Daftar Tool Gratisan untuk SEO | Masih Work Sampai Sekarang

Daftar Tool Gratisan untuk SEO | Masih Work Sampai Sekarang

Tool Gratis untuk SEO. | Berbicara mengenai tool seo gratis, terlebih dahulu penting untuk dipahami bahwa tool dalam duniaInternet Marketing, tidak selalu berarti aplikasi berbasis software, namun juga website. Baik itu gratis maupun berbayar, fungsinya tetap sama, yakni otomatisasi kerjaan. Yang membedakannya adalah kecepatan dan kuantitas data yang diberikan kepada pemakai tool itu sendiri.

Dengan kata lain, jika Anda orang yang sangat super sibuk mengelola ratusan website, dan sudah tidak betah lagi di depan komputer selama belasan jam, maka wajib  beli tool optimasi yang berabayar. Namun bila Anda masih mengelola 2-3 website, dan masih betah untuk 5-6 jam di depan komputer, maka sudah cukup dengan menggunakan tool gratisan saja. Dan topik yang kami bahas kali ini memang untuk Anda yang masih ingin mengandalkan tool gratisan untuk SEO. Berikut Daftar Tool Gratisan untuk SEO tersebut:

Tool Gratis untuk SEO Bag. 1

Pada bagian pertama ini, akan dibahas tool dasar yang bersifat pondasi dari webesite Anda. Dengan kata lain tool ini ibarat gerbang pembuka untuk Anda memulai aktivitas SEO.

Tool Pencari/ riset Keyword Turunan | Keyword tool gratis

Mengapa keyword turunan, dan mengapa bukan keyword utama?
Karena keyword utama tidak perlu diriset untuk Anda yang sudah membuat website. Karena sudah tahu dong,,produk apa yang Anda jual. Membuat Artikel/ Postingan yang menggunakan Keyword turunan yang memiliki relasi dengan keyword utama nantinya dapat mendorong keyword utama yang Anda bidik. 2 tool di bawah ini cukup powerfull untuk menampilkan keyword turunan.

Tool Spin Artikel

Ini salah satu seo Tool gratisan yang digunakan untuk menjadikan artikel  yang dicomot di mana-mana (copy paste) menjadi unik. Ini untuk Anda yang sudah kehabisan akal untuk membuat konten unik. Namun perlu diingat, artikel dari hasil spin “sebaiknya” di posting di blog/ forum/ sosial media dengan akun klonengan atau yang bersifat sekunder. Bukan melalui akun primer, atau bahkan posting di website utama. Karena tidak baik untuk jangka panjang.

  • Spinbot (artikel Bahasa inggris)
  • Swakata (artikel Bahasa Indonesia)

Tool Penyedia Foto Gratis Kualitas HD

Siapapun yang membuat konten atau website, pasti membutuhkan gambar dengan kualitas HD. Karena dengan HD akan memberikan tampilan yang bersih. Tidak mengurangi kualitas ketika nanti Anda resize. berikut website penyedia foto HD gratis. Ini dia website penyedia foto gratisan :

  • All-free-download ( Bisa mencari dengan menggunakan judul)
  • Pexels (Koleksi foto kekinian dan artistilk)

Tool Cek plagiarisme

Tool untuk mengecek apakah artikel anda termasuk artikel plagiat atau unik.

Tool Submit biar blog/ websiteTerindeks

Tool gratis untuk seo ini sangat penting agar artikel/website yang dibuat tidak sia-sia. Jika diasumsikan bahwa Anda sudah membuat website beserta kontennya. Hal selanjutnya adalah membuat agar artikel/ konten yang Anda buat terindex di mesin pencarian. Anda perlu submit link website Anda. Berikut tool nya :

  • EntireWeb
  • FreeWebSubmission.

NB: Terkhususkan Mesin pencari Google (google console), Bing (bing tool) , Yandex (yandex webmaster). Anda perlu log in dan submit lansung ke website tersebut. Sementara mesin pencari yang lain, bisa menggunakan salah satu web submit di atas. Jangan lupa membuat sitemap. Di google sudah terlalu banyak yang membuat artikel cara membuat sitemap. Baik untuk wordpress ataupun blogger. Pelajarilah!!

Mungkin Anda juga berminat : Daftar Penyedia Domain Gratis

Tool Gratis untuk SEO Bag 2

Cari Backlink dan Promosi

Backlink saat ini masih penting. Namun tetap harus hati-hati. Karena bila salah backlink, website Anda bisa dibenci google. Anda tidak perlu pusing bertanya backlink mana yang berkualitas. Anda cukup berpikir tentang apakah backlink tersebut relevan atau tidak dengan website Anda. Bila tidak menemukan, maka yang paling sederhana adalah melihat backlink kompetitor. Ini toolnya :

  • MOZ
  • Seoreviewtools
  • Linkody

Dari ketiga tool gratis untuk seo backlink tersebut, Paling tidak ada 100 backlink yang diberikan kepada Anda. Jika ingin lebih dari itu, biasanya mengharuskan Anda untuk membeli versi premium. Tapi apakah tidak cukup 100 backlink? Saya rasa cukup. Namun bila backlink ternyata tidak relevan dengan produk Anda atau sulit untuk menancapkan link Anda. Maka silahkan browsing sendiri. Browsing dengan mengetik backlink high DA PA, atau mencari forum setopik dengan mengetk: [keyword]+forum untuk luar negeri dan forum+[keyword]. Misalnya anda mencari forum baju hamil, ya tinggal ketika aja, Forum Baju hamil. Gabunglah di forum, dan berbagi artikel dengan menyisipkan link website Anda.

Pasang Tombol Share, Like di Artikel

Hal ini untuk meminimalisir pergerakan mouse dan klik yang terlalu banyak. ketika Anda mengshare artikel Anda ke puluhan website yang terhubung dengan tool tertentu tanpa harus membuka websitenya satu persatu di kolom pencarian. Tool yang kami rekomendasikan adalah :

  • Addthis ( pasang di website Anda, support wordpress dan blogger)

Tool gratis untuk seo ini cukup menyingkat waktu dalam mempromosikan artikel yang baru dibuat. Namun usahakan dalam satu aplikasi browser, google chrome misalnya. Semua akun jejaring sosial/ website sharing yang terintegrasi dengan Addthis sudah dalam keadan log in, dan jangan pernah log out. Misalnya facebook. Anda tidak mau kan setiap artikel yang Anda bagikan selalu saja log in terlebih dahulu. Ini agak merepotkan. Maka usahakan punya browser khusus yang untuk akses jejaring sosial dan sharing artikel.

Bila sudah terlalu lelah, Anda bisa gunakan Jasa Digital Marketing untuk Berpromosi

Tool Evaluasi Website

Anda bisa memantau perkembangan website Anda. Dari mengecek trafik, sumber trafik, keyword yang diketik orang menuju website Anda, demografik visitor, usia dan sebagainya. Ini penting untuk mengevaluasi website Anda. Sampai mana peningkatannya. Tool satu-satunya yang banyak digunakan adalah:

  • Google Analytic

Sementara tool yang digunakan untuk mengevaluasi website orang dalam artian menganalisis website kompetitor adalah menggunakan Semrush dan Ahref. Dua tool ini adalah tool premium, tapi tidak salah jika Anda memanfaatkan versi trialnya, sekedar untuk menganalisis beberapa website kompetitor.

Demikian tool Gratisan untuk SEO yang bisa Anda gunakan. Dan sampai tulisan ini dibuat, tool-tool tersebut masih work dan sangat membantu, dan masih digunakan. Tool gratis untuk seo ini bukanlah hal yang harus difanatikan. Karena perubahan selalu terjadi. Mungkin akan ada tool baru yang bermunculan atau akan ada masa Anda akan butuh versi premium, walaupun faktanya kadang fungsi hampir saja sama. Anda harus siap menerima hal baru.

Kemungkinan Anda minat juga:

Domain Murah

Hosting Murah

Jasa Pembuatan Website

Terimakasih

 

About the Author

One thought on “Daftar Tool Gratisan untuk SEO | Masih Work Sampai Sekarang

  1. ari - May 16, 2018 at 8:58 am

    Pak apakah semua aplikasi yang bapak berikan diatas harus saya gunakan semua agar blog saya pengunjungnya meningkat?

    Reply

Leave a Reply