Inilah Siklus Hidup Nama Domain di Internet

Inilah Siklus Hidup Nama Domain di Internet

siklus hidup nama domain

Siklus Hidup Nama Domain. | Mungkin Anda pernah mengalami perasaan kesal, jengkel, kecewa, marah karena nama domain kesayangan Anda yang pernah Anda urus dengan serius hingga menghasilkan pendapatan yang tinggi di internet untuk Anda, ternyata sudah dihapus atau berpindah tangan ke orang lain.

Ketika itu terjadi, jangan buru-buru menyalahkan registrar atau penyedia nama domain, karena kesalahannya bisa jadi ada pada diri Anda yang lupa atau terlalu sibuk sehingga tak sempat mengecek email pemberitahuan renewal atau pepanjangan untuk nama domain Anda, yang padahal dan biasanya akan terkirim otomatis notifikasinya ke email Anda 1 bulan sebelum masa berakhir secara berkala.

Nah, pada tulisan kali ini Satelitweb akan mengupas mengapa itu terjadi dengan menjelaskan siklus hidup nama domain di internet. Inilah yang akan Satelitweb kupas.

Available Domain Names

Setiap siklus hidup nama domain, tahap pertama adalah ketersediaan, nama domain yang diingikan artinya belum ada yang mendaftarkan atau memilikinya baik oleh perorangan, badan usaha, atau organisasi apapun.

Registered Period

Nama domain akan terdaftar dan menjadi aktif untuk jangka waktu sesuai dengan pembayaran untuk jangka waktu penyewaannya. Apabila ingin ditransfer ke beda registrar, maka setelah mendaftarkannya dibutuhkan waktu minimal 60 hari masa aktif nama domainnya. Setelah itu, barulah nama domain tersebut dapat dipindahkan atau transfer ke registrar lain. Misalnya, Anda memiliki nama domain di tempat lain dan ingin dipindahkan ke Satelitweb karena lebih murah. Hal itu menggunakan istilah “transfer domain”

Expired Period

Setiap nama domain yang terdaftar memiliki batas waktu berakhirnya, tergantung kesepakatan Anda ketika mendaftarkannya dengan registrar. Biasanya minimal penggunaan nama domain 1 tahun. Jika Anda lupa tidak memperpanjangnya, nama domain maka akan dihapus. Setelah nama domain berakhir jangka waktu penggunannya, kemudian memasuki masa tenggang mulai dari 30 sampai 45 hari tergantung daripada ekstensi nama domain dan registrarnya.

Di masa ini juga Anda masih bisa manfaatkan untuk memperpanjang nama domain Anda, tetapi karena Anda memperpanjang dalam masa tenggang, Anda akan dikenakan denda, jika nama domain tersebut tidak dalam keadaan dilelang dengan biaya tertentu. Apabila dalam masa ini juga tidak diperpanjang, maka domain masuk ke masa redemption.

Redemption Grace Period

Di akhir periode kadaluarsa, domain memasuki periode penembusan selama 30 hari. Dalam fase ini, sebagian besar pendaftar menghapus semua informasi tentang nama domain. Domain tersebut kemudian dihapus dan apabila ingin dipulihkan lagi, biayanya bisa mencapai bahkan hingga 7 kali lipat dari perpanjangan sebelum masa ini.

Pending Delete Period

Jika domain masih juga tidak diperpanjang dalam masa sebelumnya (redemption) yang sudah dijelaskan di atas, maka akan masuk ke tahap pending delete. Periode ini berlangsung selama 5 hari, setelah itu domain akan dihapus dan dikembalikan ke publik, artinya tersedia kembali untuk didaftarkan oleh umum.

Deleted and Active – Renew ASAP

Nama domain dihapus dan tersedia bagi siapa saja yang ingin mendaftarkannya. Sebaiknya, untuk menghindari nama domain kesayangan Anda yang mungkin saja sudah diurus bertahun-tahun dihapus begitu saja, sebaiknya memang segera Anda perpanjang satu bulan sebelum masa berakhirnya nama domain.

Demikian informasi tentang siklus hidup nama domain yang mudah-mudahan dapat menjadi manfaat untuk Anda yang akan memiliki nama domain atau Anda yang sudah memiliki nama domain.

Kebanyakan kasus yang terjadi di Satelitweb adalah, pelanggan lupa memperpanjang, sehingga setelah nama domain tersebut terhapus atau berpindah tangan kepada orang lain, pelanggan komplain bahwa nama domainnya yang sudah diurus bertahun-tahun raib atau berpindah tangan kepada orang lain begitu saja.

Padahal, itu merupakan kesalahan atau tepatnya kelalaian pelanggan karena tidak (sengaja/disengaja) menghiraukan email pemberitahuan yang masuk beberapa kali jauh sebelum domain berakhir yang berisi pemberitahuan untuk segera diperpanjang.

Untuk saat ini di Satelitweb ada pemberitahuan otomatis melalui SMS ke nomor HP Anda yang didaftarkan.

Sampai di sini, semoga dapat dimengerti kenapa nama domain Anda bisa terhapus atau berpindah tangan ke orang lain, tidak melulu menyalahkan registrar atau penyedianya. 🙂

Saran untuk Anda yang memiliki nama domain masih aktif, sebaiknya atau idealnya nama domain diperpanjang satu bulan sebelum masa berakhir, bahkan beberapa pendapat mengatakan 3 bulan sebelum tanggal masa berakhir.

 

Jika Sudah Memahami Siklus Hidup Nama Domain, Apa yang Harus dilakukan Selanjutnya?

Segera perpanjang nama domain Anda jika sudah waktunya karena nama domain merupakan investasi terpenting di dalam menjalankan bisnis online Anda. Jangan sampai menyesal karena domain raib atau telah diambil oleh orang lain.

Terima kasih dan semoga dapat menjadi manfaat untuk Anda semua. 🙂

Wawasan Tambahan : Cara Setting Domain Redirect di Cpanel

About the Author

One thought on “Inilah Siklus Hidup Nama Domain di Internet

Leave a Reply