analisis Konten

Dalam pembuatan konten yang SEO friendly, khususnya artikel. Butuh tool yang akan memandu Anda menyusun frase atau kalimat-kalimat dengan struktur tertentu. Tentu diharapkan sesuai dengan algoritma yang berlaku. Algoritma pun semakin hari akan semakin humanis. Nah, Fitur dalam Yoast SEO memahami algoritma ini.

8. Yoast SEO (Plugin WordPress

Plugin Yoast SEOTool ini merupakan plugin yang diinstal di dalam website. Terutama untuk pengguna platform WordPress. Penting untuk optimasi SEO on page, Tool ini akan membantu Anda membuat artikel yang SEO friendly. Melalui indikator yang ada dalam Yoast ini (Analysist result), tidak hanya susunan konten, gambar, melainkan juga membantu menyusun kata dan frase judul yang disukai mesin pencari.

tool seo pebisnis online yoast seo

9. Cek plagiat dengan CopyScape

Konten plagiat atau konten hasil kopi paste adalah konten yang paling dibenci oleh algoritma google. Lambat laun website yang berisi konten plagiat akan merosot tajam. Oleh karena penting untuk selalu membuat konten atau artikel  yang original dan unik. Jika Anda pernah menggunakan jasa pembuatan artikel, dan Anda ragu apakah artikel yang Anda terima merupakan artikel unik?

tool seo pebisnis online cek plagiat

Maka Anda bisa cek dengan CopyScape. Anda hanya diminta memasukkan url website Anda, tool ini kemudian mencari website mana saja yang memiliki artikel yang mirip dengan artikel yang ada di website Anda. Hebat bukan?

Tool SEO untuk Analisis Website Para Pebisnis Online

Sebagai pebisnis online, sangat perlu tool SEo yang berfungsi untuk mengetahui kondisi website Anda. Apakah fitur atau elemen yang ada dalam website Anda memudahkan visitor atau bahkan mempersulitnya. Misalnya, di mata mesin penelusuran, website Anda diharapkan bisa terdeteksi dengan cepat melalui tampilan mobile. kekuatan link, relevansi keyword, deskripsi. Ada skor yang bisa Anda lihat sebagai gambaran kondisi website Anda. Anda bisa mengecek kualitas website Anda di mata mesin penelusuran, diantaranya menggunakan tool bernama seositecheckup dan SEO Report Card.

10. SEOsiteChekup

tool seo pebisinis online cek website

Tool SEO dari Seositechekup menampilkan skor 10-100 kepada website pebisnis online. Anda bisa melihat detail elemen apa yang mempengaruhi skor tersebut, lalu bagian mana yang harus dibenahi dari website Anda. Rasanya Anda seperti bertanya kepada seseorang pakar dalam optimasi website. Tool ini mampu menganalisis semua Informasi SEO website Anda.

 

11. SEO Report Card

tool seo pebisnis online

Sederhana, terstruktur dan mudah dipahami. Mungkin itu kesan yang dirasakan bila menggunakan tool analisis SEO on page ini. SEOreportCard akan menerankan tentang informasi umum dari website Anda, Ranking di mata pencarian, kekuatan link (link building), analisis meta keyword, dan kecepatan akses. Bahkan Anda juga bisa membandigkan skor (komparasi) antara website Anda dengan website kompetitor.

Tool SEO Pebisnis Online untuk Link building ( Optimasi Backlink)

Website butuh backlink. Umumnya, website yang memiliki jumlah backlink yang banyak dan berkualitas akan lebih mudah muncul di halaman pertama dari pada yang tidak menggunakan backlink. Backlink merupakan link atau website milik orang-orang yang menanamkan (tautan) link website karena suatu alasan tertentu.

Misalnya karena mereka mendapatkan informasi dari website kita, sebagai bentuk terimakasih, mereka menjadikan link website kita sumber dalam artikel yang mereka buat. Maka website di mana orang tesebut membuat artike, maka website itulah yang menjadi backlink kita. Beruntung jika website tersebut adalah website yang terkenal seperti Wikipedia. Bisa juga Anda menancapkannya sendiri, melalui komen misalnya. Namun, harus hati-hati. Anda tidak boleh sembarangan membangun link, anda harus pastikan apakah website tempat Anda meletakkan link adalah website yang aman di mata google. Tool SEO yang bisa pebisnis online gunakan untuk aktifitas ini adalah ahref Backlink Checker dan SEMush

12. Ahref Backlink Checker

 

tool seo backlink checker

Tool ini memudahkan Anda untuk mengecek website siapa saja yang memuat link website Anda. Pastikan Anda juga telah berinteraksi dengan website-website yang bisa menjadi backlink. Anda bisa cari di google koleksi website yang bisa dijadikan backlink. Dengan tool ini juga Anda bisa mengecek backlink kompetitor, baik jumlah maupun kualitasnya.

13. SEMrush: salah satu Tool seo favorit pebisnis online

Tidak hanya digunakan dalam menganalisis keyword, SEMrush juga salah satu alternatif terbaik yang digunakan oleh pakar SEO dalam menganalisis Backlink. Bahkan kini, hampir semua fungsi tool SEO ada di dalam SEMrush ini. Mulai dari menganalisis trafik, saran keyword, optimasi landingpage, social media hingga periklanan.

Wajar jika tool ini berbayar, tapi paling tidak Anda bisa menggunakan trial 7 hari untuk mencicipi segudang fitur tool SEO ini.

14 Cek PA dan DA

Dalam mencari backlink, para ahli SEO akan menggunakan parameter PA dan DA suatu Website. Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah salah satu parameter SEO yang dikembangkan MOZ yang merupakan salah satu perusahaan software SEO terbaik di Amerika. Semakin tinggi skor DA dan PA website, maka website tersebut sudah dipastikan berkualitas di mata Search Engine.

tool seo pebisnis online cek da pa

Website seperti ini akan menjadi target empuk bagi pemburu backlink. Anda bisa mengecek DA PA website Anda di websiteseochekcker atau di smallseotools, jika DA dan PA masing-masing mendapatkan skor di atas 30, maka website Anda menurut MOZ, sangat dicintai mesin pencari.

Tool SEO untuk Bisnis Lokal

15. Google My Business

 

Secara alami, orang-orang tentu akan mencari sesuatu dengan mempertimbangkan jarak. Jika terjangkau, mengapa harus beli jauh-jauh. Dengan Google My Business, Toko Anda akan terbantu untuk menjaring visitor atau pembeli lokal.
Memang target SEO adalah untuk menjangkau visitor seluruh dunia. Namun, jangan sekali-kali meremehkan kekuatan lokal.

tool seo google bisnisku

Awalnya, tool ini relevan dengan penjual makanan, namun kini Anda penjual barang fisik ataupun penjual jasa, juga penting menggunakan tool SEO lokal ini. Jelas, untuk menarik pelanggan yang berada diwilayah Anda sendiri. Lengkapi segera informasi yang berhubungan dengan layanan Anda di halaman Google my Business ( Google bisnisku).

hamdanhaddo

Penulis aktif di Satelitweb.com

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]