15 Mobile Framework untuk Membuat Aplikasi Android dan iOS

15 Mobile Framework untuk Membuat Aplikasi Android dan iOS

Kali ini, Satelitweb akan membagikan informasi 15 mobile framework terpopuler di dunia untuk membuat aplikasi Android dan iOS.

Lagi-lagi, di era digital serba cepat seperti sekarang ini, hampir setiap tahunnya, para produsen smartphone mengeluarkan produk terbaru dengan teknologi yang semakin canggih dan harga terjangkau.

Fenomena ini tentunya mendorong permintaan smartphone yang semakin tinggi dan meningkatkan jumlah pengguna smartphone di masyarakat. 

Saat ini, masyarakat tidak hanya menggunakan smartphone untuk keperluan pribadi, seperti komunikasi dengan kerabat dekat, bekerja, atau menggunakan media sosial. Melainkan, banyak pelaku bisnis yang juga memanfaatkan teknologi smartphone untuk mendukung performa bisnis mereka, misalnya menciptakan aplikasi melalui teknologi mobile atau mobile development.

Apakah Pengertian Mobile App Framework?

Mobile App Framework adalah alat bantu kerangka kerja Anda sebagai app developer untuk membuat aplikasi mobile, baik itu Android atau iOS dengan cepat.

Framework akan sangat membantu sekali dalam membuat baris kode Anda jauh lebih baik, sistematis dan lagi cepat, karena Anda tidak perlu menulis kode dari awal dan tidak perlu mengetahui semua bahasa komputer yang runyam untuk membuatnya, framework menyajikan kerangkanya, yang Anda perlukan adalah pemahaman yang baik tentang bahasa pemrograman berbasis web seperti JavaScript, HTML, dan CSS.

Untuk membuat aplikasi, para mobile developer harus menguasai bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak untuk platform yang dipilih. Misalnya, Java untuk Android dan BlackBerry, Objective-C untuk iOS, C# untuk Windows, dan C++ untuk Symbian.

cara membuat aplikasi android dan iOS

Meski begitu, pada masa sekarang, menguasai bahasa pemrograman untuk salah satu perangkat lunak tertentu saja tidak lagi cukup. Seringkali, para pelaku bisnis atau perusahaan perlu mengembangkan aplikasi yang ada di salah satu platform tertentu ke jenis platform lainnya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Contohnya, suatu perusahaan ingin aplikasinya yang sudah ada di platform iOS juga dapat diakses melalui Android.  Dalam hal ini, mobile developer membutuhkan kerangka kerja mobile atau mobile framework untuk dapat mengembangkan aplikasi tersebut dengan lebih mudah.

Nah, kira-kira apa saja mobile framework terbaik yang dapat digunakan? 

Jika Anda penasaran, mari simak 15 rekomendasi mobile framework untuk membuat aplikasi iOS dan Android yang populer berikut ini!

1. React Native

React Native adalah framework berbasis JavaScript yang diluncurkan oleh Facebook pada tahun 2018. Kerangka kerja ini sangat diminati di kalangan web developer di seluruh dunia. Bahkan, rata-rata 42% pemrogram aplikasi seluler menggunakannya untuk pengembangan aplikasi.

React Native Mobile Framework

Penggunaan framework ini juga dikenal ramah di kantong dan hemat waktu sehingga sangat populer digunakan, khususnya untuk perusahaan rintisan.

2. Flutter

Flutter Mobile Framework

Flutter adalah toolkit UI Google yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan visual yang menarik dan native-like menggunakan basis kode tunggal atau single codebase. Framework ini menggunakan widget untuk membuat aplikasi seluler yang responsif. Selain itu, framework ini memiliki mesin grafis 2D bernama Skia, yang memungkinkan Anda untuk menciptakan nuansa aplikasi seperti aslinya sesuai dengan permintaan klien.

3. Ionic

ionic

Ionic adalah open-source mobile framework gratis yang berbasis Angular dan Apache Cordova. Framework ini memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi seluler lintas platform untuk tiga platform berbeda seperti Android, iOS, dan Windows. Framework Ionic cocok digunakan oleh Anda yang familiar dengan bahasa pemrograman seperti HTML, JavaScript, atau CSS.

4. Xamarin

xamarin untuk buat aplikasi mobile

Xamarin adalah open-source framework yang dikembangkan oleh Microsoft. Framework ini memungkinkan pembuatan aplikasi seluler terbaik di kelasnya menggunakan software framework seperti .Net dan C. Dengan menggunakan framework ini, Anda dapat dengan lebih mudah mengintegrasikan beberapa tools, libraries, dan bahasa pemrograman untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi.

5. Swiftic

Swiftic adalah mobile development framework untuk perangkat iOS saja. Swiftic sangat mudah digunakan karena interface-nya yang bersifat user-friendly. Uniknya, Swiftic menawarkan jaminan uang kembali 30 hari dan jaminan keberhasilan 6 bulan bagi pengguna yang ingin mencoba.

6. Corona SDK

cara membuat aplikasi android dan ios

Corona SDK adalah open-source framework yang memungkinkan pembuatan aplikasi game untuk perangkat seluler. Framework ini didasarkan pada bahasa scripting Lua yang ringan, mudah digunakan, dan fleksibel. Corona SDK sangat populer untuk mengembangkan aplikasi game mobile lintas platform yang dapat diakses di iOS, Android, dan Nook.

7. Appcelerator Titanium

Appcelerator adalah mobile development framework lintas platform yang memungkinkan Anda membuat aplikasi asli untuk berbagai platform seperti Android, iOS, dan Windows menggunakan basis kode tunggal. Framework ini menggabungkan API dan komponen UP sendiri untuk mengembangkan aplikasi dengan kinerja yang luar biasa. Tak hanya itu, framework ini juga disinkronkan dengan cloud yang memungkinkan Anda untuk menggunakannya kapan pun Anda mau.

8. Native Script

native script

Framework yang satu ini memungkinkan pengembangan aplikasi asli untuk Android dan iOS menggunakan basis kode tunggal. Native Script menggunakan Angular, JS, Vue.js, SML, CSS, dan bahasa pemrograman lainnya untuk menggabungkan API asli alih-alih menggunakan tampilan web untuk merender user interface. 

9. Phone Gap

PhoneGap adalah web development framework lintas platform yang menggunakan HTML5 dan CSS3 sebagai bahasa intinya, sehingga memungkinkan framework ini untuk menggunakan komponen perangkat keras seperti kamera, akselerometer, dan GPS. Kelebihan dari framework ini adalah relatif mudah dipelajari dan memungkinkan Anda mengembangkan satu aplikasi yang dapat diakses di beberapa platform.

10. Mobile Angular UI

Mobile Angular UI adalah kombinasi dari HTML5, Bootstrap, dan AngularJs. Jika Anda  sudah familiar dengan Twitter Bootstrap dan AngularJS, pasti akan dapat dengan mudah menggunakan Mobile Angular UI ini untuk pengembangan aplikasi. Framework ini menyediakan berbagai komponen pengembangan aplikasi yang hilang di Bootstrap 3. Misalnya, overlay, switch, sidebars, area yang dapat digulir, dan lainnya.

11. Framework7

Framework ini adalah web development framework gratis yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi hibrida untuk Android dan iOS. Framework7 dapat dengan mudah menggunakan HTML, CSS dan JavaScript selama pengembangan aplikasi. Selain itu, framework ini juga menyediakan beberapa fitur luar biasa lainnya, seperti library agnostic, native scrolling, caching, browser history, dan sebagainya.

12. Sencha Touch

Sencha Touch menggunakan ExtJS sebagai JavaScript utama untuk mengembangkan dan memberikan tampilan yang berkinerja tinggi untuk aplikasi. Framework ini dapat digunakan untuk semua platform termasuk Android, iOS, Windows dan Blackberry. 

13. JQuery Mobile

JQuery adalah framework html5 terbaik untuk aplikasi seluler. Framework ini dapat berjalan  tidak hanya di semua perangkat tetapi juga di berbagai sistem operasi atau platform, seperti Android, iOS, Blackberry, Windows dan Firefox Mobile serta Kindle, Nook dan MeeGo.

14. Intel XDK

Framework yang satu ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi di setiap app store. Intel XDK dapat membantu Anda untuk mengembangkan aplikasi dengan plugin, aplikasi responsif, aplikasi interaktif, dan layanan web untuk perangkat apa pun. Selain itu, Intel XDK juga telah memiliki dukungan perangkat lunak untuk aplikasi IoT dan Node.JS.

15. Kotlin

framework kotlin

Framework Kotlin yang dengan bangga menyebutnya sebagai “bahasa pemrograman modern yang membuat para developer atau pengembang merasa lebih bahagia.”

Kotlin merupakan framework dengan bahasa Java yang paling praktis. Dengan didukung interface yang semakin baik setiap rilis barunya dari waktu ke waktu.

Fitur Utama Kotlin: 

  • Java interoperability support
  • Data classes
  • Smart cast function
  • Clean and compact syntax
  • Null-safety
  • Collection filtering
  • Extension functions

Tonton Rekomendasi Gratis Video Pembelajaran Kotlin:

Bonus: 

Adobe PhoneGap

Rekomendasi framework terbaik yang terakhir adalah Adobe PhoneGap. Framework ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Javascript, HTML5 dan CSS. Oleh karena itu, framework ini sangat cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi lintas platform.

Penutup

Demikian ulasan mengenai 15 mobile framework yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi populer di Android dan iOS. Setelah mengetahui kelima belas framework di atas, kira-kira framework mana yang ingin Anda coba?

Apabila Anda seorang pengusaha dan tidak ingin pikiran Anda dibuat pusing dan waktu Anda dikuras habis hanya untuk mengurus hal-hal teknis pembuatan website dan aplikasi untuk bisnis Anda, Satelitweb siap membantu Anda dalam mewujudkan website atau aplikasi untuk kebutuhan bisnis Anda di era digital yang semakin kompetitif dan cepat ini.

Silakan Anda sebagai pengusaha fokus ke bisnis Anda, urusan website dan aplikasinya, serahkan ke Satelitweb.

About the Author
Ari
Penulis di Satelitweb.com

Leave a Reply