Memahami dan Mengenal Bare Metal Server Cloud: Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

  • Home
  • Artikel
  • Memahami dan Mengenal Bare Metal Server Cloud: Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya
bare metal server

Mungkin teman-teman saat ini masih ada yang bingung tentang apa itu bare metal, bagaimana cara kerjanya, dan apa bedanya dengan dedicated server? Silakan simak artikel Satelitweb ini sampai tuntas untuk mengetahuinya.

Sekarang ini telah dikenal luas sebuah teknologi komputasi awan atau yang biasa dikenal dengan cloud computing. Sebuah teknologi yang menyimpan berbagai sumber daya melalui internet seperti penyimpanan data, server, database, jaringan hingga perangkat lunak.

Jika membahas cloud computing, tentu Anda juga akan menemukan istilah bare metal. Apa itu bare metal server?

Memahami Apa Itu Bare Metal Server

Berkembangnya cloud computing menghasilkan inovasi-inovasi baru di bidangnya. Semakin canggih teknologi, tentu pengguna menginginkan adanya peningkatan performa server yang lebih baik.

Bare metal server adalah sebuah layanan cloud publik di mana pengguna menyewa sumber daya perangkat keras khusus dari penyedia layanan virtual. Pengguna layanan bare metal server tidak perlu khawatir akan adanya gangguan dari user lain, karena server yang dimiliki tidak dapat dibagi dengan pengguna lain.

Adanya pemisahan ini membuat pengguna bare metal server terbebas dari efek “gangguan tetangga” yang mungkin saja terjadi dalam ekosistem virtual. Pemilik server ini memiliki kontrol penuh atas servernya dan tidak perlu berbagi sumber daya perangkat kerasnya untuk pengguna lain.

Dengan demikian, bare metal server dapat menciptakan lingkungan virtual yang stabil dan sempurna untuk memproses data dalam jumlah besar.

Cara Kerja Bare Metal Server

Bare metal bekerja sebagai layanan Infrastructure as a Service (IaaS) yang menggabungkan dedicated server hardware dengan data centre networking storage. Sederhananya, bare metal bekerja sebagai server yang memadukan server fisik dengan karakteristik single tenant di mana pengguna dapat bebas mengoptimasi performanya tanpa ada gangguan dari aktivitas pengguna lain, mirip seperti dedicated server, hanya Anda yang menggunakan server tesebut.

Bare metal bekerja tanpa berbagi resource atau sumber daya dengan pengguna lain, sehingga kualitas performa dan keamanan server tidak dapat diragukan lagi. Bagi Anda yang memiliki bisnis atau layanan hosting dengan workload tinggi, bare metal server cocok untuk Anda.

Kelebihan tersebut membuat pengguna dapat mengontrol resource seperti RAM dan CPU dari server fisik yang akan digunakan. Selain kedua hardware tersebut, pengguna bare metal juga dapat dengan leluasa menggunakan sistem operasi dan membagi server utama ke dalam berbagai server sesuai kebutuhan.

bare metal server adalah

Dalam praktiknya, bare metal server cukup sederhana. Komponen mereka terdiri dari satu atau beberapa rak yang diisi oleh node yang dapat memenuhi permintaan manajemen data perusahaan tempat server diinstal.

Model manajemen data ini mengutamakan kesederhanaan, keandalan dan skalabilitas, sehingga menjadikan bare metal server sempurna untuk perusahaan dengan workload server yang tinggi.

Mengapa Bare Metal Server Direkomendasikan?

Berikut adalah lima alasan mengapa bare metal server direkomendasikan:

  1. Dapat disesuaikan

Bare metal server sangat mudah disesuaikan dan dioptimasi sesuai dengan keinginan pengguna. Pengguna memiliki akses root ke server yang dimiliki. Fitur ini juga dapat Anda manfaatkan untuk membagi sumber daya server menjadi beberapa mesin virtual.

  1. Kinerja

Alasan lain mengapa bare metal server lebih direkomendasikan dibanding dengan server bersama atau server VPS adalah kinerjanya yang unggul, di mana semua sumber daya server hanya dikelola dan digunakan untuk satu penyewa. Di sisi lain, menggunakan server secara pribadi juga akan meningkatkan kinerja server Anda seperti dalam hal kecepatan.

  1. Keamanan

Bare metal server menawarkan keamanan yang lebih baik. Server akan melindungi seluruh data pengguna sehingga minim terjadinya peretasan data. Dengan tambahan konfigurasi firewall khusus, Anda dapat menyesuaikan pengaturan firewall sesuai dengan kebutuhan tanpa memengaruhi penyewa lain.

  1. Dukungan

Karena sifat bare metal server yang dapat disesuaikan dan harganya relatif tinggi dibanding dengan VPS atau share hosting, penyedia hosting biasanya memiliki tim khusus untuk mengelola server ini. Seiring dengan dukungan 24/7, pemecahan masalah yang mungkin muncul dari konfigurasi khusus menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Fungsi dan Manfaat Bare Metal Server

Bare metal server memiliki beberapa fitur yang berbeda, selain keuntungan yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa fungsi dan manfaat bare metal server yang perlu Anda ketahui:

  • Lifecycle Management
  • Hardware management pre-build IT architecture
  • Certified staff maintaining untuk komponen hardware yang berbeda
  • Proven/tested installations
  • Repair and availability Service Level Agreements (SLA)

Bare metal merupakan sebuah inovasi yang menarik untuk dipelajari dan diterapkan. Bare metal hadir sebagai sebuah solusi efektif untuk mengatasi workload tinggi yang dapat menurunkan performa.

Bare metal server memiliki beberapa fitur dan fungsi yang bermanfaat bagi perusahaan, di antaranya:

  1. Kemampuan penyesuaian. Bare metal dapat Anda sesuaikan dengan spesifikasi unik sesuai kebutuhan penggunanya.
  2. Sumber daya khusus. Resource yang dimiliki oleh bare metal server memungkinkan komputasi bekerja dengan performa yang baik. Tidak ada virtualisasi yang digunakan dan tidak ada overhead hypervisor. Seluruh sumberdaya didedikasikan untuk satu aplikasi.
  3. Keamanan. Fitur enkripsi end-to-end dapat diintegrasikan dengan mudah.
  4. Kontrol perangkat keras. Pengguna dapat sepenuhnya mengontrol perangkat keras yang dimiliki.
  5. Prediktabilitas biaya. Menggunakan server khusus artinya terdapat kemungkinan biaya-biaya lain yang harus disiapkan. Penyedia layanan bare metal server umumnya menyediakan layanan bundling server dengan bandwidth, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan  biaya tambahan untuk alokasi bandwidth.
  6. Akses root. Bare metal server memiliki fitur akses root yang memungkinkan Anda untuk mengatur administrasi tanpa batas.

Bare metal server terus menjadi bagian penting dari banyak sistem teknologi dan informasi dalam sebuah bisnis.

Bare metal mewakili puncak teknologi saat ini. Pada akhirnya, perusahaan yang berkembang harus mulai memikirkan bare metal sebagai solusi penyimpanan dan transportasi data jangka panjang. Hal tersebut tercermin pada fungsi dan fitur-fitur yang dimiliki bare metal server lebih unggul dibandingkan dengan server atau komputasi lain.

Lalu Apa Perbedaan Bare Metal dengan Dedicated?

Untuk Anda user yang sering atau terbiasa menggunakan Dedicated Server sebelumnya mungkin akan bertannya seperti itu, untuk lebih jelasnya, Anda bisa menonton video yang disampaikan oleh Bradley Knapp selaku Product Manager dari perusahaan IBM Cloud, Anda akan segera mengetahui perbedannya.

Demikian pengertian dari apa itu bare metal server, cara kerja, fungsinya dan perbedannya dari Satelitweb, semoga dapat menjadi manfaat untuk Anda.

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]