Begini Cara Temukan Nama Domain Bagus, Unik dan Menarik

  • Home
  • Branding
  • Begini Cara Temukan Nama Domain Bagus, Unik dan Menarik
cara mencari nama domain yang bagus

Cara Mencari Nama Domain yang Bagus

Untuk menemukan cara mencari nama domain yang bagus, unik dan menarik. Ada baiknya terlebih dahulu Anda kosongkan ide-ide yang sempat terpikirkan yang membuat pikiran Anda terkontaminasi lalu pusing. Dan mari kita tarik nafas yang dalam dan memulai tahap untuk menemukan domain impian Anda dari dasar. Pastikan Ada segelas air di samping Anda untuk mendukung konsentrasi Anda dalam memahami langkah-langkah berikut dan di akhir pembahasan dapat mengambil keputusan final yang melahirkan ide cemerlang dari nama domain Anda. Setidaknya ada 8 langkah Utama, yakni:

Lihat Videonya: 

 

1. Mulai dari Kata Kunci yang Ingin Anda Bidik

Blogger menyebutnya “Keyword On domain”. Misalnya Anda ingin menjual Nastar. Maka keyword on domainnya bisa saja lansung Nastar.com, tapi bila sudah ada yang memiliki, maka Anda bisa menggunakan keyword turunan dan spesifik. Untuk mengetahui keyword turunan tersebut, anda tidak perlu tergesa-gesa menggunakan tool atau software. Anda cukup menuliskan Nastar di kolom pencarian google. Jangan tekan enter, biarkan sugesti keyword muncul dengan otomatis seperti ini:

cara mencari domain yang bagus

Boomm!!! … Anda bisa gunakan beberapa keyword tersebut untuk dijadikan domain. Misalnya nastarkeju.com. Nastarcoklat.com dan berikutnya.

“tapi.. saya kan gak jual nastar keju mas, tapi jual nastar madu”

Yasudah, nastarmadu.com saja. Bila sudah ada yang ambil maka, coba gunakan kata awalan atau akhiran seperti nastarmadumurah.com, Nastarmadusehat.com, nastarmaduku.com, tokonastarmadu.com dan lain-lain. Tapi keyword sperti itu tidak terlihat sisi Brand nya, susah untuk dikembangkan ke inovasi yang lain.

 

2. Brandable

Google, yahoo, bing, amazon, Lazada… adalah domain yang memuat sisi brandable. Nama tersebut berasal dari istilah yang hanya pendirinya saja yang tahu, kadang spontanitas.

Anda tidak perlu seekstrim mereka dalam membangun sebuah Brand. Setidaknya nama domain Anda juga memuat kata kunci produk. Contoh Traveloka, Shope, Tokopedia, Satelitweb. Nama-nama domain tersebut disamping ada kata unik, tapi juga memuat keyword produk.

Untuk topik Nastar misalnya, bayangkan saja ada orang mencari kue Nastar. Lalu mendapatkannya di google ada 8 daftar website. 4 diantaranya keyword on domain misalnya kuenastar.com, kuenastarlembut.com, kuenastarmurah.com, jualkuenastar.com, Lalu dalam daftar tersebut juga terdapat 4 domain yang memuat nama unik seperti RatuNastar.com, NastarLegito.com, NastarYami.com NastarUlala.com.

Maka, yang akan tersimpan lebih lama dan unik dalam ingat pelanggan adalah nama domain yang disisipi kata unik tersebut (Ratu, Legito, Yami dan Ulala). Dan Sangat brandabel lagi bila didukung pembuatan website yang unik juga. Beserta logo atau maskot yang pasti keren bila dilihat di pakaian. Sementara kuenastar, kuenastarlembut, kuenanstarmurah, jualkuenastar hanyalah keyword yang bisa dioptimasi di kemudian hari. Sangat tidak brandable, susah dibikinin bentuk logonya, dan tidak mencerminkan keunikan.

Bayangkan saja kalau dibuatkan yel-yel seperti ini:

.. “Kuenastarenak… tempatnya kue nastar enak”..

Bandingkan dengan yel-yel seperti ini:

…”NastarUlala….. tempatnya kue nastar enak”…

Jelaskan bedanya……

 

3. Prioritaskan Ektensi TLD (.com)

Ini tidak bisa digangggu gugat. Belum ada ektensi yang mampu menyaingi nilai tinggi dan kepopuleran domain .com (dot com).  Ektensi .com masih termasuk ke dalam domain murah.Ketika meminta seseorang mengetikkan NastarUlala di kolom pencarian. Sudah pasti insting mereka mengarah ke nama domain NastarUlala.com. Bahkan ketika di kolom pencarianpun juga ada NastarUlala.net, nastarulala.org atau nastarulala.info, dipastikan yang berektensi .com lah yang pertama ia klik.

 

4. Buatlah Mudah untuk Diketik

Untuk cara mencari nama domain yang bagus berikutnya adalah jangan memberikan kesulitan kepada pelanggan dalam mengetik nama Domain Anda. Pastikan mudah dibaca, di ucapkan dan ditulis. Malas membeli, mengunjungi bisa berawal dari malas menuliskan nama domain yang sulit. Ini tidak berlaku bila konten/ produk hanya Anda yang miliki satu-satunya di Dunia ini.

 

5. Targetkan agar Domain Tersebut nantinya Bisa Berkesan

Entah Domain untuk website, tokoonline maupun domain untuk blog. Domain unik pastilah akan meninggalkan kesan. Ia berasal dari istilah-istilah yang familiar dan terbiasa diucapkan dari mulut ke mulut. Kemudian menjadi awalan atau akhiran domain, sekaligus mewakili nilai/ kualitas produk. Seperti kata Ulala, Wow, Top,  Pedia, Klik, Galeri, Perkasa, Go, Solusi, Raja, Ratu, Oke, Kriuk, dan lain-lain.Tidak ada rasa khawatir tentang rumitnya struktur kata dan abjad yang dieja dari domain tersebut. Domain yang unik pada puncaknya nanti tidak terlalu banyak melibatkan biaya periklanan yang tinggi. Karena akan dilanjutkan oleh iklan gratis tanpa sepengetahuan Anda, yakni iklan dari “mulut ke mulut

 

6. Usahakan Pendek saja.

Domain yang pendek akan bermanfaat ketika ditulis. Ini adalah salah satu cara mencari nama domain yang bagus. Pelanggan senang ketika mereka hanya mengetik beberapa kata. Dua kata kata saja. Bahkan, Satu kata saja sebenarnya cukup. Itu bila Anda benar-benar memiliki tim yang serius untuk membangun sebuah Brand. Dan Anda siap bertaruh untuk membangun beberapa makna dari satu kata agar nantinya bisa mewakili beberapa keywod produk yang ditawarkan.

 

7. Menciptakan Asumsi

Ketika pelanggan mengetik atau mengklik sebuah nama domain saat ia mencari suatu produk. Tentu mereka memberikan asumsi terhadap daftar website yang ia lihat. Di halaman page one google, banyak nama website yang berbeda namun menjual satu jenis produk. Buatlah Domain yang mengandung asumsi yang tinggi, agar ekspektasi pelanggan benar ketika mengklik satu saja nama website. Mana mungkin orang mau mengklik nama website popok.com ketika ia ingin mencari switer bayi misalnya. Masih mending keperluanbayi.com. Walau nyatanya website tersebut belum menjual switer. Tapi iklan selalu saja begitu, kadang muncul keterkaitan.

Bagaimana dengan Amazon, Trulia, Google dan Trivago? Iya,, mereka terdengar berkesan sekali, tapi faktanya dibutuhkan lebih banyak pemasaran dan branding untuk membuatnya terkenal. Sementara, Samsung.com, Nokia.com, Traveloka.com, Tokopedia.com mengandung asumsi yang sesuai ekspektasi pelanggan terhadap produk tertentu.

 

8. Jangan Terpengaruh Trend

Jika ketertarikan Anda pada aksesoris cincin misalnya. Maka cara mencari nama domain yang bagus ketika cincin batu akik menjadi trend, adalah dengan menghindari memilih domain spesifik trend, cincinbatuakik.com misalnya. Tapi, fokuslah tentang keluasan produk cincin. Karena trend biasanya hanya musiman. Ketika kemampuan menjual cincin dan wawasan produk sudah matang, cobalah menggunakan nama domain yang sedikit umum. Misalnya Rajacincin.com, galericincin.com, cincinpedia.com . contoh domain tersebut tidak terkait dengan produk musiman untuk satu jenis cincin, melainkan nanti akan mewakili trend cincin berikutnya. Misalnya cincin titanium, palladium, cincin couple atau bahkan cincin tungsten.

Selain Bagus, dan unik, Murah juga harus dong.. Baca: Domain Murah Untuk Blog

 

Kesimpulan dari Cara Mencari Nama Domain yang Bagus

Tujuan utama dalam Memilih domain adalah membangun brand yang mampu mewakili kualitas dan ketersediaan produk yang Anda miliki, serta memudahkan pelanggan menemukan Anda kembali. Ibarat toko konvensional. Tentu akan mudah bila lokasi anda berada di alamat yang mudah diucapkan, mudah dihapal, mudah ditemukan, dan tidak membingungkan. Apalagi ketika calon pengunjung sedang malas membuka aplikasi google map, atau smartphone mereka sedang kahabisan baterai di jalan.

Baca juga Wawasan tambahan tentang istilah siklus domain, dari awal muncul hingga terhapusnya :Inilah Siklus Hidup Nama Domain di Internet

hamdanhaddo

Penulis aktif di Satelitweb.com

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]