15 Control Panel Web Hosting Gratis dan Berbayar untuk VPS Hosting

Hallo teman-teman, balik lagi dengan Satelitweb. Kali ini Satelitweb akan memberikan informasi tentang 15 control panel web hosting gratis dan berbayar terpopuler untuk VPS Hosting.

Bagi penyedia layanan web hosting seperti Satelitweb, control panel hosting menjadi salah satu bagian yang tidak dapat ditinggalkan. Control panel hosting dapat memudahkan pengguna dalam melakukan manajemen dan otomatisasi web.

Sebelum memilih control panel, seorang developer akan menentukan server hosting apa yang akan digunakan. Saat ini terdapat dua server hosting yang populer di kalangan web developer, yaitu VPS (Virtual Private Server) dan Cloud Hosting.

VPS Hosting adalah layanan server website yang bersifat private, pribadi dan virtual. Dengan server ini, pemilik website secara privat dapat menikmati layanan hosting tanpa adanya gangguan dari pengguna lain.

VPS memiliki sebuah control panel yang memiliki fungsi sebagai server administrator untuk mengatur berbagai macam fungsi server pada VPS.

Jika dibandingkan dengan menggunakan perintah teks command line, penggunaan control panel ini sangat memudahkan penggunanya dalam mengatur server sesuai dengan kebutuhan websitenya. Penggunaan control panel VPS tidak memerlukan skill pemrograman komputer.

Manfaat Control Panel Hosting

Banyak fitur-fitur menarik yang ditawarkan control panel hosting untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam mengelola website. Apa sajakah manfaat control panel hosting untuk website Anda?

1. Kemudahan dalam Mengelola

Control panel hosting memiliki satu antarmuka yang mudah dipahami untuk dapat mengatur banyak situs, memberi pembaruan yang jelas tentang keamanan, pencadangan dan efisiensi.

Seperti halnya control panel pada windows, control panel hosting memiliki ikon-ikon atau lambang yang dapat memudahkan Anda untuk memilih dan mengatur fitur yang tersedia.

Control panel hosting juga dapat menangani tugas-tugas kompleks dalam satu kali klik. Setiap bagian dalam control panel hosting akan dikelompokkan berdasarkan kategori yang sesuai. Control panel hosting juga didukung dengan fitur search bar yang akan memudahkan Anda dalam mencari fitur atau bagian apapun dalam control panel hosting.

2. Efisien dan Praktis

Control panel hosting dapat membuat hampir seluruh proses yang dilakukan oleh administrator website menjadi lebih praktis. Anda dapat melakukan beberapa pengaturan dengan mudah dalam sekali klik. Selain itu, layanan control panel hosting ini juga dapat diakses baik menggunakan desktop maupun seluler sehingga pengguna dapat mengonfigurasi aplikasi atau perangkat lunak dengan mudah.

3. Terpusat

Manfaat lain dari control panel hosting adalah semua fitur yang dibutuhkan dalam mengelola website terpusat pada satu halaman sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan fitur yang diinginkan tanpa perlu repot mencari.

Cukup masuk pada halaman utama lalu pilih fitur yang ingin digunakan atau mencarinya melalui search bar. Tidak hanya itu, control panel hosting juga menyediakan fitur informasi IP hosting, indikator sumber daya dan berbagai informasi penting lainnya.

Fitur Control Panel Hosting VPS

Terdapat fitur-fitur andalan control panel hosting yang dapat membantu tugas Anda dalam menjalankan fungsi VPS secara maksimal, berikut diantaranya:

Manajemen DNS. Fitur unggulan yang dimiliki oleh control panel adalah manajemen pengelolaan DNS (Domain Name Server) secara mudah dan cepat. Dengan control panel hosting, Anda dapat mengatur DNS secara otomatis tanpa ribet karena pengguna dapat mengoperasikannya tanpa perlu keahlian khusus seperti menuliskan perintah dasar Linux.

Manajemen User. Pengguna dapat dengan mudah menambah maupun menghapus user akun SSH (Secure Shell) yang terdapat dalam VPS dengan mudah. SSH merupakan protokol administrasi yang terdapat pada VPS untuk mengatur penggunaan server remote secara virtual melalui internet.

Manajemen FTP (File Transfer Protocol). Sebagian besar control panel VPS mempunyai akun FTP untuk pengelolaan akun, manajemen user, manajemen kata sandi dan pengaturan kuota setiap akun VPS.

Manajemen Database. Fitur control panel VPS akan memudahkan Anda untuk mengelola berbagai macam jenis database seperti MySQL, PostgreSQL dan berbagai jenis database lainnya.

Manajemen Email. Fitur manajemen email yang disediakan oleh control panel VPS dapat memudahkan pengguna untuk menambahkan, mengatur dan mengelola email untuk berkomunikasi.

Fitur-fitur tersebut tentu berbeda di masing-masing penyedia layanan control panel VPS. Saat ini terdapat dua jenis control panel hosting yaitu gratis dan berbayar.

Control Panel Hosting Gratis

1. CyberPanel

Cyberpanel merupakan control panel hosting berbasis sistem operasi Linux yang dapat Anda gunakan secara gratis. Meskipun tidak berbayar, control panel ini memiliki beragam fitur yang dapat digunakan untuk memaksimalkan performa website Anda terutama tingkat kecepatan dan keamanannya.

Tonton Video Cara Install CyberPanel di Satelitweb:

2. Webuzo

Control panel hosting gratis yang dapat Anda pilih selanjutnya adalah Webuzo. Control panel hosting berbasis Linux ini memiliki antarmuka yang mudah dan dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus. Webuzo menyediakan layanan akses untuk tiga level yaitu admin, reseller dan user. Adanya akses level tersebut dapat membantu pengguna untuk mengelola hosting agar sesuai dengan tujuan dan kebutuhan.

Tonton Video Cara Install Webuzo di Server/VPS Cloud CentOS 7 Satelitweb:

3. ISPConfig

ISPConfig adalah control panel hosting open source gratis untuk Linux yang dikembangkan oleh SPConfig UG dengan menggunakan lisensi BSD. Panel ini menawarkan antarmuka web-based yang akan memudahkan penggunanya dalam mengelola VPS.

4. VestaCP

Control panel lain yang menawarkan layanan gratis bagi penggunanya adalah VestaCP. Fitur-fitur dasar seperti pemantauan statistik server dapat Anda nikmati secara gratis. VestaCP juga menawarkan plugin komersial berbayar dengan biaya langganan bulanan maupun lisensi seumur hidup.

5. CWP (CentOS Web Panel)

CentOS Web Panel (CWP) merupakan salah satu layanan control panel gratis berbasis komunitas yang kuat untuk server khusus dan VPS. Control panel ini dikembangan untuk sistem operasi Linux yang memiliki fitur unggulan seperti antarmuka pengguna yang modern dan intuitif. Anda juga dapat menikmati layanan CWP pro berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

6. Ajenti

Ajenti adalah control panel hosting open source berbasis Python di saat control panel lain dominan menggunakan PHP. Tampilan antarmuka Ajenti cukup menarik dan mendukung berbagai sistem operasi seperti Debian, RHEL, Gentoo, Ubuntu, CentOS, BSD dan Linux.

Tonton Video Cara Install Ajenti di Server/VPS Ubuntu Satelitweb:

7. Virtualmin

Control panel web hosting yang mirip dengan Webmin ini memungkinkan pengguna untuk secara efektif mengelola server Linux dari jarak jauh. Tujuan utama Virtualmin adalah untuk mengelola server Apache. Jika Anda ingin mengelola server lebih dinamis, control panel satu ini bisa menjadi pilihan. Terlebih Virtualmin juga menjadi solusi sempurna untuk layanan hosting domain dan reseller.

8. aaPanel

aaPanel menjadi control panel VPS yang dapat Anda nikmati sepenuhnya secara gratis. Meski demikian, fitur-fitur yang dimiliki aaPanel tidak perlu diragukan karena aaPanel menawarkan fitur terbaik dan juga lengkap.

Tonton Video Cara Install aaPanel di Server/VPS CentOS 7 Satelitweb:

9. Webmin

Webmin merupakan layanan control panel terkonfigurasi berbasis web yang pada awalnya dirancang untuk sistem operasi Unix. Namun untuk versi terbarunya, Webmin juga cocok digunakan untuk sistem operasi Windows. Webmin memungkinkan penggunanya untuk secara fleksibel memantau aplikasi web dan file secara remote.

10. Kloxo-MR

Salah satu control panel gratis yang dapat Anda pilih adalah Kloxo-MR karya anak bangsa, Mustafa Ramadhan. Kloxo-MR hadir dalam versi gratis yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur profesional, lengkap dan up to date.

11. SPanel

Diperkenalkan oleh pengembang ScalaHosting, SPanel menjadi alternatif control panel yang bisa Anda coba. Control panel VPS ini sepenuhnya dapat dinikmati secara gratis dan telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap.

12. CloudPanel 

Di website resminya, CloudPanel bertuliskan Free Hosting Control Panel. Tidak hanya gratis CloudPanel juga cocok untuk Anda yang pemula karena menyediakan interface yang user friendly, mudah digunakan dalam hal pengelolaan nama domain, database, cronjob management, user management, sampai security.

Proses pemasangan control panel ini pun sangat mudah digunakan, silakan ikuti tutorial yang Satelitweb sediakan:

Control Panel Hosting Berbayar

13. cPanel & WHM

Bagi Anda yang bergelut di bidang IT khususnya web developer, cPanel tentu tidak asing di telinga. cPanel merupakan control panel hosting berbasis Linux. cPanel memiliki fitur sederhana dan cukup dasar sehingga mudah digunakan. WHM merupakan singkatan dari WebHost Manager, sesuai dengan namanya sebagai Web Host Manager, control panel berbayar satu ini cukup dikenal oleh para pemilik dan pengembang website. WHM mempunyai kelebihan dapat menginstall puluhan bahkan ratusan akun cPanel dalam satu akun WHM. Cocok bagi Anda yang memiliki VPS dengan spek besar.

Tonton Video Cara Install cPanel dan WHM di Satelitweb:

Video Cara Install cPanel & WHM di Satelitweb:

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena cPanel memberikan akses penuh bagi penggunanya untuk mengelola website dan administrasi hosting melalui web browser.

14. DirectAdmin

Direct Admin adalah control panel berbayar yang mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan sangat mudah untuk dioperasikan. Direct Admin didesain untuk Anda pengguna Linux dan kawan-kawan seperti Ubuntu, Debian dan RHEL. Meski layanan ini berbayar, namun Anda dapat mencoba layanan uji coba gratis selama 60 hari.

Tonton Video Cara Install DirectAdmin di Server/VPS CentOS 7 Satelitweb:

15. Plesk

Plesk merupakan control panel berbayar yang paling populer di pasaran. Control panel ini dikembangkan untuk sistem operasi Linux dan WIndows. Plesk memberikan kenyamanan bagi penggunanya dengan tampilan antar muka yang menarik dan berbagai fitur yang tidak kalah dengan cPanel.

Tonton Video Cara Install Plesk di Satelitweb:

Demikian teman-teman daftar 15 control panel web hosting gratis dan berbayar terpopuler untuk Anda. Untuk Anda yang punya VPS di Satelitweb, selamat mencobanya, ya…

Semoga bermanfaat.

About the Author

Leave a Reply