10 Website AI untuk Web Developer, Bantu Ngoding Website dengan Cepat

10 Website AI untuk Web Developer, Bantu Ngoding Website dengan Cepat

Dulu, menulis koding itu rumit dan memakan waktu berbulan-bulan bahkan bisa tahunan. Kemajuan teknologi utamanya artificial intelligence atau kecerdasan buatan turut juga mengubah cara web developer menulis kode pemrograman, yang dulu lama menulis dari nol dan sering salah-salah menghadapi trial and error disertai sedikit terbatasnya dokumentasi atau sumber tutorial pembelajaran, yang saat mentok bertanya di forum online komunitas, kini semuanya berubah, bisa dengan sangat mudah kita temukan bahkan dari chatbot AI, dan ini adalah awalan, ke depannya akan semakin otomatis lagi.

Baca juga: 10 Situs Terbaik untuk Belajar Coding 

Sebagai seorang pengembang website, tentu saja kamu sering menghadapi deadline tumpukan tugas dan proyek yang sangat menguras pikiran karena dituntut supaya cepat.

Nah, di artikel kali ini Satelitweb akan menginformasikan 10 website AI dengan kelebihannya masing-masing yang tidak hanya akan membantu kamu menulis kode dengan cepat, tetapi juga meningkatkan produktivitas kamu dalam mengembangkan aplikasi website yang sesuai keinginanmu.

1. Uizard (uizard.io)

uizard

Uizard saat ini bukan hanya sekadar alat desain; tetapi bisa dijadikan teman terpercaya dalam mengubah sketsa desain menjadi kode HTML dan CSS yang siap kamu gunakan. Dengan memanfaatkan teknologi AI, Uizard mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mengubah ide desain menjadi produk digital.

Keunggulan: Proses desain dan pengembangan lebih terintegrasi, menghemat waktu dan tenaga.

2. AskCodi (askcodi.com)

askcodi

AskCodi tidak hanya memberikan jawaban instan untuk setiap masalah pemrograman; tetapi bisa juga berfungsi sebagai asisten pribadi untuk memberikan panduan interaktif saat kamu menulis kode. Dengan sentuhan AI, AskCodi bisa membuat proses belajar pemrograman lebih menyenangkan.

Keunggulan: Solusi instan pemrograman disertai bimbingan interaktif dalam satu website.

3. Replit (replit.com)

replit

Replit adalah platform pengembangan web berbasis cloud yang mendukung kolaborasi bersama tim. Dengan integrasi AI untuk debugging, Replit menyederhanakan pengembangan dan pengujian aplikasi.
Keunggulan: Lingkungan pengembangan clean dan kolaboratif.

4. ChatGPT by OpenAI (chat.openai.com)

ChatGPT yang baru-baru ini menggemparkan warga dunia karena kecanggihannya dan banyak pihak yang memprediksi bisa menggantikan pekerjaan kreatif, nyatanya memang bukan hanya chatbot biasa, lebih dari itu ChatGPT adalah model bahasa AI yang dapat membantu kamu dalam menulis kode atau mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang konsep pemrograman.
Keunggulan: Respons cepat dan memberikan jawaban solusi detail terperinci untuk pertanyaan pemrograman.

5. Sourcegraph Cody (sourcegraph.com/cody)

Sourcegraph Cody menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan rekomendasi kode yang lebih akurat dan relevan saat kamu menulis. Dengan kecerdasan buatan yang bisa memahami dan menavigasi kode menjadi lebih mudah.
Keunggulan: Peningkatan produktivitas dengan saran kode yang terfokus.

6. TabNine (tabnine.com)

tabnine

TabNine memperkenalkan pendekatan baru dalam penulisan koding dengan memprediksi otomatis menggunakan model bahasa AI. Mempelajari pola penulisan kode tentu saja membuat TabNine bisa mempercepat proses pengetikan.
Keunggulan: Kode otomatis yang efisien dan akurat.

7. AWS CodeWhisperer (aws.amazon.com/codewhisperer)

amazon codewhisperer

CodeWhisperer merupakan layanan dari AWS (Amazon Web Services) yang menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan penulisan kode serta maintenancenya. Dengan dibekali analisis statis, CodeWhisperer bisa membantu menjaga kualitas kode.
Keunggulan: Manfaatkan teknologi AWS untuk peningkatan kualitas dan pemeliharaan kode yang efektif.

Baca juga: 15 Mobile Framework untuk Membuat Aplikasi Android dan iOS

8. GitHub Copilot (github.com/features/copilot)

github

Kamu bisa menjadikan GitHub Copilot sebagai mitra penulisan kode yang dapat menulis sepenggal potongan kode berdasarkan konteks dan komentar yang kemudian kamu berikan. Dengan kecerdasan buatan, Copilot bisa dijadikan teman setia dalam menyelesaikan kode untuk pembuatan website kamu.
Keunggulan: Bantuan cepat dan efisien dalam menulis kode.

9. AI Cerdas (aicerdas.com)

Tool AI Cerdas ini sangat bisa diandalkan karena komplit, selain bisa menulis artikel, membuat gambar, ubah teks jadi suara, ubah suara jadi teks, AI Cerdas juga punya fitur untuk membuat code otomatis yang akurat untuk berbagai keperluan ngoding kamu yang bisa diakses melalui menu coding cerdas atau pun chatbotnya dengan menggunakan API chatGPT.

Keunggulan: fitur lengkap dan sangat cocok untuk orang Indonesia

10. Mutable (mutable.ai)

mutable

Mutable menyediakan platform otomatisasi untuk deployment dan manajemen aplikasi AI. Dengan menggunakan teknologi AI, Mutable bisa diandalkan untuk mengoptimalkan proses pengelolaan aplikasi yang rumit kompleks.

Keunggulan:  efisiensi tinggi untuk manajemen aplikasi AI berbasis cloud.

Bonus:

AI2SQL (ai2sql.io)

AI2SQL membawa kecerdasan buatan ke dunia kueri SQL dengan cara menerjemahkan pertanyaan bahasa alami manusia sehari-hari menjadi kueri yang dapat dieksekusi. Dengan tambahan teknologi AI, website ini berinteraksi dengan basis data menjadi lebih mudah intuitif.
Keunggulan: Meningkatkan produktivitas dengan kueri SQL berbasis bahasa alami.

Penutup

Itulah dia teman-teman, 10 website AI untuk membantu kamu menulis koding dengan sangat cepat. Sebagai pembuat website, tentunya kamu akan terbantu dengan 10 website yang sudah Satelitweb informasikan dalam mengerjakan proyek-proyek impian kamu.

Dulu membuat kode bisa memakan waktu bulanan bahkan tahunan, siapa sangka dengan kemajuan teknologi seperti ini, bisa sangat cepat menghemat waktu banyak. Oleh karena itu, kita dituntut untuk mempelajari hal baru dan beradaptasi.

Sekarang dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence kamu akan lebih menghemat waktu dan produktif, tugas kamu adalah mencari solusi-solusi kongkret untuk pemecahan masalah yang ada dan menciptakan hal yang berdaya guna, dan 10 website ini akan menjadi mitra berharga bagi web developer web seperti kamu yang ingin mencapai tingkat produktivitas dan efisiensi yang baru.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About the Author

Leave a Reply