Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi .COM Terbaru!

Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi .COM Terbaru!

Satelitweb akan memberikan tutorial cara mengganti blogspot menjadi com atau cara mengubah Blogspot.com menjadi .COM / .NET / .ORG atau  Top Level Domain Murah (TLD) lainnya sesuai keinginan Anda dengan mudah.

Misalnnya yang tadinya : nama bisnismu.blogspot.com diubah menjadi namabisnismu.com saja.

Dengan begitu nantinya blog Anda akan terlihat lebih simpel, mudah diingat, singkat dan terkesan serius atau profesional di mata pengunjung atau orang lain!

Agar Anda dapat memahaminya secara penuh, maka tidak tanggung-tanggung dalam tutorial kali ini, Satelitweb akan membuatkan studi kasus untuk Anda.

 Untuk kiat-kiat memperoleh domain .com yang murah, silahkan Baca artikel : Domain Murah Untuk Blog

Dalam tutorial ini, contoh kasus yang akan diberikan adalah mengubah nama Blogspot yang tadinya khalifahpomade.blogspot.com menjadi khalifahpomade.com saja. Silakan langsung simak tutorial mudah mengganti domain blogger menjadi .com ini.

Pertama, cara mengganti blogspot menjadi com diawali dengan login terlebih dahulu ke akun Blogger / Blogspot Anda dengan membuka blogger.com lalu klik pada blog yang ingin Anda ubah nama domainnya seperti gambar di bawah ini :

cara mengubah nama domain blogger blogspot Lalu klik Setelah > Dasar seperti gambar di bawah ini :

Cara Mengubah Nama Domain Blogger Blogspot2

Lalu silakan Anda tambahkan URL ke 3 Anda pada bagian Penerbitan dengan klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda lihat gambar di bawah ini :

cara _mengubah_nama_domain_blogger_blogspot3

Klik Simpan setelah itu

cara _mengubah_nama_domain_blogger_blogspot4

Perhatikan : jika terdapat pesan kesalahan setelah Anda melakukan itu, tidak usah khawatir, pesan kesalahan tersebut memberitahu Anda informasi CNAME (ditandai dengan kotak merah pada gambar di bawah) yang nantinya kedua CNAME itu Anda gunakan untuk melakukan pengaturan di domain panelnya.

cara _mengubah_nama_domain_blogger_blogspot5Sekarang, buka tab baru dan mari kita menuju domain panel di Satelitweb untuk melakukan pengaturan. Buka cp.satelitweb.com/customer pada tab baru di browser Anda apabila Anda mendapatkan nama domain .COM .NET dan ekstensi lainnya di Satelitweb.

Masukan username dan password Anda di sana, seperti gambar di bawah ini :

domain-satelitweb

Setelah itu pilih Manage Orders > List/Search Orders seperti gambar di bawah ini :

domain-satelitweb2

Klik pada nama domain yang ingin Anda custom ke Blogger Anda.

domain-satelitweb3

Klik DNS Management di menu kiri kontrol panel domain Anda.

domain-satelitweb4

Lalu klik CNAME Records dan klik lagi Add CNAME Record untuk menambahkan record baru seperti di gambar bawah :

domain-satelitweb5

Di sana terdapat 3 bagian yang harus Anda isi pada bagian CNAME Record ini, silakan melihat gambar di bawah untuk penjelasannya. domain-satelitweb6

Apabila Anda lupa, Anda bisa masuk ke akun Blogger Anda kembali untuk melihat pengaturan CNAME yang diperlukan.

domain-satelitweb7

Keterangan pengisiannya adalah  :

Host Name : isikan dengan www

Value : isikan dengan ghs.google.com

TTL : biarkan derfault

domain-satelitweb8

Klik Add Record jika sudah, dan nanti akan muncul pesan sukses yang menandakan Record pertama sudah berhasil dibuat seperti gambar di bawah :

domain-satelitweb9

Buat lagi rercord yang ke 2 dengan cara klik Add CNAME Record :

domain-satelitweb10

Lalu silakan isikan sesuai dengan data yang di diperintahkan di akun Blogger Anda tadi.

domain-satelitweb11

Setelah itu, pesan berhasil akan muncul. Sampai di sini pengaturan di control panel domain sudah selesai, tinggal satu langkah lagi melakukan pengaturan di Blogger Anda.

domain-satelitweb12

Silakan kembali ke akun Blogger Anda, dan pilih Setelan > Dasar lalu isi nama domain yang sudah Anda tambahkan CNAME nya tadi ke setelan domain pihak ke 3. Gambar di  bawah mungkin akan lebuih menjelaskan :

domain-satelitweb13

Jangan lupa untuk mengedit setelan domainnya lagi dan centang pilihan “Alihkan namadomainanda.com ke www.namadomainanda.com” seperti gambar di bawah.Hal tersebut berguna agar pengunjung blog Anda bisa mengakses nama domain Anda meski tanpa mengetikan www. di browser.

domain-satelitweb14

Setelah itu, selesai dan hasilnya sekarang blogger Anda bisa diakses dengan namadomainanda.com seperti contoh di bawah ini :

domain-satelitweb15

Selesai sudah tutorial cara mengubah nama domain Blogspot Anda dengan mudah ini.

Catatan : Apabila masih muncul pesan kesalahan ketika Anda ingin mengubah nama domainnya di Blogger, tunggu beberapa saat atau maksimal 24 jam untuk dicoba kembali.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan terima kasih banyak.

Apabila Anda belum memiliki nama domain sendiri seperti .COM / .NET / .biz dan sebagainya, silakan Anda dapatkan nama domain TLD dambaan Anda di Satelitweb. Harga domain murah dengan fasilitas full control, tim support yang handal dan ramah. Dan bila ingin lebih serius untuk memiliki website Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website oleh tim kami. 1-2 minggu selesai dan siap online.

Jangan Hanya Blogspot, Tumblr Juga ada Tutorialnya : Mengubah nama domain blog Tumblr Anda menjadi COM

Anda juga dapat melihat video tutorial cara mengganti blogspot menjadi com yang telah Satelitweb buat di bawah ini untuk lebih jelasnya.

SILAKAN TONTON VIDEO TUTORIAL CARA MENGGANTI BLOGSPOT MENJADI COM

 

About the Author

Leave a Reply