10 Alat Digital Bisnis Online Gratis untuk Produktivitas Usahamu

10 Alat Digital Bisnis Online Gratis untuk Produktivitas Usahamu

Sudah banyak studi menunjukan bahwa 90% bisnis online gagal bahkan sebelum menyentuh tahun pertama.

Setiap harinya jutaan orang mencoba peruntungannya berbisnis di dunia online, entah sekedar iseng-iseng atau serius menggebu-gebu tetapi hanya di awal, tidak konsisten, tak sabaran, dan akhirnya bertumbangan silih berganti tersaring seleksi alam, hanya sedikit sekali yang bertahan dalam jangka panjang untuk 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun, apalagi 15 tahun pertama.

Kebanyakan mereka yang gagal dan menyerah menganggap bisnis online adalah bisnis ajaib yang bisa bikin orang menuju kekayaan mendadak instan dalam hitungan bulan dengan tanpa banyak usaha.

Padahal tidak! Bisnis online tetaplah sebuah bisnis seperti umumnya, hanya medianya saja yang berbeda dan lebih mudah memulainya karena faktor barrier to entry-nya.

Selayaknya bisnis konvensional, bisnis online juga membutuhkan pengrobanan waktu, menyedot tenaga, menyita pikiran, menguras biaya, komitmen kuat, ketekunan dan kesabaran untuk menjalankannya.

Mereka yang sukses atau setidaknya bertahan dalam menjalankan bisnis onlinenya, tentu sudah teruji mentalitasnya daripada 90% orang yang gagal.

Di balik daya tahan pelaku bisnis online di tengah persaingan ketat saat ini, selain terdapat semangat juang yang tinggi, mentalitas baja, open minded, terus update dan belajar hal baru, sifat positif pantang menyerah, mindset bagus si pelakunya, terdapat juga strategi yang tepat beserta tools atau alat-alat yang digunakan sehari-hari dalam kegiatan menjalankan bisnis onlinenya.

Nah, salah satu upaya bisnis online kamu agar terus bertahan dan bertumbuh tentunya membutuhkan perangkat digital yang tepat untuk mencapai tingkat produktivitas dan keberlanjutan bisnis yang optimal.

Tenang saja, di antara banyak sekali tools yang beredar untuk bisnis online dengan harga yang mahal, Satelitweb pilihkan 10 tools digital gratis dan dapat diuji coba tanpa bayar yang langsung bisa kamu gunakan untuk membantu produktivitas bisnis online kamu.

Berikut adalah 10 alat gratis yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaiknya yang bisa membantu meningkatkan efisiensi bisnis onlinemu tanpa harus merogoh kantong.

1. Untuk Membuat Website Resmi: Google Sites

Website gratis Google Site

Website adalah identitas online yang sangat mendasar dan wajib untuk saat ini.

Ketika kamu daftar Facebook, X Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, Linkedin dan media sosial populer lainnya untuk urusan bisnis, di sana selalu diminta link website, hal itu disedikan dengan tujuan supaya orang bisa melihat website kamu yang merepresentasikan diri kamu atau usaha kamu.

Agar supaya bisnis kamu diketahui oleh orang lain di online, bisa dimulai dengan website resmi. Google Sites yang menyediakan platform pembuat website gratis yang sangat mudah sekali digunakan.

Fitur Google Sites:

  • Desain Responsif: Google Sites memastikan tampilan website yang sempurna di berbagai perangkat.
  • Integrasi Google Drive: Memudahkan berbagi konten seperti dokumen dan presentasi.
  • Kolaborasi Real-time: Tim dapat bekerja bersama, bisa meningkatkan efisiensi.

Jika kamu punya dana dan ingin custom website profesional supaya terkesan serius dan tidak terkesan gratisan di mata pelangganmu, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional di Satelitweb dengan menggunakan nama domain usahamu sendiri. Jadi berdikari, tidak tergantung pada platform gratisan.

Tapi jika belum memiliki uang dan hanya untuk permulaan, menggunakan Google Site saja sudah cukup.

2. Project Management: Google Docs

Google Docs bukan hanya alat pengolahan kata, tetapi juga solusi project management yang tangguh. Fitur kolaboratifnya memungkinkan anggota tim berinteraksi secara efisien, dan dukungan untuk spreadsheet, presentasi, dan formulir membuatnya sangat serbaguna.

Google Doc

Fitur Google Docs:

  • Kolaborasi Langsung: Tim dapat mengedit dan memberikan masukan secara bersamaan.
  • Sistem Komentar: Meningkatkan komunikasi tim dengan komentar pada dokumen.
  • Template Proyek: Template khusus untuk proyek mempercepat inisiasi.

3. Pemasaran dan Manajemen Media Sosial: Hootsuite

Hootsuite bisa menjadi kunci sukses dalam pemasaran media sosial. Dengan fitur penjadwalan posting, analisis kinerja, dan manajemen pesan terpadu, Hootsuite memudahkan kamu untuk mengelola dan meningkatkan kehadiran online bisnismu.

Hootsuite alat bisnis online

Fitur utama Hootsuite:

  • Penjadwalan Posting: Memungkinkan jadwal posting untuk berbagai platform sosial.
  • Analisis Performa: Melacak performa kampanye sosial dan engagement.
  • Manajemen Pesan Terpadu: Mengelola pesan sosial dari satu dasbor.

4. Manajemen Tugas: Asana

Asana adalah alat manajemen task atau tugas yang komprehensif. Dengan tampilannya yang sederhana, bisa mengelompokan tugas, dan melacak progres, Asana membantu tim bekerja secara terorganisir dan efisien.

Fitur utama Asana:

  • Diagram Gantt: Visualisasi tugas dan jadwal proyek.
  • Pemberitahuan Real-time: Tim mendapatkan pembaruan secara langsung.
  • Formulir Proyek: Membuat formulir kustom untuk mengumpulkan informasi.

5. Performa Website: Google Analytics

Google Analytics memberikan kamu wawasan mendalam tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website. Dari lalu lintas pengguna hingga perilaku konversi, analisis data ini membantu meningkatkan strategi pemasaran dan optimalisasi website.

Fitur Google Analytics:

  • Pelacakan Konversi: Memantau tindakan pengguna hingga konversi.
  • Analisis Demografi: Menyediakan wawasan tentang siapa pengunjungmu.
  • Laporan Kinerja Real-time: Melihat data terkini seketika.

6. Manajemen Keuangan dan Akuntansi: FreeAgent

Freeagent

Freeagent bukan hanya sekadar alat akuntansi gratis; Freeagent adalah platform lengkap untuk manajemen keuangan bisnismu. Termasuk pelacakan pengeluaran, pembuatan faktur, dan pemantauan keuangan secara real-time.

Freeagent bisnis online

Fitur utama Freeagent:

  • Pemantauan Keuangan: Memantau kas, bank, dan tagihan.
  • Faktur Otomatis: Membuat dan mengirimkan faktur dengan mudah.
  • Pajak Terintegrasi: Mencatat dan melaporkan pajak secara otomatis.

7. Email Marketing: Mailchimp

Mailchimp adalah solusi email marketing yang paling mudah digunakan. Dengan fitur desain yang menawan, segmentasi pelanggan, dan analisis yang mudah dimengerti, Mailchimp memungkinkan bisnismu untuk tetap terhubung dengan pelanggan dengan cara yang efektif.

Mailchimp

Fitur utama Mailchimp:

  • Desain Responsif: Email yang terlihat bagus di berbagai perangkat.
  • Segmentasi Pelanggan: Membuat ikklan kampanye yang disesuaikan.
  • Analisis Pengiriman: Menilai performa email dengan metrik lengkap.

8. Desain Grafis Mudah: Canva

Canva memudahkan desain grafis untuk pemilik bisnis yang tidak memiliki latar belakang desain. Dengan template yang mudah diakses dan alat desain yang intuitif, Canva membantu menciptakan materi iklan yang profesional.

Fitur utama Canva:

  • Template Profesional: Mempermudah pembuatan desain berkualitas.
  • Kolaborasi Desain: Tim dapat berkolaborasi dalam pembuatan desain.
  • Librarian Desain: Menyimpan dan mengelola desain secara terorganisir.

9. Penjadwalan: Slack

Slack menjadi solusi untuk komunikasi tim yang efisien. Dengan channel untuk topik tertentu, integrasi dengan berbagai alat, dan kemampuannya untuk berbagi file, Slack meningkatkan kolaborasi dan komunikasi tim.

Alat Bisnis Online Slack

Fitur Slack:

  • Integrasi Aplikasi: Mengintegrasikan alat seperti Google Drive dan Asana.
  • Pesan Pribadi dan Kategori: Memfasilitasi komunikasi dalam dan di luar tim.
  • Pengaturan Status: Memberi tahu tim mengenai ketersediaan anggota.

10. Customer Relationship Management (CRM): HubSpot CRM

HubSpot CRM memudahkan dalam manajemen hubungan pelanggan. Dari pelacakan prospek hingga manajemen kontak, CRM ini membantu bisnismu untuk membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Hubspot

Fitur HubSpot CRM:

  • Pelacakan Prospek: Memantau langkah prospek dari awal hingga penutupan.
  • Automasi Penjualan: Meningkatkan efisiensi dengan otomatisasi proses penjualan.
  • Analisis Pipa Penjualan: Memberikan wawasan mendalam pada pipa penjualan.

Nah, itulah 10 tools bisnis online gratis untuk usahamu.

Dengan memanfaatkan tools bisnis online di atas, bisnis onlinemu bisa mencapai produktivitas tinggi dan efektivitas maksimal tanpa mengeluarkan biaya tambahan yang merogoh kantong terlalu dalam di awal-awal. Seiring waktu dan semakin bertumbuhnya usaha, kamu bisa mulai tinggalkan mental gratisan dan upgrade ke tool yang berbayar yang tentunya bisa membantu akselerasi bisnis lebih cepat lagi.

Semoga artikel Satelitweb ini bisa bermanfaat untuk kamu yang mencari alat bantu bisnis online, dan semoga bisnis online kamu sukses.

Selamat mencoba dan terima kasih.

About the Author

Leave a Reply