25 Alat Marketing untuk Membuat Konten Pemasaran Bisnis di Era Digital AI

25 Alat Marketing untuk Membuat Konten Pemasaran Bisnis di Era Digital AI

Hallo teman-teman, balik lagi dengan Satelitweb.

Kali ini Satelitweb akan berbagi 25 alat marketing untuk membuat konten pemasaran bisnis di era digital AI saat ini.

Mengapa Alat Marketing Penting di Zaman Sekarang?

Marketing adalah salah satu hal yang penting dari sebuah bisnis, sebagus dan sebermanfaat apapun produk atau jasa yang perusahaan kamu miliki, tanpa melakukakan pemasaran marketing, produk atau jasamu akan sulit ditemukan oleh masyarkaat, yang padahal mungkin saja di luar sana mereka membutuhkan produk atau jasa yang kamu miliki.

Jadi, tanpa marketing yang berujung pada sales atau penjualan, bukan tidak mungkin bisnis kamu sulit bertahan, bahkan tutup.

Terutama untuk saat ini, dunia pemasaran digital semakin berkembang, perubahannya terus menerus, dan sebagai pemilik bisnis tentu saja kamu dituntut untuk terus adaptif mengikuti perkembangan yang terus berubah cepat, kreativitas dan efisiensi adalah kunci untuk terus bertahan.

Nah, untuk itu sangat penting untuk memahami mengapa penggunaan alat marketing menjadi krusial di era digital ini. Alat marketing tidak hanya menyederhanakan proses kreatif, tetapi juga memberikan solusi untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis kamu. Di era yang dipenuhi dengan informasi, konten pemasaran bisnis yang efektif dapat menjadi pembeda antara perusahan yang terlihat atau yang terabaikan.

Untuk membantu kamu mencapai tujuan pemasaran bisnis, berikut Satelitweb informasikan tool penting 25 alat marketing yang dapat membantu kamu membuat konten pemasaran marketing yang unik, menarik, dan berkualitas tinggi.

Konten Tulisan:

Di zaman AI seperti sekarang, sudah terdapat banyak tool untuk menulis dengan menggunakan bantuan AI yang bakal memermudah dan mempersingkat konten tulisanmu, di antaranya adalah:

1. Jasper (jasper.com)

Jasper ini lumayan populer di kalangan copywritter, karena tidak hanya membantu dalam pembuatan konten tulisan, tetapi juga mengoptimalkan konten untuk SEOnya sekaligus. Hal ini memberikan keunggulan dalam menjaring perhatian mesin pencari.

2. Rytr (rytr.me)

Rytr menghadirkan kreativitas dengan menggunakan kecerdasan buatan atau AI untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi, dari artikel hingga periklanan bisa kamu lakukan dengan menggunakan Rytr.

3. Originality.ai (originality.ai)

Originality.ai tidak hanya bisa membuat konten tulisan, tetapi juga bisa memastikan konten iklan marketing kamu jadi unik karena terbebas dari plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.

4. Aicerdas.com (aicerdas.com)

ai cerdas

AI Cerdas adalah tool digital marketing AI terlengkap yang sangat cocok untuk iklan bisnis bagi perusahaan di Indonesia, karena memang diciptakan khusus untuk Indonesia. Aicerdas.com memberikan solusi pemasaran cerdas dengan fitur terlengkap, artikel yang ditulis unik dan kreatif, AI Cerdas menggunakan kecerdasan buatan dalam pembuatan konten.

5. Bard (bard.google.com)

bard ai

Bard adalah bagian dari Google, tool yang digadang-gadang akan menyaingi OpenAI ChatGPT ini menyediakan alat untuk menulis secara profesional yang didukung oleh AI, menjamin kualitas dan konsistensi konten tulisan kamu.

Desain Grafis:

Periklanan tidak hanya selesai di tulisan, sebuah iklan pemasaran yang bagus juga melibatkan desain agar pesannya sampai ke calon pelanggan. Saat ini konten tulisan saja tidak cukup, dengan banyaknya platform media sosial, kita diuntungkan untuk menyebarkan informasi yang lebih keren lagi dengan desain yang menarik.

Nah, inilah alat desain grafis mudah untuk mendukung kegiatan marketing kamu.

6. Figma (figma.com)

figma ai

Figma adalah platform desain kolaboratif untuk tim desain kamu, ini bakal memudahkan kerja sama dalam pembuatan desain UI/UX dan elemen grafis lainnya.

Baca Juga: Contoh Digital Marketing

7. Canva (canva.com)

canva

Canva kian populer karena kemudahannya dan kepraktisannya, tidak seperti editor vector atau pixel yang perlu diinstal terlebih dahulu di laptop atau komputer, Canva bisa diakses online, dan semua orang sekarang bisa desain dengan mudah karena dilengkapi dengan banyak  template siap pakai dan alat desain yang intuitif.

8. Desain Wizard (designwizard.com)

design wizard

Desain Wizard menyediakan tool desain grafis untuk menciptakan konten visual marketing menarik tanpa perlu keahlian atau pengalaman desain yang mendalam.

9. Snappa (snappa.com)

snappa

Snappa adalah alat desain grafis online yang enak digunakan, cocok untuk membuat grafik sosial media, poster, dan materi pemasaran berbasis gambar visual lainnya.

10. Designer (designer.io)

designer

Designer.io adalah aplikasi desain grafis online yang sederhana namun kuat, lebih ke arah vector dengan berbagai fitur untuk menciptakan desain yang menarik, sekarang ini saat kita membuka nama domain websitenya, kita akan diarahkan ke domain https://www.coreldraw.com/en/product/vector/ ini merupakan produk CorelDraw namun berbasis online, jadi tidak perlu untuk menginstall di perangkan PC atau laptop kamu.

Stock Video dan Foto:

Tentunya, dalam mendesain iklan kita butuh foto atau video. Nah, teman-teman tidak usah khawatir jika tidak memiliki kamera sendiri atau foto video sendiri, saat ini sudah banyak sumber gambar atau video yang bisa teman-teman unduh untuk proyek iklan teman-teman secara bebas dan gratis, berikut ini website-website penyedia foto dan videonya:

11. Unsplash (unsplash.com)

unsplash
Unsplash menyediakan koleksi foto berkualitas tinggi yang dapat digunakan secara gratis, memperkaya konten visualmu.

12. Pexels (pexels.com)

pexels

Pexels adalah website yang menyediakan sumber gambar gratis dengan ribuan foto dan video yang dapat diunduh dan digunakan secara bebas.

13. SplitShire (splitshire.com)

splitshire

SplitShire menawarkan foto dan video kreatif berkualitas tinggi untuk proyek-proyek kreatifmu.

14. Videezy (videezy.com)

videezy

Videezy menyediakan stok video gratis yang bisa dijadikan bahan untuk mempercantik presentasi dan materi pemasaran videomu.

15. Mixkit (mixkit.co)

mixkit

Mixkit memberikan stok video, musik, dan elemen desain lainnya untuk memperkaya konten multimedia kamu dengan banyak kategori pilihan, misalnya untuk bisnis, gaya hidup, alam, transportasi, makanan dan banyak lagi.

Edit Video:

Membuat video untuk kegiatan marketing saat ini sangat wajib untuk menaikan visibilitas dari produk atau jasa kamu.

Tapi jangan khawatir meski pun kamu tidak punya pengalaman bahkan gaptek sekali pun kamu tetap bisa ngedit video, sekarang ngedit video untuk iklan marketing tidak perlu repot-repot dan ribet serta butuh pengalaman seperti dulu, yang mana harus mempelajari software editing video yang rumit dan perlu pengalaman, Satelitweb alat marketing untuk ngedit video yang paling mudah, dipilih berdasarkan popularitas dan kemudahannya.

16. CapCut (capcut.com)

capcut

CapCut memberikan alat pengeditan video yang kuat dan mudah digunakan, cocok untuk pengguna pemula dan berpengalaman.

17. Adobe Express

adobe express

Adobe Express merupakan produk dari Adobe yang bisa diakses via online untuk editor gambar, desain, dan video dengan mudah tanpa perlu keahlian khusus.

18. Descript (descript.com)

descript

Descript menyajikan cara inovatif untuk mengedit audio dan video dengan fitur transkripsi yang mengesankan.

19. Animoto (animoto.com)

animoto

Animoto memungkinkan kamu untuk membuat video menarik secara instan dengan berbagai template dan musik yang tersedia.

20. Veed.io (veed.io)

veed

Veed.io adalah platform edit video online yang memudahkan kamu dalam membuat konten video berkualitas tinggi.

Koleksi Musik:

Tulisan sudah, desain sudah, stock image video sudah, alat edit video sudah, sekarang supaya lebih lengkap lagi, Satelitweb akan menginformasikan website penyedia koleksi audio atau musik untuk lebih menyempurnakan atau menghidupkan lagi materi iklan video kamu.

Karena terkadang, koleksi yang disedikan secara default bawaan dari editor video itu tidak lengkap dan terkadang kita ingin supaya video yang kita buat untuk iklan marketing pesannya sampai dengan baik ke audience dengan musik yang cocok.

Nah, untuk menemukan musik selain di editor video yang terbatas, kita bisa mencari musik di tempat lain dan inilah website penyedia audio atau musik yang populer dan lengkap dengan berbagai macam jenrenya, tentu saja bebas hak cipta.

21. Motion Array (motionarray.com)

motion array

Motion Array menyediakan koleksi musik yang beragam untuk menghidupkan suasana video marketingmu, terdapat fitur untuk menjelajahi berbagai macam genre yang disuguhkan di sana.

22. AudioJungle (audiojungle.net)

audiojungle

AudioJungle bisa dikatakan legend untuk koleksi musik, AudioJungle merupakan pasar musik bebas royalty atau royalty-free yang menyediakan berbagai genre musik untuk kebutuhan proyek kamu.

AudioJungle memiliki koleksi musik yang elegan dan banyak digunakan oleh perusahaan

23. Bensound (bensound.com)

bensound

Bensound ini menawarkan musik royalty-free artinya bisa kamu gunakan di proyek-proyek kamu, kamu bisa langsung mengunduhnya dan menggunakannya secara gratis, kamu tinggal memilih genre musiknya saja.

Bensound juga digunakan oleh banyak perusahaan-perusahaan besar seperti Netflix, Sony, Google, Samsung, dan masih banyak lagi.

24. PremiumBeat (premiumbeat.com)

premiumbeat

PremiumBeat menyajikan musik berkualitas tinggi dengan pilihan yang sangat banyak, cocok untuk meningkatkan kualitas produksi iklan marketing video kamu.

25. Filmstro (filmstro.com)

filmstro

FIlmstro adalah sumber musik dengan beragam macam genre, kamu bisa memilihnya tergantung suasana iklan promosi bisnis kamu, dengan banyaknyan pilihan untuk memberikan musik di backsound atau latar belakang proyekmu.

Kamu bisa menciptakan konten pemasaran yang unik, menarik, dan berkualitas tinggi untuk mendukung pertumbuhan bisnis kamu di era digital yang semakin maju. Semakin bervariasinya alat marketing yang kamu gunakan, semakin besar pula potensi untuk mencapai dan mempertahankan audiens yang relevan.

Penutup

Itulah tadi 25 alat marketing untuk memasarkan bisnis kamu di era digital, tentu saja masih banyak sekali tool yang ada untuk marketingmu di luaran sana, namun Satelitweb memilihnya berdasarkan yang paling mudah, praktis dan banyak digunakan.

Kamu tidak harus menggunakan semuanya, kamu hanya memilih dari banyaknya tool yang ada mana yang menurut kamu paling cocok.

Kamu tidak perlu khawatir meskipun gaptek, karena pada dasarnya apa yang diinformasikan di atas merupakan tool pilihan yang mudah sekali digunakan, jika seandainya pun kamu masih kebingungan menggunakan tool pemasaran di atas, kamu bisa menemukan cara penggunaannya di masing-masing websitenya atau meminta bantuan pada tim support di masing-masing website tool tadi.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.

About the Author
Ari
Penulis di Satelitweb.com

Leave a Reply