...

Butuh Domain Gratis? Ini 5 Penyedia Nama Domain Gratis 2024

  • Home
  • Artikel
  • Butuh Domain Gratis? Ini 5 Penyedia Nama Domain Gratis 2024

Mungkin saat ini Anda akan membuat website dengan domain sendiri tapi tidak mau mengeluarkan uang sama sekali untuk membeli nama domainnya. Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat! Setelah membaca artikel Satelitweb ini, Anda akan mengetahui tempat untuk mendapatkan nama domain gratis plus tutorial cara mendapatkannya yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat website.

Mengapa Memiliki Domain Sendiri Penting?

Sebelum kita mulai dengan daftar penyedia domain gratis, mari kita pahami mengapa memiliki domain sendiri itu penting. Memiliki domain yang sesuai dengan bisnis, blog, atau portofolio Anda memberikan kesan profesional dan mudah diingat bagi pengunjung situs web Anda. Doamin sendir juga penting untuk memiliki alamat email khusus dengan nama domain Anda yang bisa meningkatkan kesan profesional.

Tentu saja, nama domain gratisan memiliki banyak kekurangan, oleh karena itu, jika Anda ingin membuat website profesional, disarankan menggunakan nama domain premium .com, co.id, .net, .my.id atau lainnya yang lebih aman dan kredibel. Nama domain gratisan kurang cocok untuk bisnis atau untuk digunakan sebagai mencari uang di internet. Nama domain gratisan ini hanya cocok untuk Anda yang sedang coba-coba dan belajar. Sekedar informasi, saat ini, nama domain .com juga sudah sangat murah dengan harga ratusan ribu untuk 1 tahunnya, setara dengan pengeluaran 1 kali makan bakso atau nongkrong di warung kopi.

Tapi jika memang belum mau mengeluarkan uang dengan berbagai pertimbangan, dan memang saat ini yang Anda butuhkan domain gratisan, berikut informasi lengkapnya:

Daftar Penyedia Domain Gratis

1. Freenom Domain Gratis

Apa itu Freenom? Namanya terkenal dengan penyedia domain gratisan, domain yang disediakan cukup banyak, namun dengan ekstensi seperti .tk, .ml, .ga, .cf, dan .gq secara gratis. Untuk mendapatkan domain gratis dari Freenom ini, Anda tidak perlu membayar biaya tahunan, sehingga Freenom banyak diminati untuk urusan domain gratis.

Anda tinggal memilih nama domain yang disediakan di Freenom sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, .tk sering digunakan untuk proyek pribadi atau blog, sementara .ml dan .ga bisa cocok untuk bisnis kecil atau organisasi nirlaba.

2. Biz.nf Gratis Domain Tanpa Bayar

Biz.nf adalah penyedia layanan web hosting dan domain gratis yang patut Anda lirik, ekstensi gratis yang disedikan biz.nf adalah .co.nf. Anda tidak perlu membayar biaya langganan tahunan untuk domain ini, cocok untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk domain sendiri.

Proses pendaftaran domain di Biz.nf cukup sederhana dan cepat. Anda hanya perlu membuat akun, memilih domain yang diinginkan, dan konfirmasikan pendaftaran. Dalam waktu singkat, Anda sudah bisa memiliki domain sendiri untuk mulai membuat website.

Baca Juga: Mau Web Hosting Gratis untuk Membuat Website? Simak Ini Dulu!

Namun, penting untuk diingat bahwa ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan layanan domain gratis seperti yang ditawarkan oleh Biz.nf. Salah satunya adalah bahwa domain-domain gratis ini mungkin memiliki keterbatasan dalam hal fungsionalitas dan dukungan teknis dibandingkan dengan domain premium berbayar. Selain itu, Anda mungkin akan berurusan dengan iklan atau batasan lain yang diberlakukan oleh Biz.nf sebagai imbalannya.

3. Dot.tk Domain Gratis 100% .ML .CF .TK .GA .GQ

Penyedia domain gratis lainnya adalah dot.tk yang menawarkan domain .tk secara cuma-cuma. Anda tidak perlu membayar sama sekali untuk biaya langganan tahunannya.

Proses pendaftaran domain di Dot.tk juga cukup mudah dan cepat. Anda hanya membuat akun, memilih domain yang diinginkan, dan mengonfirmasi pendaftarannya. Dalam waktu yang cepat, Anda sudah bisa memiliki domain sendiri secara gratisan untuk membuat website.

Namun, sekali lagi penting untuk diingat bahwa ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan layanan domain gratis seperti yang ditawarkan oleh Dot.tk. Salah satunya adalah bahwa domain-domain gratis ini mungkin memiliki reputasi yang kurang baik di mata mesin pencari dan kurang memberikan kesan profesional untuk Anda apalagi untuk bisnis Anda. Selain itu, ada juga batasan pada kontrol dan fungsionalitas yang tersedia bagi pemilik domain gratis dibandingkan dengan mereka yang membeli domain premium.

4. Biz.ly

Biz.ly juga penyedia domain gratis yang menjadi pilihan populer bagi banyak orang dan organisasi yang ingin membuat website tanpa harus mengeluarkan uang. Ekstensi domain yang ditawarkan adalah “.biz.ly” yang bisa Anda dapatkan tanpa biaya langganan tahunan.

Seperti penyedia domain gratis lainnya, proses pendaftaran domain di Biz.ly cukup simpel dan cepat. Anda hanya perlu membuat akun, memilih domain yang diinginkan, dan mengonfirmasi pendaftarannya. Dalam waktu cepat, Anda sudah memiliki domain sendiri untuk keperluan bisnis online.

5. Names.co.uk Domain .co.uk Gratis

Selanjutnya ada Names.co.uk sebagai penyedia layanan web hosting dan domain yang menyediakan juga domain gratis dengan beberapa paket hosting tertentu. Anda bisa memilih dari berbagai ekstensi domain yang tersedia, seperti .co.uk, .uk, .me.uk, dan banyak lagi.

Proses pendaftaran domain juga tidak rumit, umumnya pendaftaran domain di tempat lainnya, di Names.co.uk juga relatif mudah dan cepat. Anda membuat akun, lalu memilih domain yang diinginkan, dan mengonfirmasi pendaftarannya. Setelah itu, tidak menunggu lama domain Anda aktif.

Baca Juga: Tips Memilih Nama Domain yang Bagus

Tetapi seperti penyedia domain gratisan, meskipun layanan domain gratis dari Names.co.uk menggiurkan, penting untuk tetap memperhatikan beberapa keterbatasan yang mungkin diberlakukan. Beberapa paket hosting gratis mungkin memiliki batasan dalam hal fungsionalitas atau ruang penyimpanan yang tersedia. Selain itu, pengguna perlu mempertimbangkan upgrade ke paket hosting berbayar untuk mendapatkan fitur tambahan dan dukungan teknis yang lebih baik.

Setelah mengetahui 5 penyedia nama domain gratis, sekarang Satelitweb akan mencontohkan bagaimana cara daftarnya untuk mendapatkan domain gratis.

Tutorial: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Domain Gratis

Pada umumnya, langkah-langkah untuk mendaftar dan mendapatkan nama domain gratis itu hampir mirip. Berikut Satelitweb contohkan langkah-langkah cara mendapatkan nama domain gratis.

Langkah 1: Pilih Penyedia Domain

Pilih salah satu dari penyedia domain gratis yang telah disebutkan di atas, Satelitweb mencontohkan di biz.nf

Langkah 2: Periksa Ketersediaan Nama Domain

Gunakan kotak pencarian di situs web penyedia domain untuk memeriksa ketersediaan nama domain yang Anda inginkan.

Langkah 3: Proses Pendaftaran

Jika tersedia, tambahkan nama domain yang tersedia dengan klik Register Now untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Nantinya Anda akan diminta data diri termasuk email dan telpon.

Centang bagian yang dilingkari seperti gambar di atas.

Langkah 4: Konfigurasi Domain
Setelah pendaftaran selesai, konfigurasikan domain Anda dengan mengatur DNS dan mengarahkannya ke platform hosting atau situs web Anda.

Langkah 5: Kelola Domain Anda

Gunakan panel kontrol atau contorl panel yang disediakan oleh penyedia domain untuk mengelola dan mengubah pengaturan domain Anda sesuai kebutuhan, misalnya DNS.

Nah, itulah tadi cara daftar untuk mendapatkan domain gratis, untuk mendaftar di tempat lainnya pada dasarnya tidak jauh berbeda, silakan Anda coba-coba sendiri. Setelah Anda mengetahui tempat penyedia nama domain gratis dan cara mendaftarnya, sekarang ada baiknya Anda juga memahami kelebihan serta kekurangan nama domain gratis, dan hal apa saja yang perlu Anda pertimbangkan.

Kelebihan Domain Gratis untuk Anda:

  • Tanpa Bayar: salah satu keuntungan utama menggunakan domain gratis adalah tidak adanya biaya langganan tahunan. Ini memungkinkan individu dan organisasi dengan anggaran terbatas untuk membuat website tanpa harus mengeluarkan banyak uang.
  • Mudah Digunakan: proses pendaftaran dan pengelolaan domain gratis seringkali sederhana dan mudah dipahami. Ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pemula atau Anda yang tidak memiliki pengalaman teknis yang mendalam.
  • Cepat Dionlinekan: dengan domain gratis, Anda dapat meluncurkan situs web Anda dengan cepat dan tanpa terhambat biaya. Ini memungkinkan Anda untuk memulai proyek online Anda dengan segera tanpa menunggu pembayaran domain atau proses pembayaran.
  • Pilihan Fleksibel: meskipun ada batasan, beberapa penyedia domain gratis menawarkan pilihan ekstensi domain yang cukup leluasa. Ini memungkinkan Anda untuk memilih domain yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Kelemahan Domain Gratis

  1. Tidak Profesional
    Domain gratis cenderung memberikan kesan kurang profesional daripada domain berbayar. Pengunjung website Anda mungkin kurang percaya pada bisnis Anda jika menggunakan domain gratis, karena cenderung dianggap sebagai situs latihan atau percobaan, dan terkesan becanda apalagi jika digunakan untuk bisnis atau personal branding yang serius.
  2. Kurang Fleksibel
    Penyedia domain gratis sering kali memiliki batasan tertentu, seperti batas transfer data atau iklan yang tidak diinginkan yang dapat muncul sangat mengganggu di situs Anda. Ini dapat mengganggu pengalaman pengguna dan membatasi kemampuan Anda untuk mengembangkan situs web Anda sesuai kebutuhan Anda.
  3. Kurang Keamanan dan Dukungan
    Penyedia domain gratis mungkin tidak menawarkan tingkat keamanan dan dukungan yang sama dengan penyedia domain premium berbayar. Ini dapat meninggalkan situs web Anda rentan terhadap serangan dan masalah teknis, tanpa dukungan yang memadai untuk mengatasinya.
  4. Resiko Domain Anda Tidak Bisa Diakses
    Kasus yang sering terjadi adalah, penyedia domain gratis berhak untuk semena-mena mengubah kebijakannya, hari ini domain Anda bisa terakses, belum tentu bulan depan atau tahun depan masih terakses, sayang sekai website yang sudah Anda bangun dan promosikan capk-capek tak dapat diakses begitu saja, itu karena penyedia bisa berganti model bisnis, mengubah kebijakan kapan saja atau mereka menutup layanan.

Mengapa Memilih Domain Premium Berbayar Lebih Baik?

  1. Keseriusan dan Profesionalitas
    Menggunakan domain premium berbayar menunjukkan keseriusan dan profesionalitas bisnis Anda kepada pengunjung situs web. Ini memberikan kesan yang lebih positif dan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek Anda.
  2. Fleksibilitas dan Kontrol Penuh
    Dengan domain berbayar, Anda memiliki fleksibilitas dan kontrol penuh atas situs web Anda. Anda dapat mengatur dan menyesuaikan situs web Anda sesuai keinginan Anda tanpa batasan dari penyedia domain.
  3. Dukungan dan Keamanan Terjamin
    Penyedia domain premium biasanya menawarkan tingkat dukungan dan keamanan yang lebih tinggi. Anda dapat mengandalkan dukungan teknis yang profesional dan perlindungan keamanan yang kuat untuk menjaga situs web Anda tetap aman dan berjalan lancar.
  4. Bisa Diandalkan untuk Bisnis Jangka Panjang
    Umumnya domain gratis memiliki website berganti-ganti, misalnya Anda menggunakan domain gratis saat ini di 5 situs yang disebutkan di atas, tahun depan atau beberapa tahun mendatang, belum tentu situs tersebut masih eksis, ada yang mengganti domainnya. Nah, tentu situs yang sudah Anda buat dengan domain gratis juga berdampak karena domian tidak bisa terakses. Oleh karenanya, jika Anda ingin memiliki situs website atau blog jangka panjang, tidak disarankan menggunakan domain gratisan. .

Siap Menggunakan Domain Gratis Sendiri?

Memiliki domain sendiri adalah langkah penting untuk membuat website. Dengan memanfaatkan layanan penyedia domain gratis yang telah disebutkan dan mengikuti langkah-langkah tutorial Satelitweb di atas, Anda dapat dengan mudah mendapatkan domain yang Anda impikan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Jadi, jangan ragu untuk memulai langkah pertama menuju keberhasilan online Anda.

Jika Anda ingin lebih serius dan memiliki nama domain sendiri dengan aman dengan fitur kontrol penuh, pilih nama domain .com dan ekstensi lainnya di Satelitweb yang merupakan penyedia domain premium berbayar yang menawarkan harga terjangkau dan layanan berkualitas tinggi dengan pengalaman puluhan tahun menyediakan nama domain.

Dengan memilih domain premium berbayar dari Satelitweb, Anda dapat memastikan situs web Anda mendapatkan perhatian dan dukungan yang pantas. Jadi, untuk memastikan kesuksesan bisnis Anda secara online, lebih baik pilih domain premium berbayar yang menawarkan profesionalitas, fleksibilitas, dan dukungan yang Anda butuhkan ketimbang coba-coba habis tenaga dan waktu untuk domain gratis. Toh, harga domain premium berbayar .com saja untuk saat ini sudah murah sekali untuk 1 tahunnya, sama dengan biaya makan bakso dan ngopi 1 kali.

Tonton Juga Video yang Relevan untuk Topik Domain Gratis Ini

Terima kasih serta semoga bermanfaat.

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.