Contoh Digital Marketing, 6 Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis

Contoh Digital Marketing, 6 Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis

Digital marketing dalam praktiknya di dunia modern sangat dibutuhkan. Mulai dari mengenalkan brand atau merek produk Anda, memperoleh kepercayaan, sampai dengan mendapatkan profit secara nyata. Ada banyak hal yang dapat Anda manfaatkan dalam proses melakukan pemasaran via digital ini.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas beberapa hal mulai dari pengertian, jenis, contoh digital marketing, strategi, serta kelebihannya. Maka dari itulah simak informasi di bawah ini sampai tuntas, agar tidak ada detail yang Anda lewatkan sama sekali.

Pengertian Digital Marketing

Ada banyak pengertian digital marketing, namun pada intinya merupakan sebuah proses dari merencanakan konsep, merealisasikan ide, dengan tujuan mendapatkan konsumen secara cepat melalui media komunikasi. Sebagaimana diketahui, teknologi internet mampu bertukar informasi secara cepat dan dinamis.

Oleh karenanya, memanfaatkan digital marketing dalam praktik mendapatkan konsumen gencar dilakukan para pelaku bisnis. Pemasaran di dunia maya ternyata mempunyai dampak cukup besar untuk penjualan.

Jika menengok pada fenomena di media sosial, barangkali Anda pernah melihat selebgram atau artis yang memasarkan produk tertentu. Hal tersebut menjadi indikasi yang logis bahwa pemasaran yang dilakukan melalui media sosial mendorong penonton untuk melakukan action membeli.

Jenis Digital Marketing

Dalam praktiknya ada beberapa jenis digital marketing. Seiring berkembangnya zaman, contoh digital marketing yang sukses karena sudah menerapkan berbagai jenisnya secara optimal. Namun secara umum, ada 6 jenis darinya, meliputi:

  1. Situs Web;
  2. Sosial Media;
  3. Video Kreatif;
  4. Konten Tulisan;
  5. Ulasan dan Review; dan
  6. Gambar Informasi.

Contoh Digital Marketing

Sedangkan dari masing-masing jenis digital marketing di atas, memberi dampak baik yang berbeda-beda. Soalnya ini menyangkut tentang strategi yang digunakan. Tidak bisa antara satu jenis disamakan perlakuannya dengan jenis yang lain.

  1.   Situs Web

Pertama, situs web (website) akan membantu dalam membangun citra sebuah perusahaan Anda. Perusahaan tersebut akan tampak lebih profesional dan bersungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan.

Bandingkan dengan usaha yang tidak mempunyai situs web. Selain kurang profesional, juga pemasaran yang dilakukan tidak akan bisa maksimal. Dengan demikian, akan kesulitan waktu mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

Sebagai contoh, ketika Anda punya usaha kaos dan jasa sablon. Menggunakan situs web sebagai sarana promosi, diskon, dan lahan informasi utama sangat disarankan. Mengingat branding atau pengenalan merek kalau dilakukan melalui situs web akan optimal.

  1.   Sosial Media

Membuat akun media sosial resmi dan mengedarkan promosi serta informasi terkait usaha Anda sangat bagus. Hal ini bisa Anda lakukan bahkan dengan gratis. Media sosial juga berfungsi sebagai kolam Anda dalam menggaet para konsumen.

Di sisi lain, media sosial seperti Facebook dan Instagram kini menjadi lahan promosi yang cukup baik. Anda bisa mengunggah video informasi, infografik, maupun poster yang persuasif dalam mendorong calon konsumen melakukan aksi.

  1.   Video Kreatif

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam contoh digital marketing satu ini. Dalam video kreatif, bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti, video profil perusahaan, penjelasan produk secara resmi, cara menggunakan atau pemakaian, hingga testimoni konsumen.

Anda bisa mengawali membuat video kreatif dengan dampak yang tidak diinginkan. Misalkan sebuah produk kecantikan, para konsumen yang kebanyakan perempuan tidak menginginkan ada masalah di kulit. Maka untuk mengobati dan mencegah masalah-masalah tersebut, Anda bisa memasukkan produk Anda di sana.

  1.   Konten Tulisan

Informasi tertulis mutlak Anda butuhkan dalam proses menunjang beberapa hal. Konten tulisan akan bermanfaat untuk ranking situs web, caption media sosial, subtitel video kreatif, hingga detail kecil lain pada media promosi.

  1.   Ulasan dan Review

Ulasan dan review baik dari konsumen sangat berpengaruh kepada keputusan yang akan diambil konsumen selanjutnya, loh. Sebagai contoh, perusahaan Anda berada di pencarian Google, lengkap dengan media sosial dan situs web. Untuk meningkatkan reputasi, Anda bisa meminta konsumen yang puas untuk memberi review dari pelayanan.

review google maps Satelitweb

Review mempunyai dampak yang lebih gila lagi ketika Anda menggunakan platform seperti toko online dan marketplace. Review yang banyak dan positif mampu mendongkrak minat membeli dari konsumen.

  1.   Gambar Informasi

Media sosial yang disusun dengan content planner sistematis akan sangat bagus. Misalnya, hari ini membahas tentang gambar informasi ini, besoknya ini, dan seterusnya. Biasanya content planner media sosial seperti Instagram akan dibuat lengkap satu bulan.

Pada saat membuatnya, Anda akan melakukan prediksi jika ada hari besar atau hari libur tertentu. Sehingga tidak akan tergesa-gesa ketika membuat konten infografik, sebab semuanya sudah tersusun secara rapi dan sistematis.

Strategi Digital Marketing

Beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan sebagai tindakan lanjut promosi adalah sebagai berikut ini.

  1.   Menguasai Pencarian

Muncul pada Search Engine Results Page (SERP) halaman pertama akan sangat bagus. Misalnya Anda membidik kata kunci tertentu, saat kata kunci tersebut dicari, situs web yang telah Anda buat muncul pada halaman pertama pencarian. Salah satu jalannya yaitu melakukan optimasi untuk SEO on-page, off-page, dan technical.

  1.   Konten Marketing

Untuk konten marketing yang baik, fokuslah kepada apa yang konsumen butuhkan. Bukan pada apa yang dipunyai oleh perusahaan. Konsumen akan merasa jenuh kalau setiap Anda mengunggah sesuatu, di situs web dan media sosial, melulu soal kelebihan perusahaan. Mereka butuh sesuatu yang segar dan bermanfaat untuk kehidupannya.

  1.   Pemasaran Optimal

Melakukan pemasaran yang optimal di marketplace serta platform lainnya akan baik. Sebagai contoh strategi digital marketing, Anda mesti mempertimbangkan kesanggupan menyediakan stok barang dari permintaan. Jangan sampai pelanggan jadi kecewa karena persediaan ternyata kosong atau tidak mencukupi.

  1.   Afiliasi

Program afiliasi yaitu ketika Anda bermitra atau bekerja sama dengan layanan, bisnis, hingga situs orang lain dengan tujuan mengarahkan kepada promosi produk Anda. Program ini cukup efektif dalam memperkenalkan merek maupun menjual produk.

  1.   Sosial Media

Teknik pemasaran melalui media sosial (social media marketing) harus mempunyai ciri khas. Untuk awal mula, Anda bisa fokus kepada satu media sosial terlebih dulu. Kemudian menemukan bahasa yang digunakan, apakah formal, santai, atau bahkan koboi.

  1.   Iklan

Semua contoh strategi digital marketing di atas akan lebih maksimal dan cepat menggunakan layanan iklan. Baik itu memasang iklan di media sosial maupun pencarian Google. Bahkan Anda juga menyewa jasa selebgram, youtuber, dan lain sebagainya sebagai turbo mendatangkan pelanggan.

Untuk mendapatkan semua kelebihan digital marketing seperti cepat dikenal, evaluasi terstruktur, jangkauan menyeluruh dan luas, serta efektif dan terbukti. Menggunakan contoh digital marketing, jenisnya, sampai strategi tertentu amat disarankan.

Pada intinya tetap kembali kepada usaha dan tujuan bisnis masing-masing. Bagaimana bisnis yang spesifik menerapkan strategi supaya mendapat pelanggan, itu persoalan yang lain. Contoh digital marketing yang sukses dengan mengoptimalkan setidaknya satu strategi yang tepat.

Lihat Videonya: 

About the Author
Ari
Penulis di Satelitweb.com

6 thoughts on “Contoh Digital Marketing, 6 Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis

Leave a Reply