Apakah itu SEO? Inilah Pengertian dan Manfaatnya

  • Home
  • Artikel
  • Apakah itu SEO? Inilah Pengertian dan Manfaatnya
DateOct 25, 2014

Menjelang malam kali ini, penulis ingin membagikan sebuah tulisan mengenai pengertian SEO, manfaat SEO, dan juga hal yang harus diketahui untuk melakukan serangkaian teknik SEO. Tapi sebelum itu, seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, marilah kita pahami dulu apa itu SEO?

Definisi dan Pengertian SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, dapat diartikan sebagai teknik dan cara-cara agar supaya sebuah halaman website berada di posisi dan atau halaman pertama mesin pencari. Mesin pencari di internet sendiri ada banyak, kita ambil 3 mesin pencari yang paling populer saat ini yaitu Google, Bing, dan Yahoo.

Sebenarnya ada banyak lagi pengertian bila Anda mencari di internet mengenai apa itu SEO? Tetapi intinya adalah sama-sama menganut arti yang tak berbeda yakni mengoptimalkan halaman website agar nantinya berada di halaman pertama di mesin pencari (search engine) dengan kata kunci yang diinginkan (sudah ditentukan).

Kira-kira sampai di sini sudah ada gambaran? 🙂

Kalau belum, penulis akan memberikan sedikit contoh kasus pada web Satelitweb.

Satelitweb di samping merupakan penyedia jasa layanan web hosting dan nama domain di Indonesia juga memiliki jasa pendukungnya yaitu pembuatan website untuk keperluan pribadi, bisnis, organisasi, dan keperluan lainnya dengan berbagai jenis website.

Nah, target market Satelitweb adalah Kaskuser, maka agar jasa Satelitweb mudah ditemukan di mesin pencari dan mengungguli kompetitor, tim Satelitweb harus bekerja keras untuk melakukan optimasi dengan menargetkan kata kunci “jasa pembuatan website di kaskus” setelah dioptimalkan dengan penuh perjuangan, maka akhirnya pada saat tulisan ini dibuat, Satelitweb mendapatkan rangking terbaik di mesin pencari Google di halaman pertama. Lihat hasilnya di bawah ini :

pembuatan website murah

Sampai di sini sudah mengerti, bukan? Agar Anda dapat memahaminya secara utuh, silakan baca juga artikel di Wikipedia ini. 🙂

Tentu teknik SEO gratis total, tidak dipungut biaya sepeserpun oleh Google, berbeda dengan cara instan yaitu dengan menggunakan Google Adwords, meskipun bisa hari ini Anda buat website, dan besok harinya website Anda tayang di halaman pertama Google, Anda akan dikenakan biaya terus menerus, dengan menguasai SEO, meskipun butuh proses yang memakan waktu lama serta perjuangan dan kerja keras, namun hasil akhirnya akan sangat terasa bermanfaat karena kita bisa melakukan promosi secara otomatis dan gratis. 🙂

Keuntungan Menggunakan SEO

Tentu seperti yang sudah Anda lihat di atas, ada begitu banyak keuntungan jika Anda melakukan optimasi SEO, di antaranya :

Banjir Pengunjung  yang Tertarget yang Dapat Meningkatkan Penjualan di Website Anda

Bayangkan Anda sudah memiliki website yang sangat bagus dengan sistem yang canggih untuk menjual produk dan jasa Anda, bagaimana mungkin akan terjadi penjualan sementara website Anda jarang ada pengunjung?

SEO membantu website Anda ramai oleh pengunjung tertarget. Jika Anda pernah membeli trafik agar supaya website Anda ramai, sebenarnya untuk cara marketing boleh dikatakan ini kurang efektif. Jika hanya ramai, penulis punya pandangan berbeda terkait hal ini, memang benar pengunjung website Anda menjadi banyak, tetapi bukan jaminan produk / jasa Anda nantinya akan laku terjual.

Sekali lagi dengan SEO, website Anda tidak hanya akan ramai pengunjung tetapi juga akan mendatangkan pengunjung yang tertarget, pengunjung yang memang hanya datang kepada website Anda dengan kata kunci yang mereka inginkan.

Misalnya “laptop murah” “mesin pengemas produk  murah” dan sebagainya. Kata kunci tersebut dicari oleh orang-orang yang memang membutuhkan. Jadi kemungkinan terjadi penjualan di website Anda akan lebih besar.

Ada banyak lagi tentang manfaatnya, namun tidak akan dibahas semuanya, silakan cari tahu lebih dan paling penting rasakan sendiri manfaat yang akan Anda dapatkan dari SEO.

Perlu Anda Pelajari Untuk SEO 

Untuk melakukan serangkaian teknik-teknik SEO, ada baiknya ada mempelajari dasar-dasar yang wajib Anda ketahui tentang SEO atau Search Engine Optimization untuk mengalahkan kompetitor Anda di mesin pencari dan Anda mendapatkan rangking atau peringkat di halaman pertama sesuai dengan kata kunci yang Anda inginkan.

# On Page SEO

Mungkin sebagaian dari Anda sudah sering mendengar apa itu On Page SEO tetapi barangkali belum tahu apa artinya, on page SEO dapat diartikan mengoptimasi halaman sebuah situs website dari dalam website Anda, beberapa optimasi yang banyak dilakukan dalam SEO on page adalah Title Tag, Meta Description, URL, Heading, Image & Image Alt Tag.

# Off Page SEO

Off page seo merupakan teknik untuk mengoptimasi halaman website dari luar website Anda. Teknik yang paling baik dan yang sering digunakan adalah link building atau dengan menaruh sebanyak-banyaknya link halaman website Anda di halaman website lain. Hal ini juga sering disebut backlink. Salah satu contoh jelasnya adalah dengan berkomentar di blog / forum yang memiliki Page Rank tinggi dan relevan dengan topik halaman website Anda dengan kategori dofollow, lalu menancapkan link halaman website Anda di sana. Tetapi sebisa mungkin hindari jangan sampai melakukan spam.

Kira-kira demikianlah yang dapat penulis sampaikan secara garis besar mengenai apa itu SEO.

Tentu yang dituliskan di sini merupakan kategori dasar, untuk mahir  menguasai SEO dan sederet istilah-istilahnya, Anda disarankan untuk mencari lebih banyak lagi di artikel yang tersebar di internet, blog-blog, ebook-ebook, di forum-forum online yang membahas serangkaian teknik-teknik atau metode-metode tentang SEO.

Anda akan menjadi mahir jika Anda tahu metode yang benar serta tidak pernah lepas dari praktek mencoba dan terus belajar, karena ilmu SEO adalah ilmu yang akan selalu terus berkembang dan terus meminta perhatian siapa saya yang ingin menguasainya. Begitu juga apabila Anda sudah menjadi lebih tahu, jangan lupa berbagi. 🙂

Demikian tulisan ini dibuat, semoga dapat menjadi manfaat untuk Anda yang sudah lama membangun website namun trafiknya masih sepi, begitu-begitu saja, dan jarang terjadi penjualan khususnya bagi website penjual barang atau jasa.

Terima kasih. 🙂

admin

Penulis di Satelitweb.com

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]