Cara Mengetahui Tulisan Dibuat oleh AI atau Manusia dengan 10 Tools Ini

Cara Mengetahui Tulisan Dibuat oleh AI atau Manusia dengan 10 Tools Ini

Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah tulisan yang kamu baca dibuat oleh manusia atau mungkin oleh kecerdasan buatan (AI)? Saat ini, teknologi AI sudah bisa menghasilkan konten tulisan yang nyaris sempurna selayaknya manusia. Untuk membantumu menjawab hal ini, Satelitweb akan menyajikan 10 tools terbaik yang dapat membantumu mengidentifikasi apakah sebuah tulisan dibuat oleh AI atau manusia.

Cara Membedakan Tulisan Dibuat oleh AI atau Manusia

1. Check-Plagiarism.com

cara Check plagiarism AI

Check-Plagiarism amat sangat memanjakan pengguna dengan tampilan yang sederhana tapi efisien. Deteksi plagiat yang cepat membuat tool satu ini amat dapat diandalkan untuk melacak keaslian dari sebuah tulisan.

Kelebihan:
Check-Plagiarism menyajikan user interface yang sederhana dan mudah digunakan. Alat ini memberikan hasil dengan cepat dan efisien, membuatnya ideal untuk pengguna yang ingin mendeteksi plagiarisme secara instan. Selain itu, fitur pembandingan yang canggih membantu mengidentifikasi sumber plagiat dengan akurasi yang tinggi.

Kekurangan:
Di balik kelebihan ada kekurangan, yaitu Check Plagiarism memiliki keterbatasan dalam mendeteksi plagiarisme yang melibatkan restrukturisasi kalimat atau penggunaan sinonim. Keakuratan alat ini bisa sedikit berkurang untuk kasus-kasus seperti itu.

2. Grammarly.com

Cara cek tulisan dibuat AI atau manusia Grammarly

Grammarly.com bukan hanya website untuk pengecekan tata bahasa, tetapi juga pengecek plagiat dengan tampilan yang elegan. Terdapat saran perbaikan untuk langsung memastikan tulisan bebas dari duplikasi.

Kelebihan:
Grammarly.com bukan hanya alat pengecekan plagiarisme, tetapi juga pemeriksa tata bahasa dan pengejaan yang canggih. Kelebihan utamanya terletak pada kemampuannya memberikan saran perbaikan grammar atau tata bahasa secara langsung, memastikan tulisan kamu tidak hanya bebas plagiarisme tetapi juga lebih berkualitas secara bahasa.

Kekurangan:
Sayangnya, Grammarly mungkin kurang efektif untuk mendeteksi plagiarisme pada tingkat konten yang lebih mendalam atau ketika sumber plagiat diubah secara signifikan.

3. Plagiarismdetector.net

Plagiarism Detector

Plagiarismdetector.net adalah gerbang serbaguna yang memudahkan pengguna dengan user interface yang ramah pengguna. Alat ini bisa dijadikan sahabat terpercaya dalam mengungkap asal-usul tulisan.

Kelebihan:
Plagiarismdetector amat menonjol dengan kemampuannya mendeteksi konten plagiat dari berbagai sumber, termasuk dokumen online dan offline. Tampilannya yang intuitif memudahkan pengguna untuk memahami hasil dengan cepat.

Kekurangan:
Tapi, alat ini mungkin kurang efisien dalam mengenali plagiat yang melibatkan penggunaan sinonim atau restrukturisasi kalimat yang kompleks.

4. Scribbr.com

Scribbr

Scribbr.com tidak hanya detektor plagiat, tetapi juga peningkat kualitas karya. Umpan balik komprehensifnya membantu memahami dan meningkatkan substansi tulisan, semua dalam tampilan yang menarik.

Kelebihan:
Scribbr tidak hanya memeriksa plagiarisme tetapi juga memberikan umpan balik yang komprehensif terkait struktur dan substansi tulisan. Ini sangat berguna untuk penulis yang ingin meningkatkan kualitas keseluruhan karya mereka.

Kekurangan:
Sayangnya, Scribbr mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk memberikan hasil karena pendekatannya yang lebih mendalam.

5. Copyleaks.com

Copyleaks cek plagiarsm

Copyleaks.com menyajikan teknologi deteksi plagiat yang canggih dengan user interface yang menyenangkan. Scan menyeluruh memberikan hasil yang akurat di berbagai jenis konten.

Kelebihan:

Copyleaks.com terkenal teknologi deteksi plagiarisme yang lumayan canggih, termasuk pengenalan citra dan dokumen PDF. Hal ini memastikan keberlanjutan deteksi di berbagai jenis konten.

Kekurangan:

Alat ini mungkin kurang efektif dalam mendeteksi plagiarisme pada tingkat kalimat yang sangat singkat atau saat plagiat diubah secara signifikan.

6. Copyscape.com

Copyscape cek tulisan ai atau manusia

Copyscape.com adalah pengawas keaslian konten dengan tampilan yang intuitif. Hasil yang akurat dan tautan langsung ke sumber asli memberikan kepastian atas keaslian tulisan.

Kelebihan:
Copyscape telah menjadi salah satu alat terpercaya untuk mendeteksi plagiarisme online. Keunggulannya terletak pada kemampuannya menemukan hasil yang akurat dan menyediakan tautan atau link langsung ke sumber asli.

Kekurangan:
Copyscape mungkin kurang efisien dalam mendeteksi plagiat yang melibatkan penggunaan sinonim atau ketika konten plagiat diubah secara substansial.

7. SmallSEOTools.com

Cara cek tulisan AI atau bukan Smallseotools

SmallSEOTools.com tidak hanya membantu SEO, tetapi juga memeriksa plagiat dengan tampilan yang stylish. Ini memastikan kamu dapat mengoptimalkan dan memeriksa keunikan tulisan.

Kelebihan:
SmallSEOTools menawarkan berbagai alat SEO, termasuk pemeriksa plagiarisme. Keuntungan utamanya adalah ketersediaan berbagai fitur SEO tambahan yang mungkin kamu butuhkan, memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk mengoptimalkan tulisannya secara keseluruhan.

Kekurangan:
Namun, karena banyaknya alat yang tersedia, SmallSEOTools.com mungkin tidak sefokus pada deteksi plagiarisme sebagaimana tools khusus lainnya, sehingga kemungkinan hasilnya tidak seakurat alat yang dibuat lebih spesifik hanya untuk plagiarisme.

8. Duplichecker.com

Dupli Checker AI

Duplichecker.com sedikit unggul dengan kecepatan dan tampilan yang simpel. Hasil deteksi yang cepat menjadikannya pilihan ideal untuk solusi instan dengan tampilan yang mudah dimengerti bahkan untuk yang gaptek sekali pun.

Kelebihan:
Duplichecker menonjol dengan kecepatan dan kemudahan penggunaannya. Alat ini memberikan hasil deteksi plagiarisme dalam waktu singkat, membuatnya cocok untuk pengguna yang membutuhkan solusi cepat.

Kekurangan:
Tetapi duplichecker rasanya memiliki tingkat akurasi yang lebih rendah dalam mengidentifikasi plagiat yang melibatkan restrukturisasi kalimat atau perubahan substansial.

9. Plagscan.com

PlagScan AI

Plagscan.com menggunakan pendekatan holistik untuk mendeteksi plagiat, semuanya disajikan dalam tampilan yang menawan. Analisis sintaksis dan semantik memberikan deteksi yang mendalam dan akurat.

Kelebihan:
Plagscan menawarkan pendekatan holistik dengan mengevaluasi setiap aspek tulisan untuk mendeteksi plagiarisme. Hal ini termasuk analisis sintaksis dan semantik, memastikan deteksi yang lebih menyeluruh.

Kekurangan:
Kelemahan Plagscan terletak pada waktu yang diperlukan untuk memberikan hasil yang lengkap karena pendekatannya yang mendalam.

10. Paperrater.com

PaperRater

Paperrater.com tidak hanya mengecek plagiarisme, tetapi juga memberikan analisis keseluruhan dengan tampilan yang user friendly. Fitur machine learningnya memberikan saran kontekstual untuk meningkatkan tulisanmu.

Kelebihan:
Terdapat fitur machine learning yang berfungsi membantu memberikan saran yang lebih kontekstual.

Kekurangan:
Paperrater memerlukan waktu lebih lama untuk memeriksa dokumen yang panjang, dan hasilnya dapat dipengaruhi oleh tingkat kompleksitas kalimat dan struktur tulisan.

(Catatan: evaluasi kelebihan dan kekurangan yang Satelitweb tulis ini subjektif dan bersifat dinamis sesuai dengan pembaruan dan perubahan pada tools tersebut)

Demikian teman-teman 10 website atau tools untuk mendeteksi tulisan terbuat dari AI atau manusia yang bisa membantu kamu mengidentifikasikannya. Alat-alat tersebut sangat bermanfaat sekali khususnya untuk kamu yang berkecimpung di dunia pendidikan seperti guru atau dosen, kamu bisa mengecek hasil tulisan siswa, mahasiswa atau anak didik dengan lebih otomatis.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.

About the Author

Leave a Reply