Windows atau Linux Hosting. Mana yang Anda Pilih?

Windows atau Linux Hosting

Salah satu faktor sebelum membuat website Anda online di internet yang paling krusial adalah dengan menentukan terlebih dahulu web hosting yang tepat.

Simak di tulisan Satelitweb sebelumnya untuk mengetahui bagaimana cara memilih web hosting yang tepat

Ada begitu banyak penyedia layanan web hosting yang menawarkan pilihan paket dengan jumlah kapasitas data yang besar yang bisa Anda gunakan untuk membuat website.

Hanya sayangnya, dalam membuat website bisnis Anda optimal tidak melulu tentang kapasitas web hosting dan bandwidth yang diperhatikan. Di luar itu, ada yang tidak kalah pentingnya yang harus juga Anda perhatikan dalam memilih web hosting yang paling cocok bagi kebutuhan website Anda, yaitu Sistem Operasi yang digunakan.

Pilihan paling umum digunakan saat ini di industri hosting biasanya ada dua, yaitu Windows dan Linux hosting. Keduanya memiliki nama besar untuk sistem operasi server.

Kendatipun OS yang Anda pilih sama sekali tidak banyak mempengaruhi akun hosting Anda nantinya, tetapi jenis web hosting yang dibutuhkan oleh Anda dengan mengikuti bahasa pemrograman atau database deployment technique yang digunakan untuk website Anda sangat mempengaruhi.

Sebagian besar pengguna menganggap bahwa Linux ataupun Windows web hosting sebagai keystones situs webnya. Keduanya sebenarnya memiliki fungsi dasar yang hampir sama, hanya saja, sebagian dari keduanya memiliki bentuk yang berbeda untuk sebagian besar.

Lalu, Pilih Windows atau Linux Hosting?

Di dunia web hosting, Linux adalah sistem operasi yang paling banyak disukai untuk web server. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal itu antara lain karena kehandalan, stabilitas, dan efisiensi.

Anda dapat memilih Linux hosting apabila Anda menggunakan PHP, Python, Perl, atau Scripting CGI. Selain itu, pada OS Linux, Anda akan mudah menemukan dengan mudah aplikasi open source misalnya CMS untuk menulis blog atau forum online.

Tapi apabila Anda ingin membuat website yang dinamis dengan menggunakan ASP atau ASP.NET, maka Windows hosting adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ASP.NET akan membutuhkan beberapa program pada sistem komputer Anda sebelum digunakan secara online.

Tidak banyak aplikasi dari Windows hosting dibandingkan jika Anda menggunakan Linux hosting, itu karena, di Windows hosting untuk menggunakan aplikasinya kebanyakan harus mengeluarkan uang lagi dengan membeli lisensi. Namun kelebihannya, Windows memberikan Anda kemudahan dari sturuktur manajemen desain website dengan menggunakan drag-and-drop, user fiendly.

Linux hosting menggunakan kontrol panel seperti cPanel atau WHM, sementara Windows menggunakan Plesk.

Meskipun industri hosting kebanyakan mempercayai stabilitas platform Linux daripada Windows, akhir-akhir ini fakta malah membuktikan bahwa melalui perawatan dan konfigurasi sever yang tepat, Windows server juga dapat diandalkan.

Nyaris hampir tidak ada perbedaan dari segi kecepatan antara kedua OS hosting ini. Tapi, kecepatan proses loading akan sangat ditentukan dari faktor lain seperti banyaknya data dan scripting leanguage yang digunakan.

Nah, di atas adalah penjelasan dan gambaran umum untuk sistem operasi yang paling populer digunakan di industri web hosting.

Kesimpulannya, Linux telah menyita banyak perhatian para pengembang website dalam jangka waktu yang sudah begitu lama dan terus mempertahankan kepercayaan yang diberikan oleh penggunannya yang begitu solid, di lain sisi jangan salah, Windows sendiri pun merupakan platform yang tidak boleh dipandang lebih rendah derajatnya, karena merupakan platform cangih yang mampu merampingkan pengembangan dan penyebaran database yang justru faktor dari aplikasi berlisensi tadi.

Pilihan bijak ada di tangan Anda, keputusan akhir juga berada di tangan Anda, di tulisan ini, Satelitweb hanya ingin menyampaikan penjelasan singkat dari kedua OS hosting tersebut. Setiap keputusan akhir, Satelitweb kembalikan lagi kepada Anda.

Selamat memilih sistem operasi hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan website Anda, semoga bermanfaat, dan terima kasih banyak! 🙂

Catatan :

Anda ingin membeli web hosting murah dan ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai ini? Jangan ragu dan silakan hubungi satelitweb.com dan akan dibantu sesuai kebutuhan Anda sampai tuntas.

About the Author

Leave a Reply