10 Situs Website Terbaik untuk Belajar Coding (Terupdate)

10 Situs Website Terbaik untuk Belajar Coding (Terupdate)

Tidak seperti puluhan tahun lalu di mana informasi sangat amat terbatas, di era digital saat ini mempelajari bidang ilmu baru sangat mudah karena banyaknya informasi yang bertebaran, begitu juga dengan belajar koding atau coding, yang saat ini banyak dicari, karena tak terelakan bahwa saat ini kemampuan coding telah menjadi keahlian yang penting dengan melihat banyaknya peluang karir yang tersedia.

Satelitweb kali ini akan memberikan informasi situs website untuk tempat pembelajaran online gratis yang dapat membantu kamu mengasah kemampuan coding.

Untuk memudahkan kamu belajar, Satelitweb menyusun daftar sepuluh situs terbaik yang gratis untuk belajar coding terupdate saat ini.

Platform-platform ini menawarkan pelajaran komprehensif, tantangan coding interaktif, dan komunitas yang mendukung untuk memberdayakan kamu dalam pembelajaran coding.

1. CodeChef.com

Cara Belajar Coding CodeChef

CodeChef adalah platform pemrograman kompetitif yang menyediakan tutorial coding serta kontesnya. CodeChef memfokuskan diri pada peningkatan kemampuan berpikir algoritma dan pemecahan masalah. Dengan koleksi masalah pemrograman yang luas didukung dengan komunitas yang aktif, tak salah jika CodeChef merupakan platform ideal untuk meningkatkan efisiensi coding dan berpartisipasi dalam kompetisi coding.

2. Codecademy.com

Codecademy adalah platform belajar online yang cukup populer karena menyediakan pelajaran coding interaktif dalam berbagai bahasa pemrograman. Mulai dari HTML dan CSS hingga Python dan JavaScript, Codecademy menawarkan kurikulum menyeluruh yang cocok untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Hanya melalui browser saja, kamu sudah bisa berlatih coding secara langsung, sehingga menghasilkan pengalaman belajar yang menarik.

3. Code.org

Cara Belajar Coding Pemrograman Code Satelitweb

Code.org bertujuan membuat coding dapat diakses oleh semua orang, terutama siswa. Code.org menawarkan berbagai tutorial dan kursus coding untuk pembelajar untuk segala usia. Dengan aktivitas, permainan, dan teka-teki yang menarik untuk dipecahkan, Code.org memperkenalkan konsep coding dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Code.org juga menyediakan sumber daya untuk pendidik agar dapat mengintegrasikan coding ke dalam kurikulum mereka.

4. SoloLearn.com

SoloLearn adalah aplikasi seluler dan platform web yang menyediakan pembelajaran coding dalam bentuk yang mudah dicerna, kuis, dan ujian coding. SoloLearn mencakup berbagai bahasa pemrograman, termasuk Python, JavaScript, dan lainnya. Pengalaman belajar SoloLearn yang seru, fitur-fitur sosial, dan dukungan dari sesama pengguna membuat SoloLearn menjadi platform yang menarik bagi pemula untuk mulai belajar coding.

5. Programiz.com

Programiz adalah platform online yang menawarkan tutorial, contoh, dan kuis untuk belajar bahasa pemrograman seperti Python, C, dan Java. Programiz memberikan lingkungan belajar yang ramah bagi pemula, memungkinkan kamu memahami konsep pemrograman secara bertahap, step by step. Pendekatan langsung dan latihan coding interaktif dari Programiz membantu memperkuat pemahaman kamu terhadap bahasa pemrograman.

6. GeeksforGeeks.org

Cara Belajar Coding Pemrograman geeksforgeeks

GeeksforGeeks adalah platform yang terkenal untuk sumber daya komputer dan pemrograman. Situs ini menawarkan banyak artikel, tutorial, dan soal latihan coding dalam berbagai topik dan bahasa pemrograman. GeeksforGeeks menjadi sumber belajar andalan untuk penjelasan mendalam dan contoh yang jelas kongkrit guna membantu kamu memahami konsep-konsep coding yang kompleks.

7. FreeCodeCamp.org

freeCodeCamp adalah organisasi nirlaba yang menawarkan kurikulum komprehensif alias menyeluruh yang meliputi pengembangan web dan pemrograman. Platform ini menyediakan ujian coding interaktif dan proyek untuk membangun portofolio kamu. FreeCodeCamp menekankan keterampilan praktis dan juga mengajak kamu berkontribusi pada proyek open-source, sehingga menjadi sumber daya yang sangat baik bagi kamu yang ingin menjadi pengembang web.

8. W3Schools.com

W3Schools cukup legendaris dan terkenal, banyak sumber daya pengembangan web yang komprehensif, menyediakan tutorial, referensi, dan contoh dalam berbagai bahasa pemrograman, termasuk HTML, CSS, JavaScript, dan lainnya. W3Schools juga menyediakan latihan coding interaktif dan kuis untuk menguji pemahaman kamu. Dokumentasi yang lengkap dan tata letak yang mudah digunakan membuat W3Schools menjadi pilihan utama untuk pengembangan web.

9. DevProjects (CodeMentor.io)

DevProjects adalah platform yang menawarkan proyek coding bagi developer untuk berlatih kemampuan mereka. Dengan berbagai ide proyek dan instruksi langkah demi langkah, DevProjects memungkinkan kamu menerapkan pengetahuan coding kamu dalam situasi dunia nyata. Platform ini juga memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan pengembang lain dan menerima feedback atau umpan balik tentang proyek yang kamu kerjakan.

10. StackOverflow.com

Stack Overflow adalah platform tanya-jawab di mana para pengembang dapat bertanya tentang masalah coding dan menemukan solusinya. Ini merupakan sumber daya berharga untuk pemecahan masalah dan belajar dari pengalaman para programmer lainnya. Banyaknya komunitas aktif para pengembang di Stack Overflow membuatnya menjadi aset yang tak ternilai untuk memperluas pengetahuan dan menemukan solusi untuk tantangan coding.

Itulah tadi, teman-teman, 10 situs web terbaik dan terpopuler yang bisa Satelitweb rangkum untuk kamu yang ingin belajar coding, jika dalam perjalanannya kamu merasa kesulitan dalam belajar coding, jangan khawatir karena banyaknya komunitas akan membantu kamu berhasil di dunia coding.

Jangan sia-siakan, manfaatkan platform-platform yang sudah Satelitweb sebutkan di atas.

Semoga bermanfaat, selamat belajar coding dan terima kasih.

About the Author

Leave a Reply