Ini Bedanya Unmanage, Semi-manage, dan Manage VPS

perbedaan unmanage, semi-manage, dan manage VPS Linux Server

Saat Anda ingin menyewa VPS (Virtual Private server) biasanya akan terdapat layanan tambahan atau add on service untuk VPS yang akan diorder. Layanan pengelolaan VPS tersebut biasanya ada 3 : unmanage, semi-manage, dan manage. Tapi pada beberapa penyedia jasa layanan, ada juga yang hanya membatasi dengan 2 pilihan saja yaitu : manage dan unmanage.

Kali ini, Satelitweb akan menjelaskan pengertian sekaligus perbedaan daripada ketiganya langsung.

Ini sangat penting diketahui agar tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda dan penyedia layanan saat Anda sudah mengelola VPS hosting Anda.

VPS Unmanage

Ini artinya, Anda benar-benar hanya memesan VPS saja. Pihak hosting membatasi tanggung jawabnya. Segala urusan administrator server menjadi tanggung jawab Anda (pengguna) sepenuhnya. Penyedia hanya membantu membuat akun VPS dan setup diawal, selebihnya pengelolaan dan konfigurasi pada VPS adalah tanggung jawab Anda sepenuhnya. Inilah yang dimaksud dengan VPS unmanage.

Saran :

Ketika Anda memesan VPS Unmanage, Anda harus memiliki pengetahuan administrasi Linux server, termasuk masalah keamanannya, karena itu juga merupakan tanggung jawab pengguna. Pengguna harus selalu menjaga dan memonitoring layanan servernya agar script website di dalamnya selalu up to date dengan melakukan upgrade setiap rilis versi baru agar server selalu dalam keadaan aman.

VPS Semi-manage

Di VPS semi-manage, pihak hoster atau penyedia layanan bertanggung jawab 50 persen atau setengah mengelola server Anda. Misalnya saja instal ulang OS dan kontrol panel, menambahkan IP Address, seting firewall, upgrade kernel, manajemen DNS, support atau bantuan kalau-kalau terjadi masalah umum dan hal lainnya ikut dibantu.

Layanan semi-manage ini sangat cocok apabila Anda belum berpengalaman dalam menggunakan baris perintah administrator Linux. Apabila tidak memiliki kemampuan itu, Anda bisa mengelola server Linux Anda sendiri dengan bantuan user interface kontrol panel yang mudah digunakan. Di internet sudah ada banyak jenis kontrol panel yang ada, misalnya DirectAdmin, Webmin, dan cPanel. Panel kontrol tadi sangat populer dan banyak digunakan.

VPS Manage

Setelah sebelumnya dijelaskan VPS dengan tanpa bantuan pengelolaan (unmanage), setengah bantuan pengelolaan (semi manage), yang terakhir ini pemesanan VPS termasuk dengan pengelolaan secara penuh oleh pihak hoster. Ini yang dimaksudkan dengan VPS Manage.

VPS Anda akan diurus penuh oleh pihak hoster, termasuk menginstal perangkat lunak atau software, perawatan, keamanan atau maintenance VPS server Anda, kecuali memang untuk pemasangan script atau software khusus.

Pihak hoster akan memberikan support penuh terhadap VPS yang Anda gunakan hampir meliputi semua yang berhubungan dengan server VPS Anda seperti membantu pengguna ketika mempertanyakan permasalahan VPS, menginstal software, menjaga keamanan server VPS, konfigurasi dan perawatan (ini biasanya mencakup segala macam script php, perl script, dan sebagainya). Layanan manage sangat ideal untuk Anda sebagai penguna yang tidak memiliki keterampilan teknis dan lebih fokus kepada pengembangan bisnis Anda daripada harus repot-repot mengurus hal-hal teknis yang menyita perhatian dan waktu Anda yang berharga.

Demikianlah gambaran umum tentang pengertian daripada layanan tambahan ketika anda ingin memesan VPS.

Saran Satelitweb, Anda bisa menggunakan VPS semi-manage sebagai alternatif untuk Anda yang sedang mencari VPS Linux hosting dengan harga yang terjangkau daripada VPS manage. Pada akhirnya, memilih VPS semi-manage akan menghemat pikiran dan uang Anda lebih banyak.

Namun, pengambilan keputusan akhir untuk memilih dari jenis-jenis pengelolaan VPS lagi-lagi ada di tangan Anda, silakan sesuaikan yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Terima kasih dan semoga bermanfaat. 🙂

About the Author

Leave a Reply