Cara Menghapus Akun Hosting Pelanggan di WHM

Apa kabar, kawan? Semoga selalu dalam keadaan yang semangat, ceria, menyenangkan, dan menggairahkan. ūüôā

Jika kawan sering-sering berkunjung ke blog Satelitweb, kemarin tentulah sudah mengetahui tutorial-tutorial penting untuk bisnis web hosting Anda pada kategori panduan reseller ini.

Pada tulisan kali ini, Satelitweb masih akan melanjutkan tutorial pelengkapnya, yaitu cara untuk menghapus atau biasa juga disebut terminate akun pelanggan hosting di akun WHM (WebHost Manager) Anda.

Hal ini biasanya dilakukan oleh penyedia layanan web hosting atau webmaster sebagai tindakan terakhir untuk memutuskan sebuah kerjasama setelah dilakukannya pemberhentian sementara (suspend).

Langsung, yuk!

Seperti biasa Anda login terlebih dahulu ke akun WHM, dan jika sudah klik “Terminate an Account” pada menu samping WHM.

cara menghapus akun hosting pelanggan

2. Akan muncul nama-nama domain pelanggan Anda yang terhubung dengan web hosting Anda. Klik nama domain yang ingin dihapus dari WHM, setelah benar-banar yakin,¬†klik “Terminate” seperti gambar di bawah ini :

cara menghapus akun hosting pelanggan

Sampai di tahap ini selesai, tinggal menungggu sesaat hingga proses penghapusan hosting pelanggan Anda di WHM selesai dengan sempurna.

cara menghapus akun hosting pelanggan

Tunggu dulu, sebelum ditutup, ada sedikit yang ingin Satelitweb sampaikan.

Mungkin bagi yang baru akan bertanya, kenapa sih hal ini dilakukan? 

Biasanya hal ini dilakukan oleh karena terjadi hal-hal seperti berikut :

# Anda mempunyai pelanggan hosting, tetapi pada waktu yang sudah ditentukan, pelanggan Anda tidak melakukan kewajibannya (membayar biaya berlanggan). Kemudian Anda menghentikan layanan sementara (suspend) dan memberitahukan tagihan tersebut, tetapi tetap tidak kunjung membayar juga.

# Anda terkena tegur oleh pihak berwajib karena mempunyai pelanggan hosting yang memanfaatkan web hosting Anda untuk membuat website penipuan, SARA, phising, melakukan spam, dan yang dilarang oleh hukum internasional dan atau hukum di Republik Indonesia.

# Pelanggan Anda melakukan tindakan di luar Terms of Services yang telah Anda tentukan sebelumnya.

# Anda memiliki ketertarikan yang luar biasa terhadap seorang gadis anak pelanggan Anda, sehingga ketika pelanggan Anda ingin membayar hosting, Anda menolak uang tersebut dan menggratiskannya begitu saja. Akan tetapi, hal itu tidak direspon positif oleh si gadis anak pelanggan Anda, menolak mentah-mentah cinta Anda. (ini jelas alasan ngawur, kawan :p)

Di samping itu, tentu ada banyak lagi alasan-alasan kenapa Anda sebagai penyedia jasa layanan web hosting harus mengambil keputusan untuk ini.

Ini¬†tergantung kebijakan dari Anda sebagai penyedia jasa layanan web hosting, yang diharapkan dampak akhirnya tetap akan timbul rasa saling menghormati, saling mengerti dan memahami antara Anda dan para pelanggan Anda, tidak berujung kepada perselisihan dan¬†peperangan yang teramat dahsyat. ūüėÄ

Demikian, kawan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. ūüôā

About the Author

Leave a Reply