...

WordPress.com vs WordPress.org. Apa Perbedaannya?


Tulisan kali ini dibuat karena masih banyak yang bingung dan bertanya kepada Satelitweb, khususnya sebelum membeli domain dan web hosting yang akan digunakan untuk CMS WordPress, mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, maka berikut ini Satelitweb informasikan penjelasan lengkapnya melalui artikel kali ini.

WordPress.com dan WordPress.org adalah dua platform yang berbeda namun memiliki rahim atau asal-usul yang sama, yaitu WordPress, salah satu content management system (CMS) paling populer di dunia untuk membuat dan mengelola website dan blog. Sekilas tampak sama, tapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi fungsionalistas dan kontrol.

Berikut adalah perbandingan antara keduanya beserta kelebihan dan kekurangannya.

WordPress.com

WordPress.com untuk blog

WordPress.com adalah layanan hosting yang disediakan oleh Automattic, perusahaan di balik pengembangan WordPress. Platform ini menawarkan berbagai paket hosting, mulai dari gratis hingga berbayar, yang memungkinkan pengguna untuk membuat website dengan mudah tanpa perlu khawatir tentang aspek teknis hosting.

Beberapa fitur utama WordPress.com meliputi:

  • Sudah Termasuk Hosting: WordPress.com menawarkan hosting langsung, sehingga kamu sebagai pengguna tidak perlu repot mengelola hosting sendiri. Situs yang dibuat di WordPress.com di-host secara otomatis oleh platform ini.
  • Pilihan Paket Berbayar: WordPress.com memiliki beberapa paket berbayar yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur tambahan seperti domain kustom, pemulihan otomatis, dan dukungan prioritas.
  • Kontrol Terbatas: meskipun mudah digunakan, WordPress.com memiliki batasan dalam hal kontrol. Pengguna tidak memiliki akses ke file inti WordPress atau kemampuan untuk menginstal plugin atau template khusus.
  • Keamanan Otomatis: WordPress.com secara otomatis mengelola keamanan website penggunanya, termasuk update perangkat lunak yang teratur dan pemantauan keamanan terus menerus.

Baca Juga: Cara Mudah Backup WordPress di cPanel Hosting

Dari poin-poin di atas, sekarang Satelitweb rangkum kekurangan dan kelebihannya.

Kelebihan:

  • Mudah Digunakan: WordPress.com adalah pilihan yang baik untuk pemula karena antarmuka pengguna yang ramah dan proses setup yang mudah.
  • Tidak Memerlukan Pengelolaan Hosting: dengan hosting yang disediakan oleh WordPress.com, kamu tidak perlu khawatir tentang masalah teknis terkait hosting.
  • Keamanan otomatis: WordPress.com secara otomatis mengelola keamanan situsmu, termasuk pembaruan perangkat lunak yang teratur dan pemantauan keamanan.

Kekurangan:

  • Kontrol Terbatas: keterbatasan dalam pengelolaan dan kontrol situs dapat menjadi masalah bagi pengguna yang ingin memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam mengelola situsmu.
  • Biaya: sementara WordPress.com menawarkan rencana gratis, fitur-fitur kunci sering kali tersedia hanya dalam paket berbayar, yang bisa menjadi mahal bagi pengguna yang membutuhkan fitur tambahan.

WordPress.org

WordPress.org adalah versi self-hosted dari WordPress, yang berarti kamu harus mengelola web hosting sendiri atau menggunakan layanan hosting pihak ketiga, misalnya hosting di Satelitweb untuk menjalankan platform WordPress. Di Satelitweb, sudah ada hosting khusus untuk WordPress, paket cloud hosting WordPress yang disediakan hanya untuk CMS WordPress.

Fitur-fitur utama dari WordPress.org termasuk:

  • Self-Hosting: dengan WordPress.org, kamu memiliki kontrol penuh atas hosting kamu sendiri atau dapat memilih layanan hosting dari penyedia pihak ketiga.
  • Kontrol Penuh: dibandingkan dengan WordPress.com, WordPress.org memberikanmu kontrol penuh atas websitemu. Kamu memiliki akses ke semua file WordPress dan dapat menginstal plugin dan tema template apa pun.
  • Gratis dan Open Source: perangkat lunak WordPress.org gratis untuk diunduh dan digunakan oleh siapa pun. Ini juga open source, yang berarti kamu dapat mengedit kode sumbernya sesuai kebutuhanmu.
  • Akses ke Plugin dan Tema: dengan ribuan plugin dan template desain yang tersedia dan siap pakai, kamu sebagai pengguna WordPress.org memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan website sesuai kebutuhan.

Dari poin yang sudah dijelaskan di atas, sekarang Satelitweb rangkum kekurangan dan kelebihannya.

Kelebihan:

  • Kontrol Penuh: dengan kontrol penuh atas situsmu, kamu memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan situs kamu sesuai keinginanmu.
  • Akses ke Plugin dan Tema: dengan ribuan plugin dan tema yang tersedia, kamu bisa menyesuaikan situs kamu sesuai kebutuhan kamu.
  • Skalabilitas: WordPress.org dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan kamu saat situs kamu berkembang.

Kekurangan:

  • Memerlukan Pengelolaan Hosting: kamu wajib mengelola hostingmu sendiri atau menggunakan layanan hosting pihak ketiga, yang dapat membutuhkan tingkat pengetahuan teknis yang lebih besar.
  • Tidak Ada Dukungan Langsung: WordPress.org tidak menawarkan dukungan langsung. Kamu harus mengandalkan forum online atau sumber daya lainnya untuk mendapatkan bantuan atau ngulik-ngulik.

Baca Juga: Cara Mudah Update Plugin di WordPress

Semoga tulisan perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org ini menjawab pertanyaan teman-teman semua.

Sekarang, dengan kamu memahami perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org serta fitur-fitur unik yang ditawarkan, kamu bisa memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu dalam membuat situs web atau blog.

Untuk memilih antara WordPress.com dan WordPress.org, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan tingkat kenyamanan kamu dengan pengelolaan teknis. Jika kamu lebih mencari kemudahan penggunaan dan tidak ingin direpotkan mengenai hal teknis seperti hosting, WordPress.com mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Namun, jika kamu menginginkan lebih ke profesional, kontrol penuh dan fleksibilitas dalam mengelola website kamu yang bisa dicustom sesuai keinginan kamu, WordPress.org mungkin lebih sesuai.

Jika kamu ingin membuat CMS WordPress sesuai dengan kemauanmu sendiri, WordPress.org bisa kamu pilih, dan kamu bisa memesan web hosting khusus WordPress di Satelitweb

Selamat memilih, semoga bermanfaat dan terima kasih.

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.