Pengertian Cloud Hosting, Cara Kerja dan Manfaatnya

  • Home
  • Artikel
  • Pengertian Cloud Hosting, Cara Kerja dan Manfaatnya
pengerian cloud hosting

Mungkin Anda sering membca atau mendengar istilah cloud hosting namun masih kurang mengerti apa maksudnya. Nah, di artikel kali ini, Satelitweb akan memberikan pengertian apa itu cloud hosting, cara kerja cloud hosting dan manfaatnya. Di kalangan webmaster, istilah cloud hosting bukanlah satu ‘barang’ baru. Layanan populer ini hadir bersama dengan layanan hosting lain seperti VPS hosting, shared hosting dan dedicated hosting.

Cloud hosting dikenal atas skalabilitas dan fleksibilitasnya. Layanan ini menggunakan pendekatan distribusi yang mana sebuah beban akan dibagikan ke beberapa server untuk meminimalisir terjadinya overload. Sehingga dapat menghindari terjadinya downtime pada server saat terjadi gangguan.

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah satu jenis web hosting yang menggunakan jaringan virtual cloud server untuk menghosting sebuah web. Metode hosting ini berbeda dengan hosting tradisional seperti shared hosting, di mana hosting tradisional menyimpan lebih dari satu situs web dalam satu server.

apa itu cloud hosting

Cloud hosting merupakan sebuah layanan teknologi untuk situs web yang menggunakan sumber daya dari beberapa server untuk dapat menyeimbangkan workload pada server agar server dapat memaksimalkan server uptime.

Alih-alih menyimpan data Anda pada satu server, di cloud hosting, data Anda akan didistribusikan di antara server yang berbeda di tempat yang berbeda namun tetap terhubung satu sama lain. Pengguna dapat mengakses data melalui mesin virtual yang memiliki akses ke berbagai server di seluruh cloud.

Mungkin akan sedikit membingungkan, bagaimana distribusi data pada server yang berbeda dapat meningkatkan sumber daya? Jadi, layanan cloud hosting ini mendistribusikan daya dan kapasitas penyimpanan yang dikendalikan oleh sistem backend.

Baca juga: Apa itu Cloud Computing dan Jenis-jenis Layanannya

Admin server cloud dapat masuk ke backend melalui terminal dan dapat memeriksa beban CPU seluruh mesin. Proses ini disebut virtualisasi. Oleh karena itu, sumber daya (resource) yang dibutuhkan dapat ditarik dengan mudah dan akurat.

pengertian cloud hosting

Cara Kerja Cloud Hosting

Cloud hosting bekerja melalui virtualisasi di mana teknologi ini membagi server fisik menjadi beberapa mesin virtual yang disebut server cloud. Kemudian, server ini akan terhubung untuk dapat membuat jaringan tunggal hosting situs web. Karena sifatnya yang saling menghubungkan struktur “awan” atau cloud, cloud hosting juga disebut hosting server cluster.

cara kerja cloud hosting

Fungsi dari beberapa server dalam cloud hosting adalah untuk menjadi cadangan atau backup ketika terjadi masalah pada satu server. Sehingga server lain akan segera masuk untuk melengkapi sumber daya yang dibutuhkan. Cloud juga berfungsi sebagai server cadangan untuk dapat digunakan jika terjadi overload atau kelebihan beban pada server.

Manfaat  Cloud Hosting

Penggunaan cloud hosting dapat memberikan sejumlah manfaat sebagai berikut:

  1. Skalabilitas. Cloud hosting memungkinkan sumber daya dapat ditingkatkan tanpa harus membeli server fisik seperti RAM, CPU, SSD dan lainnya. Sehingga lebih fleksibel dan dapat menghemat biaya. Penambahan kapasitas server ini berfungsi saat situs web Anda mengalami perubahan lalu lintas atau traffic yang tinggi. Di mana hal tersebut akan sangat mungkin menjadikan situs web Anda mengalami risiko downtime dan offline.
  2. Server cloud berlebihan. Artinya, meskipun satu server mati atau gagal, server lain akan menggantikannya dan melakukan backup
  3. Harga. Layanan cloud hosting memungkinkan penggunanya untuk hanya membayar apa yang digunakan. Pengguna tidak perlu membeli paket atau membayar dalam jumlah yang besar untuk menggunakan sumber daya yang lebih tinggi.
  4. Data disimpan di beberapa lokasi pada server yang berbeda. Jadi, meskipun satu server tidak berfungsi, Anda masih memiliki server lain untuk cadangan.
  5. Kustomisasi. Pengguna dapat menyesuaikan data sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat membuat-memodifikasi-menghapus data dengan mudah.
  6. Loading cepat. Karena data dapat didistribusikan di server yang berbeda, satu server tidak perlu menanggung semua beban kerja (workload) seperti pengunggahan atau pengunduhan file. Oleh karena itu, cloud hosting dapat menyeimbangkan beban dan sistem tetap berjalan dengan cepat.
  7. Mudah dikelola. Seluruh pengaturan cloud hosting diatur menggunakan control panel hosting (cpanel), seperti pengaturan pada shared hosting. Pengguna tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk mengelola dan mengatur cloud hosting. 
  8. Menjaga performa website. Cloud hosting mempunyai berbagai fitur yang dapat membantu Anda dalam melakukan optimasi kecepatan hingga keamanan untuk menjaga performa situs web.

Kapan Cloud Hosting Anda Butuhkan?

Layanan cloud hosting dibutuhkan ketika:

  • Membutuhkan sumber daya dengan dedicated
  • Website harus aktif selama 24 jam dalam satu minggu (24/7)
  • Website membutuhkan RAM spek tinggi untuk akses serba cepat
  • Website dan email yang memiliki banyak konten visual baik foto, video, logo, gif dan lainnya
  • Traffic website tinggi
  • Membutuhkan disk space dan storage tambahan

Siapa yang Cocok Menjadi Customer Cloud Hosting?

Mengingat tidak semua situs web cocok menggunakan layanan cloud hosting, berikut beberapa jenis website yang cocok untuk menjadi pengguna cloud hosting:

  • Portal berita atau media online
  • E-commerce
  • Situs web perusahaan atau bisnis online
  • Website proyek
  • Lead generation website

Memilih Layanan Hosting yang Tepat

Kualitas hosting menentukan kualitas dari sebuah situs web dan juga akan memengaruhi performanya. Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih layanan hosting:

Kredibilitas. Kredibilitas merupakan hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat memilih jasa hosting. Cari informasi mengenai perusahaan yang menyediakan layanan hosting baik shared hosting, VPS hosting, dedicated hosting maupun cloud hosting.

Penawaran. Menjamurnya penyedia jasa layanan hosting ini tentu membuat Anda harus bekerja lebih jeli agar dapat menemukan jasa yang sesuai dengan kebutuhan. Cari informasi mengenai layanan apa saja yang ditawarkan oleh jasa tersebut. Jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan lain untuk membantu memberikan dukungan pada keperluan perusahaan.

Cloud hosting memiliki peran penting dan manfaat yang besar untuk sebuah situs web. Seperti skalabilitas yang mudah, ketahanan terhadap traffic yang tinggi, uptime stabil hingga biaya yang lebih terjangkau dan fleksibel. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan layanan ini?

Tonton Video Apa itu Cloud Hosting dari Satelitweb

(021) 29433280 | 08122222612

Butuh bantuan? Jangan ragu untuk menghubungi Satelitweb

Company

Kerjasama

web hosting murah

PT Satelit Digital Media

Ruko Edelweiss No. 73, Taman Royal 3, Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang, 15141

Telp:
(021) 29433280 |
WA: 08122222612 | 081222011184

email:
[email protected]