Cara Membersihkan Virus di Website Anda dengan Mudah


Website kesayangan Anda yang begitu pentingnya untuk bisnis Anda tentu tidak diharapkan kedatangan virus. Namun sayangnya, virus-virus tersebut bisa saja singgah mendiami dan bersemayam di website Anda kapan saja tanpa diharapkan dan dibayangkan sebelumnya.

Itu semua diakibatkan oleh banyak faktor, bisa disebabkan oleh Content Management System (CMS) yang Anda gunakan belum diperbaharui, template website yang sudah ditinggalkan pengembangnya dan tidak diperbaharui, dan lain sejenisnya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan web hosting di Satelitweb, karena terdapat fasilitas keamanan yang powerful.

Oleh sebab itu menjadi penting sekali untuk Anda sebagai pemilik website menyimak tutorial membersihkan virus di website Anda melalui Virus Scanner di cPanel, dan diharapkan setelah mengetahui caranya, Anda langsung melakukan pemeriksaan terhadap semua file-file website Anda melalui cPanel.

Sebelum melakukan ini, alangkah baiknya Anda melakukan backup keseluruhan file-file website Anda terlebih dahulu. Baik, jika sudah, mari dilanjutkan.

1. Login ke cPanel Anda.

2. Klik  icon “Virus Scan”

Cara Membersihkan Virus di Website Anda

3. Setelah itu, silakan Anda pilih atau centang salah satunya, Scan Entire Home Directory  atau Scan Mail saja, misalnya.

Cara Membersihkan Virus di Website

4. Setelah dipilih klik “Scan Now” maka Virus Scanner akan bekerja mendeteksi semua virus yang bersemayam di website Anda.

Cara membersihkan virus di website Anda dengan cPanel

5. Tunggu sampai Virus Scanner melakukan tugasnya hingga akhir.

Apabila website Anda bersih dari virus, maka akan muncul keterangan “Virus Scan Complete. No Virii Found.” Seperti gambar di bawah :

Cara membersihkan virus di website Anda dengan cPanel

Sebaliknya, apabila website Anda terinfeksi virus, maka akan muncul keterangannya pada bagian Infected Files. Jangan panik, klik saja OK.

6. Apabila website Anda terinfeksi virus maka akan terdapat 3 pilihan : Quarantine, Destroy, dan Ignore, di mana pilihan tersebut berfungsi untuk melakukan tindakan dari file yang terinfeksi.

7. Klik Select All pada Destroy dan kemudian klik Process Cleanup untuk memberishkan file yang terkena virus.

8. Beres!

Demikian tutorial dan tips penting mengenai cara membasmi virus di hosting website Anda. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa, lakukan ini secara berkala demi kebersihan dan keamanan website Anda.

Terima kasih 🙂

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]