10 Skill AI Paling Banyak Dicari oleh Perusahaan

10 Skill AI Paling Banyak Dicari oleh Perusahaan

AI (Artificial Intelligence) atau dalam bahasa Indonesianya kecerdasan buatan sudah menjadi pendorong utama transformasi digital, sudah banyak mempengaruhi berbagai industri dan membuka peluang baru di dunia kerja.

Untuk meraih sukses dalam karir AI, pemahaman dan penguasaan terhadap skill tertentu menjadi sangat penting.

Berikut ini Satelitweb informasikan10 skill AI yang paling banyak diminati dan dicari oleh perusahaan, baik untuk tahun 2024 sekarang ini maupun ke depannya.

1. Machine Learning

machine learning

Machine learning adalah kemampuan komputer untuk belajar dari data tanpa harus diprogram secara eksplisit.

Hal ini melibatkan pengembangan algoritma yang memungkinkan mesin untuk mengidentifikasi pola dan membuat keputusan.

Skill machine learning sangat dicari karena dapat diterapkan dalam berbagai konteks, dari prediksi bisnis hingga pengembangan produk berbasis data.

2. Deep Learning

Deep learning adalah cabang dari machine learning yang menggunakan neural networks dengan banyak lapisan (deep neural networks) untuk mengenali pola dan membuat keputusan tanpa bantuan manusia.

Deep learning membawa kemampuan mesin untuk memahami dan memproses data yang lebih kompleks, seperti gambar, suara, dan bahasa manusia.

3. Cloud Computing

Cloud computing adalah penyediaan layanan komputasi, seperti penyimpanan, pengolahan data, dan analisis, melalui internet.

Dengan pertumbuhan data besar-besaran, perusahaan membutuhkan akses ke sumber daya komputasi yang fleksibel dan scalable, dan cloud computing menjadi jawaban atas solusi tersebut.

Baca juga: Apa itu cloud computing dan jenis-jenis layanannya?

4. Data Science

Data science melibatkan analisis data untuk mendapatkan wawasan yang amat berharga, mengidentifikasi tren, dan mendukung pengambilan keputusan.

Skill data science membantu perusahaan mengoptimalkan operasi mereka dan membuat keputusan berbasis bukti, yang krusial dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

5. Natural Language Processing (NLP)

NLP melibatkan kemampuan mesin untuk memahami, menginterpretasi, dan menghasilkan bahasa manusia secara alami.

Dengan semakin banyaknya data teks, NLP memungkinkan komputer untuk berinteraksi dengan manusia melalui bahasa alami, membuka pintu bagi pengembangan asisten virtual dan aplikasi berbasis teks.

6. Cybersecurity

Keamanan siber melibatkan perlindungan sistem komputer, jaringan, dan data dari ancaman keamanan.

Skill ini sangat dibutuhkan mengingat saat ini serangan siber semakin canggih, kebutuhan akan profesional keamanan siber yang terampil sangat tinggi untuk melindungi informasi dan infrastruktur perusahaan.

7. Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang memungkinkan pencatatan transaksi secara aman dan terdesentralisasi.

Untuk konteks AI, blockchain dapat digunakan untuk melacak dan memvalidasi data, memberikan kepercayaan dan transparansi yang diperlukan dalam aplikasi AI.

8. Ethics of AI

Etika AI melibatkan pertimbangan etis dalam pengembangan dan penerapan teknologi AI, termasuk pertanyaan seputar keadilan, privasi, dan dampak sosial.

Untuk penggunaan AI, etika menjadi pertimbangan kritis untuk memastikan bahwa pengembangan dan implementasi teknologi berlangsung secara bertanggung jawab.

9. Robotics

Robotics melibatkan desain, konstruksi, dan pengoperasian robot.

Skill di bidang ini sangat dicari perusahaan karena perkembangan robotika membawa dampak besar dalam otomatisasi proses, terutama di sektor pabrik manufaktur dan layanan.

10. Computer Vision

Computer vision melibatkan kemampuan mesin untuk membaca atau memahami dan menginterpretasi informasi visual dari dunia nyata, seperti gambar dan video.

Pada aplikasi seperti kendaraan otonom, pemrosesan citra medis, dan lainnya, computer vision memainkan peran penting dalam analisis dan pengambilan keputusan.

Kesimpulan dan Penutup

Menguasai berbagai kombinasi dari beberapa atau semua skill AI ini akan memberikan kamu keunggulan dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia kerja yang semakin terhubung dan serba otomatis saat ini.

Gunakan waktu luang dengan bijak dengan mengikuti berbagai kursus online maupun offline yang sudah banyak beredar untuk meningkatkan skill di atas,  jangan buang-buang waktu scrolling sosial media saja.

skill ai yang banyak dicari perusahaan

Dengan memiliki pemahaman yang mendalam tentang skill AI ini, kamu bisa memiliki bekal untuk berkarir di era AI yang terus berkembang.

Demikian Satelitweb informasikan 10 skill AI yang dibutuhkan perusahaan ke depannya.

Semoga bermanfaat.

About the Author

Leave a Reply