Bagaimana Cara Membuat Add on Domain?


Masih ingat, sebelumnya sobat telah mengetahui cara membuat sub domain di sini, kan? Nah, kali ini akan melanjutkan mengupas masalah domain, lebih tepatnya cara membuat addon domain di cPanel.

Sebelumnya, apakah sobat sudah mengetahui apa itu addon domain? Jika belum, akan sedikit saya jelaskan. Add on domain adalah sebuah fasilitas di cPanel hosting yang memungkinkan sobat menambahkan lebih dari satu domain di dalam satu akun hosting yang sobat miliki. Sekali lagi, di dalam satu akun hosting. Agar lebih mudah dipahami, mari kita sedikit bermain-main dengan contoh kaskus.

Contoh kasus :

Si Badu memiliki satu domain pribadi bernama sibadusaja.com satu paket dengan hosting yang sudah jalan setengah tahun. Sehabis mengikuti seminar Bob Sadino, entah mengapa kemudian si Badu berniat menjadikan blog hobi berbagi seputar fotografinya tersebut sebagai bisnis sampingannya. Lalu si Badu membeli domain lagi yang lebih cocok dan diyakini nge-brand dengan nama sibadubisnis.com.

Nah, demi menghemat biaya, si Badu lantas berpikir, daripada membeli hosting lagi untuk domain barunya tersebut, lebih baik menggunakan hosting yang sudah ada untuk membangun lagi web atau blog bisnis barunya.

Tentu si Badu tahu bahwa web hosting yang dipesannya di Satelitweb dilengkapi dengan addon domain gratis dan bisa lebih dari satu. Si Badu pun akhirnya menggunakan fasilitas addon domain. Namun, ketika ingin menggunakan fasilitas addon domain, si Badu belum mengetahui cara menggunakannya, lantas ia mencari di blog Satelitweb, ketemulah dengan artikel ini. Lalu kemudian, si Badu pun menyimak dengan seksama cara membuat / menambahkan / menyeting addon domain, seperti berikut ini 😛 :

  • Arahkan NS (Nama Server) domain baru (misalnya domain barunya sibadubisnis.com) ke nama server sesuai dengan domain utamanya (contoh nama domain utamanya misalnya sibadusaja.com). Nah, karena domain tersebut didapat dari Satelitweb, maka domain sibadusaja.com harus mengarah ke nama server ns1.satelitweb.com dan ns2.satelitweb.com, berarti yang ke dua (baru) pun harus sama arahnya ke ns1.satelitweb.com dan ns2.satelitweb.com.
  • Kemudian tunggulah waktu propagasi selama 1 x 24 jam agar nama domain tersebut terarah ke nama server dengan sempurna.
  • Setelah itu, masuk ke cPanel hosting domain sobat yang pertama namadomain.com/cpanel (atau dalam kasus ini, sibadusaja.com/cpanel) kemudian klik Addon Domains :

cara menambah add on domain

Silakan isikan data yang diperlukan :

cara menambahkan addon domain

Ketarangan :

  • New Domain Name : isikan dengan domain baru sobat.
  • Subdomain / FTP Username : biasanya otomatis akan terisi mengikuti nama domain
  • Document Root : biasanya otomatis akan terisi mengikuti nama domain
  • Password : tentukan password sesuka hati sobat (tapi sebisa mungkin biasakan selalu dengan karakter acak dan sulit ditebak)
  • Password (Again) : masukan ulang password sobat.
  • Terakhir, klik Add Domain

Maka, akan ada keterangan addon domain sobat sukses dibuat. Jika gagal atau terdapat pesan peringatan berwarna merah (error), berarti nama server hosting sobat belum terarah ke domain yang baru. Solusinya, coba cek kembali apakah nama server sudah benar? Kalau sudah benar, tunggu 1×24 jam, dan ulangi kembali.

Akhir kata, setelah addon domain berhasil dibuat, perjuangan si Badu pun semakin berapi-api untuk memulai belajar menggarap dan mengembangkan ide bisnisnya dengan memanfaatkan media online yang praktis, ekonomis, murah, mudah, dan terarah. 😀

Selamat mencoba juga untuk sobat semuanya, dan semoga bermanfaat.

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]