Mengenal Apa itu VPS Hosting, Cara Kerja, Kekurangan dan Kelebihannnya

Mengenal Apa itu VPS Hosting, Cara Kerja, Kekurangan dan Kelebihannnya

Satelitweb kali ini akan membagikan informasi yang sangat penting dan sering menjadi pertanyaan, khususnya pada pengguna hosting tentang apa itu VPS, bagaimana cara kerjanya, apa bedanya dengan share hosting? Serta kekurangan dan kelebihannya.

Untuk membuat sebuah situs web, diperlukan adanya server web yang akan digunakan untuk mengunggah file dan komponen lainnya. web server atau server web biasanya disediakan oleh penyedia layanan hosting atau dikenal dengan istilah web hosting.

VPS hosting seringkali digunakan oleh pemilik situs web dengan traffic menengah hingga tinggi yang memerlukan layanan lebih optimal dari shared hosting.

Apa itu VPS Hosting?

Virtual Private Server atau VPS Hosting adalah sebuah sistem operasi virtual yang berada di dalam server induk dan menggunakan teknologi virtualisasi untuk menyediakan sumber daya khusus (pribadi) ke server virtual lainnya.

VPS hosting umumnya dianggap sebagai batu loncatan antara hosting bersama (shared hosting) dan penyiapan hosting khusus (dedicated hosting).

Jika diumpamakan, shared hosting digambarkan seperti tinggal di apartemen, di mana penggunanya dapat menikmati fasilitas dengan biaya yang lebih murah. Kekurangannya adalah Anda harus berbagi fasilitas dengan banyak orang (berbagi sumber daya dengan akun lain di server yang sama) dan apabila Anda mengadakan sebuah acara dengan mobilitas lalu lintas tinggi, tentu akan mengganggu kenyamanan penduduk lain.

Sebuah dedicated server digambarkan seperti Anda yang tinggal di rumah sendiri dengan lahan tanah yang luas. Seluruh sumber daya di rumah tersebut tentu dapat digunakan sesuka hati tanpa khawatir terganggu atau mengganggu kenyamanan tetangga.

VPS hosting terletak di suatu tempat yang berada di tengah antara keduanya. VPS diibaratkan seperti townhouse yang lebih besar dari apartemen (shared hosting) namun Anda harus berbagi properti dan layanan tertentu dengan pengguna lain.

Ketika memulai membangun sebuah situs web, beberapa orang memilih menggunakan shared hosting karena dinilai lebih mudah dan biaya lebih terjangkau. Dengan hosting ini, beberapa penghuni apartemen (situs web) berbagi sumber daya dengan penduduk satu gedung (satu server fisik).

Seiring dengan perkembangan situs web, bandwidth yang tersedia semakin menipis dan di saat bersamaan, situs yang Anda miliki membutuhkan ruang gerak dan traffic yang cepat. VPS hosting menjawab masalah skalabilitas dan sumber daya yang terbatas.

pengertian VPS

VPS dibagi menjadi banyak bilik virtual di dalam server dan setiap akun akan mendapatkan sejumlah sumber daya seperti server CPU, memori, disk space, bandwidth dan akses root. Meski Anda masih harus berbagi gedung (server) dengan pengguna lain, namun dengan VPS Anda memiliki kontrol lebih besar untuk situs web yang dimiliki termasuk membuat perubahan dan mengelola sistem operasi Anda sendiri.

Cara Kerja VPS Hosting

VPS hosting bekerja menggunakan server induk untuk menampung beberapa server virtual yang terpisah satu sama lain. Menggunakan perangkat lunak yang disebut hypervisor, perusahaan hosting akan mengimplementasikan lapisan virtual di atas sistem operasi untuk membagi server virtual.

Pemisahan antara dinding virtual ini memungkinkan setiap pengguna menginstal sistem operasi dan perangkat lunak mereka sendiri, membuat server yang benar-benar pribadi dan terpisah dengan pengguna lain di server yang sama.

Virtual Private Server Hoting

Fungsi VPS Hosting

Apa fungsi VPS? VPS pada umumnya digunakan untuk beban kerja yang lebih kecil namun membutuhkan kinerja yang konsisten. Beberapa fungsi VPS untuk bisnis adalah:

  1. Hosting 1-10 situs web
  2. Menyimpan file perusahaan dan pelanggan yang dapat diakses dari mana pun dan kapan pun
  3. Web hosting
  4. Email hosting
  5. Database
  6. Hosting cPanel atau Plesk
  7. Membangun dan memberikan layanan berbasis cloud untuk pelanggan
  8. Memberikan workstation virtual untuk remote desktop
  9. Membuat Virtual Private Network (VPN)

Secara umum, Anda dapat menggunakan VPS untuk kebutuhan apapun yang dapat digunakan pada server khusus, namun perlu diingat, VPS terbatas pada penyimpanan dan bandwidth.

Jika Anda tidak memerlukan seluruh server khusus (dedicated server), VPS merupakan pilihan yang lebih terjangkau karena pengguna hanya mengeluarkan biaya untuk layanan yang dibutuhkan saja.

Manfaat dan Kelebihan VPS Hosting

VPS hosting memberikan beberapa manfaat penting sebagai perpaduan antara shared hosting dan dedicated hosting. Berikut beberapa manfaat utama VPS hosting:

  1. Performa yang andal. VPS memungkinkan Anda untuk memiliki bandwidth dan penyimpanan yang dialokasikan sendiri dan tidak harus berbagi dengan pengguna lain.
  2. Perlindungan data. VPS hosting memudahkan pengguna untuk melakukan pencadangan server.
  3. Keamanan. Lingkungan VPS diisolasi satu sama lain, menjadikannya lebih aman daripada lingkungan shared hosting.
  4. Kustomisasi. VPS hosting sangat mudah disesuaikan sehingga Anda hanya mendapatkan fitur yang diinginkan termasuk sistem operasi.
  5. Kontrol. VPS hosting menawarkan kemampuan untuk mengawasi lingkungan hosting. Selain itu, jika pengguna berencana menginstal aplikasi yang mengharuskan untuk melakukan restart sistem, Anda tidak akan mengganggu pengguna lain meski tengah berbagi server.
  6. Biaya lebih murah. Dengan beberapa fitur yang lebih menguntungkan, VPS hosting dinilai lebih hemat biaya daripada dedicated server atau server khusus.

Kekurangan VPS Hosting

Sama seperti sebuah layanan pada umumnya, VPS hosting memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Lebih mahal. Jika dibandingkan dengan shared hosting, VPS cenderung lebih mahal. Namun tidak semahal dedicated server hosting.
  • Terbatas. VPS hosting memiliki bandwidth dan layanan yang terbatas. Jika pengguna ingin mengakses lebih banyak pada se
  • Tidak aman. Meskipun VPS hosting lebih aman jika dibandingkan dengan shared hosting, namun VPS tidak seaman dedicated server. Dengan dedicated server, pengguna dapat mengendalikan keamanan secara penuh. VPS hosting hanya memberi Anda kendali atas partisi sumber daya yang diberikan.

VPS hosting merupakan sebuah jembatan antara shared hosting dengan dedicated server hosting. Keuntungan yang ditawarkan adalah kemampuan untuk memiliki kendali penuh atas lingkungan hosting sesuai dengan yang pengguna harapkan termasuk kustomisasi sistem operasi.

VPS hosting menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melakukan upgrade situs web dari shared hosting namun minim biaya untuk membeli layanan dedicated server hosting.

Demikian teman-teman Satelitweb bagikan tentang apa itu VPS, cara kerja, kekurangan serta kelebihannya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About the Author

Leave a Reply