Inilah 20 Tools yang Digunakan Untuk Digital Marketing

  • Home
  • Artikel
  • Inilah 20 Tools yang Digunakan Untuk Digital Marketing
tool seo untuk keyword

Sepenting apakah tools yang digunakan dalam digital marketing?

Ketika Anda mengambil keputusan untuk terjun ke dalam dunia digital marketing atau pemasaran digital, maka langkah awal untuk memulainya adalah dengan mengenal alat-alat pemasaran digital. Secara global, tools digital marketing tersebut kini hampir mencapai ratusan tool yang tersebar dengan berbagai fitur dan penawaran limit akses. Mulai dari software, plugin, aplikasi berbasis web, direktori dan sebagainya. Apakah harus menguasai semua? Jawabannya adalah: terserah!

Jika nanti merasa mampu, silahkan saja kuasai dan miliki semua. Namun, faktanya pelaku jasa digital marketing hanya perlu memahami beberapa saja untuk menjadi digital marketer. Karena, dari ratusan tools digital marketing yang ada satu dengan yang lainnya hampir memiliki fungsi dan cara kerja yang hampir sama. Setidaknya dari beberapa klasifikasi alat digital marketing yang ada, telah kami rangkum 20 tools saja untuk mendukung skill Anda untuk menjadi jago digital marketing, ataupun jago pemasaran online.

Kesemuanya ini sudah cukup untuk kepercayaan diri Anda bergelut dalam bisnis pemasaran digital atau digital Marketing. Berikut kami rincikan berdasarkan klasifikasinya:

Tools Digital Marketing untuk Manajemen Sosial Media

1. Hootsuite

tools digital marketing

Jangan bilang Anda hanya ingin memanfaatkan satu laman jejaring sosial saja dalam bisnis Anda. Terimalah, bahwa Seiring bertambahnya waktu, bertambah juga Kompetitor Anda. Kualitas dan kuantitas seharusnya selaras. Maksudnya, Anda tidak akan cukup untuk mengelolah satu akun jejaring sosial saja untuk melawan kompetitor Anda. Anda butuh beberapa akun dan laman jejaring sosial yang bisa aktif bersamaan. Hootsuite mendukung itu. Tools Digital Marketing  membuat Anda percaya diri dalam menyediakan jasa digital marketing bisa mengelolah jejaring sosial milik klien Anda.

2. Woobox

Woobox merupakan salah satu tool yang dibutuhkan dalam optimasi jejaring sosial media. Tool memudahkan Anda untuk meningkatkan interaktif dengan followers Anda, apalagi Anda yang sering menyelenggarakan kontes, giveaway ataupun kuis di Instagram. Selain itu juga memudahkan Anda mengumpulkan entri hashtag kemudian memilih pemenang secara acak.

Tools untuk beriklan di Sosial media

Ini adalah alat untuk Anda beriklan. Dengan alat ini Anda bisa memperoleh data, followers, likers, optimasi Tagar bahkan sampai tingkat konversi yang jauh lebih besar dan tertarget ketimbang Anda menggunakan postingan gratis seperti biasa.

3. Facebook Ads, Instagram ads, Google ads dan twitter ads

Pada awal membangun brand, beriklan di jejaring sosial seperti facebook ads, twitter ads, intagram ads, bahkan kini tik tok ads wajib Anda manfaatkan. Manusia saat ini sedang berkumpul di sana. Setiap jejaring sosial memiliki laman untuk Anda menjalan misi Iklan Anda. Anda akan memperoleh interaksi tertarget dan terperinci yang besarannya akan sesuai dengan jumlah uang yang Anda keluarkan dalam beriklan.

jasa digital marketing fbads

Sementara untuk memenangkan keyword atau kata kunci tertentu di mesin penelusuran (browsing), tidak lain tidak bukan menggunakan google adwords atau biasa disebut googleads. Ada harga untuk setiap kata kunci. Biasanya, harga kata kunci akan berpengaruh dengan seberapa banyak keyword tersebut diketik oleh visitor di pencarian google.

tool digital marketing google ads

Misalnya jasa digital Marketing, sebulan bisa mencapai sepeuluh ribu pencarian di google. Nah, jika Anda ingin beriklan di google ads dengan kata kunci jasa digital marketing, maka Anda harus siap dengan harga yang ditawarkan tiap klik atau perviewnya.

Retargeting tools

Retargeting tools adalah salah satu tool digital marketing penting yang berfungsi untuk menarget ulang iklan di media sosial. Jika sebelumnya anda telah mendapatkan data audiens dari iklan Anda, maka dengan alat ini, iklan media sosial Anda akan diset ulang agar lebih efesien bahkan mengkerucut pada target yang sesunggunya. Dengan alat ini akan mengantarkan iklan Anda kembali kepada siapa yang sebenar-benarnya terkait dengan produk Anda. Ini akan menghemat biaya jauh lebih signifikan, dan berpeluang lebih besar terjadi konversi ketimbang Anda tidak menggunakan alat retargeting ini.

4. Nanigans

Perusahaan besar seperti Zynga, Wayfair dan Rovio menggunakan Nanigans. Nanigans adalah Platform periklanan multichannel yang di desain untuk pengguna Facebook, Twitter dan Instagram. Alat ini memiliki akses ke Facebook Exchange (FBX) untuk penargetan ulang dan tersedia beberapa fitur lain yang mewujudkan efesiensi waktu dan biaya dalam beriklan.

Email Marketing

Email marketing adalah Tool Digital marketing yang powerfull sampai kapanpun. Karena, Anda juga pasti tahu, semua orang yang berhubungan dengan aplikasi online di dunia ini memiliki email bukan? Email bukan sekedar kontak pribadi, bahkan lebih dari itu. Anda sebagai digital marketer wajib memperoleh email pelanggan Anda, sebagai tanda bahwa iklan Anda berjalan dengan baik. Dengan tool ini Anda dapat mengubah ratusan, ribuan bahkan jutaan Visitor yang berkunjung ke website Anda menjadi subscriber, selanjutnya tugas Anda membuat tawaran dan mengirimnya melalui fitur blast email. Ini strategi digital marketing yang tidak boleh Anda remehkan, dan jangan berharap fitur ini Anda dapatkan di email google dan yahoo, melainkan di Mailchimp.

5. Mailchimp

Kami tidak mengajak Anda untuk melupakan atau menahan diri untuk mencoba getresponse. Namun sebagai pemula, Anda wajib menggunakan mailchimp. Sama dengan getresponse, Ini adalah tools pengiriman email massal dan otomatis kepada seluruh subriber website Anda, berapapun jumlahnya. Bisnis Anda nampak serius dengan tools ini. Ada segudang fitur, di antaranya menyediakan bentuk periklanan yang beragam, mulai dari landing page, sign up form, google ads, hingga facebook ads. Tools digital marketing ini juga terintegrasi dengan berbagai apps dan tools, Kirim email otomatis, Optimasi email marketing yang dapat mengklasifikasikan pelanggan Anda dalam beberapa kelompok minat tertentu. Bahkan jika Anda pemula, wajib “mencicipi” tool ditigal Marketing ini terlebih dahulu, barulah kemudian, jika perlu Anda mencoba Getresponse hingga marketo.

Landing page

Menawarkan produk atau jasa melalui Landing Page adalah langkah yang masih efektif untuk dilakukan oleh para marketer online. Seperti senjata terbaik yang akan membidik emosi calon audiens dengan cepat dan tepat lalu mengarah kepada terjadinya konversi. Landing page adalah sebuah halaman khusus dari website yang berguna untuk memperkenalkan (launch) sebuah produk. Layaknya poster, dalam satu halaman landing page biasanya berisi tentang latar belakang pembuatan produk, dan fungsi produk secara lengkap yang diakhri dengan kolom formulir atau bahkan tombol pembelian.

6. Unbounce

Unbounce adalah tool yang memudahkan Anda untuk membuat landing page tanpa harus memahami kode-kode pemograman. Anda hanya tinggal Tarik dan letakan elemen-elemen yang tersedia, lalu edit teks sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

A/B Testing tools

Ketika Anda telah membuat website, ataupun landing page. Maka Anda perlu menguji tingkat konversinya. Karena jumlah traffic sesungguhnya tidak cukup untuk membuktikan bahwa website tersebut bagus. Bagi penyedia jasa internet marketing, trafik banyak adalah hal yang percuma jika tidak selaras dengan tingkat konversi atau conversion rate. Conversion rate merupakan jumlah pengunjung website yang telah memberikan keuntungan nyata kepada pemilik website. Paling tidak pengunjung tersebut telah menjadi subscribe website, mengisi form yang telah diarahkan dalam landing page, bahkan hingga melakukan pembelian.

7. Optimizely

Ini adalah salah satu tools yang terkenal saat ini untuk digunakan dalam pengujian A/B testing tool. Anda akan diberi gambaran penilaian dari landing page milik Anda dalam bentuk angka persentase konversi yang akan terjadi. Sangat mudah digunakan. Ini erat kaitannya dengan kepuasan visitor terhadap tampilan dan navigasi yang Anda tampilkan. Semudah apa mereka menemukan apa yang seharusnya Anda tawarkan. Seperti penempatan tombol Daftar, Signup, Berlangganan, atau Beli sekarang! 

8. Visual Website Optimizer (VWO)

Hampir sama dengan Optimizely. Anda perlu menggukan A/B testing tool lebih dari satu. Hal ini bertujuan untuk menguatkan keyakinan Anda terhadap data yang ditampilkan oleh A/B testing tool sebelumnya. Bahkan ada beberapa fitur yang bisa Anda pelajari selanjutnya di dalam VWO ini yang oleh Optimizely belum menjadi segmen khusus, seperti personalisasi. Jangan segan untuk mencoba lebih dari satu tool digital marketing yang memiliki fungsi yang sama.

Video Hosting

Anda cukup membayangkan youtube saja, kebutuhan hosting video Anda sudah terpenuhi. Di youtube Anda juga bisa mengatur privasi untuk siapa saja video Anda buat. Namun, jangan lupa seiring berjalannya waktu, peraturan di youtube semakin ketat. Konten Anda harus taat dengan peraturan yang ada. Bahkan juga dengan regulasi pemerintah. Jika konten Anda sekedar berdagang barang-barang umum, Youtub adalah cukup, Jika bersifat khusus dan privasi seperti course atau bimbingan online, mungkin Anda mencoba Vimeo dan Wistia.

9. Vimeo

Tidak sedikit Landing page yang di dalamnya terdapat video, pasti menggunakan layanan hosting video yang satu ini. Bukan tanpa alasan. Tahun 2007 lalu Vimeo mengalahkan youtube dalam hal kualitas video yang tinggi. Walau sekarang youtube telah menyediakan kualitas tinggi, pengguna vimeo dari kalangan digital marketer juga masih banyak. Anda bisa menggunakan vimeo untuk melengkapi website atau landing page Anda. Hanya saja saat ini vimeo telah diblokir, Anda butuh VPN untuk menggunakan hosting video ini.

10. Wistia

Fitur User tracking dari Wistia cukup membuat Anda jatuh cinta dengan layanan hosting video yang satu ini. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengetahui kapan penonton video Anda itu memulai, pause dan meninggalkan video Anda. Karena, Anda bisa membuat izin atau mengatur satu penonton saja untuk video Anda.

 

Fitur dari wistia ini akan berguna sekali jika Anda membuat course online. Bahkan, dengan Wistia Anda bisa membuat beberapa user dalam satu akun, Ini akan memudahkan Anda ketika membuat komunitas, user Anda akan turut mengupload konten dalam akun Anda.

Alat Pembuatan Konten

11. Canva

Canva adalah alat desain online berbasis web untuk membuat konten yang bisa Anda isi ke dalam blog, chanel youtube, jejaring sosial, dan sebagainya. Tool ini meyediakan beragam template poster, video slide, presentasi, postingan instagram dan facebook. Template ini kemudian Anda isi dengan materi iklan dan foto milik Anda. Tak ada skill khusus, Anda hanya menggeser, menghapus dan mengedit saja. Lalu kemudian Anda download ketika sudah jadi, lalu kemudian membagikannya ke publik.

canva tool pembuat konten digital marketing

12. visual.ly

Anda ingin membuat konten ilustrasi, infografik, copywtiting, ebook ataupun video internet marketer, namun terbatas dengan waktu, dan kreativias? Makan Tuangkan Ide Anda bersama visual.ly. Ibarat Marketplace, Anda akan dipertemukan dengan orang-orang yang ahli dibidangnya. Anda hanya perlu menyampaikan apa yang Anda inginkan, lalu membayarkan project apa yang telah mereka buat untuk keperluan Anda.

Mengecek Artikel Terkini melalui RSS Feed

RSS Feed hadir untuk memudahkan Anda berlangganan website informatif. Website-website terkenal biasanya berkumpul dalam satu portal. Mereka menyiapkan diri mereka untuk menjadi bagian dari direktori artikel ataupun berita. Sebut saja Feedly misalnya.

feedly tool marketing digital blogger

13. Feedly

Bukan Blogger namanya jika tidak berinteraksi dengan feedly. Feedly merupakan web yang memberikan umpan balik kepada website Anda yang sesuai dengan kategori website Anda. Misalnya website Anda bertemakan olahraga, maka Anda tidak akan kehilangan info terbaru tentang dunia olahraga jika website Anda telah terintegrasi dengan feedly. Di sini para pemilik website atau blogger dunia dengan topic trending tertentu berkumpul. Tak jauh dari berada jejaring social Anda, setiap hari Anda akan melihat hot topik yang sesuai dengan niche yang Anda ikuti. Dijamin Anda tidak akan kekeurangan ide konten setiap harinya. Anda akan selalu berterimkasih dengan hadirnya Feedly ini. Ini tool digital Marketing yang unik.

Website Analytics Tools

Anda perlu melihat perilaku visitor website Anda. Melihat demografis dari visitor, ini akan memberikan data yang kemudian akan Anda olah untuk menjadi target market dari produk yang Anda buat.

14. Google analytic

Di dalam tool ini akan disuguhkan beberapa matriks data visitor, mulai dari kebiasan, pola konversi, usia, Asal Negara, jenis kelamin, bahkan merk gadget yang biasa mereka gunakan. Anda bisa memantau perkembangan website Anda secara real time. Berguna sekali untuk memperbaiki kualitas elemen dan konten mana yang perlu dioptimasi.

google analytic tools digital marketing

15. Woopra

analytic tool digital marketing

Ini adalah tool Alternatif selain Google analytic. Digunakan untuk memantau pengunjung secara real time, kebiasaan pengunjung, perilaku browsing, identifikasi visitor yang setia berkunjung di website Anda, terdapat juga fitur aplikasi SEO dan tracking untuk iklan yang Anda jalankan.

Customer Service tools

16. Zendesk

Website yang professional tentu menggunakan widget CRM(Customer Relationship Management). Sebuah aplikasi livechat yang biasanya disematkan dibagian pinggir dari website. Fungsinya tentu untuk menjalin komunikasi lansung dari visitor.

tool chat digital marketing

Layaknya customer service yang akan menjawab beberapa pertanyaan yang bisa saja muncul dari visitor website. Anda sebagai pemilik dapat menjawabnya lansung atau bisa menyiapkan jawaban otomatis melalui fitur bot chat. Ini tentu sangat menyenangkan hati visitor yang pada akhirnya memberikan reputasi positif.

17. LiveChat

alat digital marketing

tampilan livechat

Hampir menyerupai Zendesk, widget ini juga merupakan pilihan favorit para internet marketer dalam melengkapi layanan interaktif mereka dengan calon pelanggan. Memiliki fitur otomatis dalam mengelompokkan pengunjung berdasarkan aktivitas visitor di website Anda, sehingga Anda lebih mudah dan cekatan untuk segera memenuhi kebutuhan mereka.

Search Engine Optimization tool

tools digital marketing yang paling utama

Sebagai Konten spesialis, tentu SEO atau search engine optimization merupakan aktivitas digital marketing yang paling banyak menyita perhatian. Memahami SEO akan membuat visitor website Anda menjadi ramai. Walaupun rumit, jika mengabaikan SEO artinya saat itu juga Anda sedang mengabaikan kompetitor website Anda. Urusan keyword misalnya, jika tidak relevan dengan apa yang Anda tawarkan, tentu akan berdampak buruk terhadap kualitas visitor Anda. Anda butuh tool ini, di antaranya yang bisa Anda coba ialah SEMrush, Ahref dan MOZ.

tools digital marketing

18. SEMrush

Ahref dan SEMrush merupakan tool sejenis yang hampir memiliki peran yang sama. Pilihan Anda mungkin jatuh pada tampilan yang subjektif. Intinya, kedua tools ini merupakan tool digital marketing yang paling banyak digunakan untuk memata-matai kompetitor yang relevan dengan konten Anda. Keyword apa saja yang meraka gunakan anda bisa meliat begitu terbuka dengan apliaksi ini. Setelah itu Anda juga disuguhkan saran keyword yang terbaik untuk Anda gunakan lengkap dengan informasi jumlah pencarian di saat orang lain sedang meraba-raba keyword secara manual yang terkesan sembarangan dan coba-coba. Tentu, dengan tool ini Anda tidak akan sembarangan menggunakan keyword ketika Anda membuat konten.

ahref tool digital marketing keyword

19. MOZ

Setelah memiliki SEMrush, maka sempurnalah SEO tool Anda dengan MOZ ini. Anda akan dibantu untuk memantau peringkat website Anda dan juga website kompetitor Anda. Saat ini peringkat website yang baik tertuju pada kualitas Domain Authority dan Page Authority. Untuk mengeceknya Anda bisa menggunakan MOZ.

MOZ tools digital marketing

20. Yoast SEO

Pengguna WordPress wajib install plugin digital marketing yang satu ini.Tools digital marketing ini akan mengarahkan Anda untuk mempublikasi artikel yang SEO oriented. Mengatur kadar kata kunci atau keyword density, skema untuk membuat snippet, peringatan konten duplikat, sitemap, hingga optimasi permalink.Yoast menggunakan Skala Flesch untuk membentuk badan artikel yang manusiawi dan readable bagi siapa saja. Seperti anda menulis sebuah artikel di samping seorang guru yang ahli betahun-tauhn dalam penulisan artikel.

Yoast Tool digital marketing

Anda hanya mengubah tanda (bulat merah) tersebut menjadi hijau sebagai pertanda bahwa artikel Anda menurut analisis Yoast SEO berkualitas. Artinya Anda ikuti saja perintah yang dijelaskan tiap poinnya.

Kesimpulan | Tools digital marketing

Anda butuh waktu ekstra untuk mempelajari 20 tool digital marketing tersebut. Jika tersedia kursus digital marketing tentu akan menyingkat waktu. Belum lagi biaya yang Anda keluarkan untuk akses premium. Tak bermasalah jika memang Anda ingin menjadi ahli dalam hal internet marketing. Namun jika Anda hanya ingin berdagang saja dan fokus pada perkembangan produk Anda. Maka sebaiknya Anda serahkan kepada ahlinya. Kabar baiknya, kami memiliki tim yang telah bertahun-tahun berdedikasi dalam menangani klien digital Marketing. Tim kami ahli dalam hal Digital Marketing.

KLIK …. Untuk Cek harga Jasa Digital Marketing SEKARANG!!

hamdanhaddo

Penulis aktif di Satelitweb.com

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]